BlogLifestyleEdukasi3 Pakaian Adat Kalimantan Barat Lengkap dengan Gambar
0
0

3 Pakaian Adat Kalimantan Barat Lengkap dengan Gambar

Dipublikasikan oleh Bekti  dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Apr 13, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
pakaian adat kalimantan barattop-right-banner

Pakaian adat Kalimantan Barat – Penduduk Kalimantan Barat rata-rata berasal dari sebuah heterogen. Dengan demikian ini Kalimantan barat memiliki banyak kebudayaan yang sangat bervariasi, salah satunya Kalimantan barat memiliki 2 suku yakni suku Dayak dan suku melayu. Dari kedua suku tersebut Kalimantan barat memiliki keanekaragaman budaya yang berbeda-beda, dan setiap budaya tersebut memiliki ciri khas tersendiri.

Salah satu budaya warisan yang hingga saat ini terus ada yakni pakaian adat Kalimantan yang dikenalnya dengan pakaian adat King Baba dan pakaian adat Bibinge. Biasanya pakaian adat ini dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Namun adapula yang dipakai khsusus untuk acara pernikahan saja.

Nah, untuk selengkapnya mengenai pakaian traadisional Kalimantan barat beserta gambar dan penjelasannya mari kita simak dengan seksama pembahasan di bawah ini, diantaranya sebagai berikut:

Pakaian Adat Kalimantan Barat

King baba dan King bibinge adalah pakaian khas Kalimantan barat yang berasal dari suku Dayak dan suku melayu. Jenis pakaian adat tersebut memiliki nilai-nilai yang tinggi, dan perlu untuk dijaga, serta dilestarikan. Selain itu, pakaian Kalimantan barat memiliki beberapa jenis dan beberapa keunikan, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

Baca juga: Pakaian Adat Kalimantan Selatan

Pakaian Adat Kalimantan Barat
Source : Sering Jalan

Berdasarkan kenyataanya pakaian khas Kalimantan barat memiliki 3 jenis diantaranya adalah pakaian laki-laki Dayak, pakaian wanita Dayak, dan pakaian Melayu SAmbas. Semua ini merupakan pakaian khas dari Kalimantan barat. Berikut ini penjelasan lengkapnya:

1. Pakaian Adat Untuk Pria Suku Dayak

Dalam suku Dayak memiliki pakaian adat yang dikhususkan untuk laki-laki atau yang dikenalnya dengan pakaian adat King baba. Jenis pakaian adat King baba adalah jenis pakain yang berbahan dari kulit tanaman ampuro atau yang dikenalnya dengan kulit kayu kapuo. Jenis kayu endemik pada dasarnya memiliki banyak kandungan serat yang tinggi.

Tahap proses pembuatan pakaian adat tersebut juga memerlukan waktu yang banyak karena proses pembuatanya yang sangat sulit. Selain itu untuk warna yang biasa digunakanya yakni memiliki warna yang alami, untuk bentuknya sendiri yakni menyerupai rompi tanpa lengan khas Kalimantan barat.

Untuk aksesoris yang digunakanya yakni terdiri atas ikat kepala, bulu burung yang berasal dari burung enggang gading, dan senjata tradisional yang berupa Mandau.

2. Pakaian Adat Untuk Wanita Suku Dayak

Pakaian adat wanita Dayak atau yang dikenalnya dengan King bibinge hanya dikhususkan untuk wanita Dayak saja. Bahan dan pembuatanya sendiri tidak jauh berbeda dengan pakaian adat King baba.

Perbedaanya terdapat seperti penutup dada, stegen, kain bawahan, dan hiasan tambahan lain seperti manik-manik. Untuk aksesorisnya adalah sebagai berikut ini:

  • Ikat kepala dengan bentuk segitiga dan berasal dari bulu burung enggang.
  • Gelang tangan yeng terbuat dari akar tanaman, hal ini dipercaya dapat menolak bala.
  • Kalung yang berasal dari kulit hewan, bisa juga dari akar kayu, hal ini dipercaya dapat menjauhkan diri dari roh-roh jahat.

Itulah persamaan dan perbedaan pakaian adat wanita Dayak yang biasa digunakan.

3. Pakaian Adat Teluk Belangan atau Cekak Musang

Pakaian adat melayu sambas dikenal juga dengan teluk belangan atau Cekak Musang. Jenis pakaian adat ini pada dasarnya berasal dari suku melayu sambas, sedangkan untuk bahan yang digunakannya berasal dari kain songket.

Baca juga: Pakaian Adat Kalimantan Utara dan Fakta yang Harus Kamu Ketahui

Perubahan Pakaian Kalimantan Barat

Perubahan Pakaian Kalimantan Barat
Source : Celebes

Waktu yang terus berjalan, zaman yang terus mengalami kemajuan membuat pakaian adat Kalimantan bBarat pun ikut mengalami perubahan. Pada kalanya, pakaian tersebut belum terasa nyaman, namun kini sudah semakin enak dikenakan. Selain itu, juga sudah terdapat banyak ragam jenis pakaian Kalimantan Barat.

Kemajuan zaman yang modern mempengaruhi identitas dan bahan-bahan pakaian tersebut. Namun, meski demikian ini pakaian adat kalimantan barat tidak berubah motif, bentuk, serta nilai-nilai leluhurnya. Untuk penjelasannya adalah sebagai berikut ini:

  • Bulang Buri dan King Buri, terbuat dari bahan buri atau kulit binatang seperti kerang laut pilihan.
  • Pakaian King Kabo’ berasal dari kata hantu raksasa yang berarti tinggi dan besar. Untuk bahanya berasal dari kulit kayu cawat, dan terdapat hiasan manik-manik yang berupa pita-pita rumbai, kain sungkit Brunei.
  • Pakaian King Tompang, dengan bahan yang berasal dari kain polos berwarna hitam dan biru. Untuk bahan lainnya berasal dari bahan yang berwarna merah atau yang biasa digunakan untuk pita. Sedangkan untuk benangnya sendiri memiliki jenis kain berwarna-warni.
  • Pakaian Indulu Manik, atau bahan pokok yang berasal dari kain lengkap dengan manik-manik lainnya dan ini berasal dari sarawak (Malaysia Timur).
  • Buang Kuureng, terbagi menjadi dua jenis yakni Kuurung sapek tangan atau jenis pakaian dengan gaya lengan pendek dan Kuurung langke tangan, atau jenis pakaian dengan gaya lengan panjang. Untuk kedua bahan tersebut berasal dari beludru.

Baca juga: Pakaian Adat Kalimantan Selatan

Aksesoris Pakaian Adat Kalimantan Barat

Berikut merupakan aksesoris-aksesoris yang biasa dipakai untuk pelengkap pakaian tradisional Kalimantan barat:

  • King Baba.
  • King Bibinge.
  • Cekak Musang dan Teluk Belanga.
  • Buang Kuurung.
  • King Kabo’.
  • King Buri dan Bulang Buri.
  • King Tompang.
  • Indulu Manik.

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai pakaian adat Kalimantan barat yang memiliki berbagai ragam jenis dan filosofi tersendiri. Tentunya, sampai saat ini pakaian adat tersebut masih terus dilestarikan. Seperti halnya, jenis pakaian adat King baba dan King bibinge yang merupakan salah satu kebanggaan suku Dayak, yang masih bertahan hingga saat ini.

Baca juga:

Feature image source: Orami


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download