Pinhome

5 jenis pakaian adat Jawa Barat lengkap penjelasannya

Dipublikasikan oleh Eka Mandala ∙ 5 May 2018 ∙ 6 menit membaca

Jawa Barat ialah suatu provinsi yang ada di ujung pulau Jawa, Indonesia. Provinsi yang penduduk aslinya dikenal dengan suku Sunda ini sudah mempunyai peradaban cukup tinggi sejak jaman dahulu. Hal tersebut terbukti dengan ditemukannya beberapa prasasti dan candi peninggalan sejarah Hindu dan Budha. Bahkan mempengaruhi juga terhadap jenis pakaian adat Jawa Barat yang beragam.

Pinhome – Kerajaan Hindu-Budha yang berada di sekitar daerah geografis Jawa Barat, antara lain kerajaan Sunda-Galuh, Tarumanegara, dan Pajajaran. Selain itu, kebudayaan dan peradaban yang bernilai tinggi yang dimiliki oleh masyarakat suku Sunda juga terbukti dengan adanya bermacam-macam peninggalan budaya kebendaan, sebagai contoh pakaian tradisional Jawa Barat atau Sunda.

Baca Juga:

Beragam Jenis Pakaian Adat Jawa Barat

Ingin mengetahui berbagai jenis pakaian adat Jawa Barat? Inilah informasi selengkapnya.

1. Busana adat Rakyat Jelata

pakaian adat jawa barat
(Rimbakita.com)

Untuk rakyat jelata, laki-laki Sunda pada jaman dahulu biasanya memakai busana yang sederhana. Mereka memakai celana komprang/pangsi yang dilengkapi sabuk kulit/kain. Untuk busana atasan, baju kampret/baju salontren dilengkapi sarung poleng yang pemakaiannya diselempangkan menyilang pada bahu tidak pernah lepas untuk busana sehari-hari mereka.

Pakaian adat Sunda tersebut juga akan dilengkapi dengan penutup kepala bernama ikat logen model hanjuang nangtung atau barangbang semplak dan alas kaki berupa tarumpah atau terompah dari kayu. Bagi remaja jaman sekarang, mungkin nama dan bentuk pakaian tradisi tersebut sudah cukup asing.

Untuk yang dipakai oleh para perempuan, pakaian adat Jawa Barat juga sederhana. Aksesoris seperti sinjang kebat (kain batik panjang), beubeur (ikat pinggang), kamisol (kutang atau BH), baju kebaya, dan selendang batik adalah pilihan utama.

Sebagai hisdsn pelengkap, gaya busana ini juga disertai hiasan rambut yang digelung jucung (disanggul kecil ke atas), aksesoris berbentuk geulang akar bahar (gelang akar bahar), ali meneng (cincin polos), suweng pelenis (giwang bundar), serta alas kaki berupa sendal keteplek (sendal jepit).

Baca Juga:

2. Busana adat Kaum Menengah

(Tambahpinter.com)

Untuk kaum menengah dalam strata sosial, pemakaian pakaian adat Jawa Barat dikhususkan, yaitu dengan adanya tambahan beberapa pernik. Para laki-laki selain mengenakan baju bedahan putih, kain kebat batik, alas kaki sandal tarumpah, sabuk (beubeur), dan ikat kepala, mereka juga memakai arloji rantai emas, digantungkan pada saku baju sebagai aksesoris berbusana.

Sementara bagi para perempuan, pakaian adat Jawa Barat yang dipakai ialah kebaya dengan aneka warna sebagai atasan, kain kebat batik beraneka warna sebagai busana bawahan, beubeur (ikat pinggang), selendang berwarna, alas kaki berbentuk selop / kelom geulis, dan perhiasan berbentuk kalung, gelang, giwang, dan cincin yang terbuat dari perak / emas.

Baca Juga:

3. Busana adat Kaum Bangsawan

pakaian adat jawa barat
(Milenialjoss.com)

Untuk para bangsawan, pakaian yang dikenakan ialah sebagai simbol keagungan. Oleh karena itu, jika dipandang dari segi desain, pakaian ini terkesan sebagai pakaian adat Jawa Barat yang paling rumit dan bernilai estetik.

Untuk para laki-laki kaum bangsawan, pakaian adat Sunda yang mereka pakai antara lain jas tutup dengan bahan beludru hitam, disulam benang emas menyusuri tepi dan ujung lengan, celana panjang bermotif sama, kain dodot motif rengreng parang rusak, benten / sabuk emas, bendo yang digunakan untuk tutup kepala, dan selop hitam sebagai alas kaki.

Sedangkan bagi para perempuan, pakaian adat Jawa Barat yang dikenakan adalah kebaya beludru hitam dengan sulaman benang emas, kain kebat motif rereng, dan alas kaki berbentuk sepatu atau selop dengan bahan beludru hitam bersulam manik-manik.

Tidak lupa beraneka pernik aksesoris juga dipakai misalnya tusuk konde dari bahan emas untuk rambut yang disanggul, giwang, cincin, bros, kalung, gelang keroncong, peniti rantai, dan aneka aksesoris lainnya yang dibuat dari emas bertahtakan berlian.

Baca Juga:

4. Busana Adat Resmi

(Jabar.suara.com)

Karena mempunyai beraneka macam pakaian adat, provinsi Jawa Barat membuat standar baku sejak beberapa puluh tahun terakhir. Pakaian tradisional Jawa Barat yang resmi ini bisa kita lihat pada saat acara pemilihan mojang dan jajaka yang selalu diadakan setiap tahunn. Di bawah ini adalah gambar pakaian resmi tersebut.

Para jajaka memakai jas takwa / jas tutup berwarna bebas (biasanya hitam), celana panjang berwarna sama, kain samping yang diikatkan pada pinggang, penutup kepala berbentuk bendo, dan alas kaki selop.

Aksesoris yang dipakai hanya berbentuk jam rantai yang pemakaiannya dijepitkan pada saku jas. Sedangkan untuk para mojang, mereka mengenakan busana berbentuk kebaya polos berhiaskan sulam, kain kebat, beubeur (ikat pinggang), kutang (kamisol), karembong (selendang) sebagai pemanis, dan alas kaki berwujud selop dengan warna yang sama seperti warna kebaya.

Sedangkan untuk aksorisnya berupa tusuk konde dengan hiasan bunga untuk rambut disanggul, giwang, cincin, bros, kalung, gelang keroncong, peniti rantai, dan aneka perhiasan lain yang dibuat dari emas bertahta berlian.

Baca Juga:

5. Busana Adat Pengantin

pakaian adat jawa barat
(Weddingmarket.com)

Untuk keperluan acara seremonial, upacara adat perkawinan, para pengantin adat Sunda memakai busana khusus yang dinamakan dengan pakaian Pengantin Sukapura. Pakaian tersebut dikenakan oleh mempelai laki-laki.

Pakaian Pengantin Sukapura ini berupa jas tutup berwarna putih, dilengkapi dengan ikat pinggang warna putih, kain rereng sebagai bawahan, tutup kepala bendo bermotif rereng, dan selop berwarna putih. Untuk aksesorisnya, kalung panjang dari bunga melati dan keris/kujang sebagai senjata tradisional masyarakat Sunda.

Sedangkan bagi mempelai perempuan, busana atasannya berbentuk kebaya brukat warna putih, bawahannya berupa kain rereng eneng, benten/ikat pinggang warna emas, dan alas kaki selop berwarna putih.

Sedangkan aksesorisnya berbentuk perhiasan kilat bahu, kalung panjang, gelang, bros, giwang, cincin, dan sanggulan rambut yang dilengkapi dengan hiasan siger subadra 5 untaian bunga sedap malam (mangle), dan 7 buah kembang goyang.

Demikian pembahasan tentang Pakaian Adat Jawa Barat Lengkap Dengan Penjelasannya Secara Rinci, semoga menambah wawasan kita tentang kekayaan budaya nusantara khususnya pakaian tradisional.

Baca Juga:

Featured Image Source: Moondoggiesmusic.com

Editor: Voni Sri Wijayanti


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Wasiat yang Sah Menurut Hukum

Bicara soal wasiat tentu menjadi satu hal yang sensitif. Tak jarang, hal ini pun kerap menjadi pers

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Somasi dan Cara Membuatnya

Apakah kamu pernah mendengar surat somasi? Surat ini kerap dikaitan dengan dunia hukum. Biasanya pe

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Pengaduan dan Formatnya yang Benar

Dalam transaksi, terkadang ada beberapa hal yang kurang sesuai, baik dalam pembelian barang atau pe

Edukasi
Edukasi Cara Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba dan Contohnya

Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN) umum digunakan untuk berbagai keperluan. Salah satunya melama

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Keterangan Belum Menikah dan Cara Membuatnya

Surat keterangan belum menikah kerap diajukan sebagai salah satu dokumen ketika mengurus suatu hal,

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia