Pinhome

Pakaian Adat kalimantan Timur

Dipublikasikan oleh Nur Afika Cahya ∙ 26 July 2021 ∙ 4 menit membaca

Pakaian Adat kalimantan Timur – Kalimantan timur adalah sebuah provinsi yang ber-Ibukota samarinda, yang memiliki keluasan mencapai 129.066,64 km² sedangakn untuk penduduknya mencapai lebih dari 3.6 juta jiwa.

Dari data ini kepadatan penduduk Kalimantan timur termasuk paling terendah dengan menduduki posisi ke-empat se-kalimantan. Namun, meski demikian kalimatan timur memiliki kekayaan alam yang berupa tambang yang luas.

Selain itu Kalimantan timur juga memiliki kebuyaan peninggalan yang ada hingga saat ini salah satunya yakni pakaian adat Kalimantan timur.

Untuk lebih detailnya meri simak dengan seksama mengenai pakaian-pakaian adat yang biasa digunakannya.

Pakaian Adat Kalimantan Timur

Berdasarkan data yang ada, bahwa dulunya Kalimantan timur memang sudah banyak ditinggali oleh penduduk yang berasal dari beberapa suku dari luar daerah.

Sehingga dengan demikian ini Kalimantan timur memiliki berbagai budaya, salah satunya yakni pakaian adat yang digunakannya. Pakaian adat yang digunakannya terbagi menjadi beberapa jenis diantaranya seperti berikut ini :

Pakaian Adat Kalimantan Selatan

Nama Pakaian Adat Kalimantan Timur

Nama Pakaian Adat Kalimantan Timur

  • Pakaian Adat Kustin
  • Pakaian Adat Sapai Sapaq
  • Pakaian Adat Dayak Ngaju
  • Pakaian Tradisional Kalimantan Timur Bulan Kuurung
  • Pakaian Tradisional Kalimantan Timur Bulang Burai King
  • Baju Adat Kalimantan lainnya

Untuk penjelasannya simak ulasan dibawah ini diantaranya sebagai berikut :

  1. Pakaian Adat Kustin

Pakaian adat kustin merupakan pakaian adat yang berasal dari Kalimantan timur yang memiliki bentuk dan motif menyerupai busana resmi pernikahan.

Perlu untuk kita ketahui bahwa pakaian adat kustin berasal dari Bahasa kutai yang berarti “Busana”.

Sedangkan untuk bahan yang digunakanya yakni berasal dari bahan beludru dengan warna hitam lengkap dengan aksesoris dodot rambut bundar yang berhias wapen.

Untuk pada wanita umumnya terdapat perpaduan rambut yang disanggul menyerupai adat jawa.

  1. Pakaian Adat Ta’a dan Sapei Sapaq

Pakaian adat ta’a dan sapei sapaq adalah pakaian adat yang berasal dari suku Dayak kenyah Kalimantan timur yang terbagi menjadi dua jenis diantaranya sebagai berikut ini :

  • Pakaian Adat Wanita

Pakaian adat wanita Kalimantan timur ini biasa dikenalnya dengan pakaian adat Ta’a yang terdiri atas aksesoris seperti ikat kepala, inog, dan rok.

  • Pakaian Adat Pria

Pakaian adat pria atau yang biasa dikenalnya dengan “Sape Sapaq”

“Jika dilihat dari bentuk dan motif pakaian adat pria dan wanita pada dasarnya memiliki bentuk yang hampir sama, namun tetaplah berbeda. Untuk perbedaanya sendiri terdapat pada rompi serta celana yang ketat.

Pakaian Adat Jawa Barat

  1. Pakaian Adat Bulang Kuurung

Pakaian adat bulang kuurung adalah jenis pakaian adat yang biasa dipakai oleh para dukun Kalimantan selatan. Jenis pakaian adat ini terbagi menjadi 2 jenis diantaranya adalah pakaian adat tanpa lengan atau yang disebutnya dengan “Dekot Tangan”, dan pakaian adat “Lengke” atau yang dikenalnya dengan lengan panjang.

  1. Pakaian Adat Bulang Burai King

Pakaian adat bulang burai king adalah jenis pakaian adat Dayak yang berasal dari Kalimantan timur, jenis pakaian adat ini biasanya digunakan untuk upacara adat Dayak.

Selain itu, jenis pakaian adat burai king memiliki aksesoris tambahan yang berupa manik-manik yang biasa dipakai bersamaan degan hiasan kepala yang terbuat dari bulu burung enggang.

  1. Pakaian Adat Sakai

Pakaian adat sakai adalah jenis pakaian adat yang dikhususkan untuk wanita, jenis pakaian adat ini memiliki model yang menyerupai Kebaya panjang lengkap dengan bawahanya yang berupa tapeh badong.

Ciri Khas Pakaian Adat Kalimantan Timur

Berikut adalah ciri-ciri pakaian adat Kalimantan timur yang terdiri atas sebagai berikut ini :

  • Batik Celup Kutai
  • Menggunakan 3 Susun Kalung
  • Menggunakan 3 Cabang Kembang Goyang
  • Tapak Langit
  • Terdapat Tajok Mawar

Gambar Pakaian Adat Kalimantan Timur

Gambar Pakaian Adat Kalimantan Timur

Begitulah gambar pakaian adat Kalimantan timur, yang memiliki beberapa jenis diantaranya seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Pakaian Adat Jawa

Keunikan Pakaian Adat Kalimantan Timur

Berikut adalah keunikan-keunikan pakaian adat Kalimantan timur, yang terbagi menjadi beberapa jenis seperti yang akan dijelaskan dibawah ini :

  • Sapei Sapaq

Salah satu keunikan pakaian adat sapei sapaq terdapat pada bahan dan filosofi yang menggambarkan tentang sebuah kearifan masyarakat Dayak.

Selain itu terdapat hiasan lain seperti ikat kepala yang terbuat dari daun pandan dengan hiasan bulu burung enggan.

Serta lengkap untuk aksesoris lainya yang biasa digunakan untuk pria Kalimantan timur yakni senjata tradisional yang berupa perisai dan madau.

  • Baju Adat Kutai

Salah satu keunikan dari pakaian adat kutai, yakni terbagi menjadi beberapa jenis diantaranya seperti pakaian miskat, sakai, kustin, takwo, dan pakaian adat rompi. Dari 5 pakaian ini berasal asli dari kutai Kalimantan selatan.

“Pada dasarnya pakaian adat Kalimantan timur, lebih dikenal dengan pakaian adat Ta’a dan Sapei Sapaq karena jenis pakaian adat ini merupakan khas dari adat Dayak Kalimantan timur”.

Nah, begitulah penjelasan mengenai pakaian adat Kalimantan timur lengkap beserta gambar, keunikan, serta filosofinya.

Untuk kita dari penjelasan diatas semoga dari situlah kita dapat ikut serta untuk melestarikan pakaian adat Kalimantan timur, agar budaya serta warisan nenek moyang tidak hilang atau sirna. Sekian semoga bermanfaat, Terima Kasih.

Tags :

Bagikan Artikel