Paham liberalisme dalam sejarah dunia

Diperbarui oleh ∙ December 28, 2021 ∙ 3 menit membaca

Paham liberalisme dalam sejarah dunia – Istilah Liberalisme berasal dari kata “liberales” (bahasa Spanyol). Liberales adalah nama partai pada abad ke-19 yang memperjuangkan pemerintahan konstitusional untuk Spanyol. Akan tetapi, politik liberalisme sudah ada pada masa-masa sebelumnya. Secara sederhana, dapat diartikan sebagai paham kebebasan.

Sebagai suatu gerakan, liberalisme dimulai pada masa Renaisans Yunani Kuno, yang memperjuangkan kebebasan manusia dari kungkungan gereja atau agama. Kebebasan yang dimiliki manusia kemudian berkembang menjadi suatu gerakan dalam bidang politik, ekonomi, kebudayaan dan lain-lain.

Kebebasan dalam bidang politik melahirkan konsepsi tentang negara yang demokratis. Di bidang ekonomi, liberalisme menentang monopoli atau campur tangan pemerintah dalam bidang berusaha. Di bidang moral, liberalisme menjunjung tinggi kebebasan individu dan menentang otoriterisme.

John Locke dianggap sebagai pelopor paham politik liberal. Menurut Locke, negara terbentuk dari perjanjian sosial antara individu yang hidup bebas dan penguasa.

Versi lain mengenai paham politik ini dikemukakan oleh Montesquieu (1689-1775). Dalam bukunya The Spirit of Law, Montesquieu mengemukakan teori pemisahan kekuasaan eksekutif, legislatif dan yudikatif.

Setiap kekuasaan saling mengawasi dan mengimbangi satu dan yang lain. Apabila ke-3 kekuasaan pemerintahan berada dalam satu tangan, baik individu maupun lembaga, kesewenangan akan muncul.

Charles Montesquieu pengemuka paham politik
Charles Montesquieu pengemuka paham politik

Perkembangan liberalisme dalam prakteknya

Dasar politik liberalisme jelas tampak dalam Revolusi Inggris pada tahun 1688, ditandai dengan jatuhnya penguasa yang lalim dan diiterapkannya suatu sistem pemerintahan parlementer.

Kemudian, diikuti dengan beberapa perubahan konstitusi yang semakin membatasi kekuasaan raja antara lain dengan dikeluarkannya The Bill of Rights yang menjamin hak istimewa anggota parlemen dan hak-hak rakyat Inggris.

Perkembangan liberalisme juga terlihat dalam Revolusi Amerika pada tahun 1776 dengan adanya Declaration of Independence yang menyatakan bahwa tidak ada kekuasaan yang adil tanpa persetujuan (yang diperintah) rakyat.

Begitu pula dalam Revolusi Prancis pada tahun 1789. Revolusi Prancis adalah revolusi politik dan sosial. Di bidang politik, revolusi itu menjatuhkan monarki absolut dan mendirikan negara liberal yang berdasarkan konstitusi.

Di bidang sosial, revolusi itu menghapus feodalisme dengan mengambil alih tanah-tanah para bangsawan dan gereja. Tanah ini dibagi-bagikan kepada para petani dan golongan borjuis untuk membangun kebebasan berusaha.

Perkembangan liberalisme di bidang ekonomi dikenal dengan apa yang disebut ekonomi liberal. Prinsipnya berasal dari tulisan Adam Smith, David Ricardo, dan Robertt Malthus. Mereka mengembangkan paham bahwa individu memiliki kebebasan untuk mengembangkan kekuatan dan bakatnya dalam berusaha.

Baca juga: Tentang paham sosialisme

Oleh karena itu, liberalisme menolak campur tangan pemerintah dan membenarkan konsep perdagangan bebas. Liberalisme dapat pula dibedakan atas liberalisme lama dan liberalisme modern.

Liberalisme lama lebih memperhatikan kebebasan individu dari kesewenang-wenangan pemerintah. Sedangkan liberalisme modern mencari perlindungan terhadap tindakan sewenang-wenang organisasi swasta dan negara.

Kunjungi: Sejarah Dunia Lainnya

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Apa itu Crypto Wallet? Pengertian dan Cara Memakainya

Pada era modern ini, berkembangnya teknologi sudah banyak sekali memberikan manfaat kepada hidup ma

Finansial
Finansial BI Rate Naik? Cari Tahu Dulu Kebenarannya! (Edisi YoY Oktober & November)

#WaktunyaBeliRumah - Apakah Pins sadar, biaya yang dikeluarkan untuk transaksi bisnis properti tida

Gadget
Gadget 12 Rekomendasi HP 6 Jutaan, Harga Mid-Range Berasa Flagship!

Jika Pins menginginkan HP mid-range dengan kualitas flagship, maka rekomendasi HP 6 jutaan adalah j

Finansial
Finansial 15 NFT Game yang Tak Hanya Seru, Tapi Juga Menghasilkan Cuan!

Sebagai bentuk investasi aset digital yang menjanjikan, banyak orang yang mencoba untuk mempelajari

Finansial
Finansial Apa itu Copy Trade? Ini Fungsi dan Cara Menggunakannya

Ada banyak sekali istilah dalam dunia trading yang mungkin terdengar asing untuk kamu yang masih pe

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia