Pinhome

Lifestyle

Paduppa Resort Bulukumba

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 30 March 2021 ∙ 5 menit membaca

Paduppa Resort merupakan salah satu resort yang berada di kawasan wisata Pantai Tanjung Bira. Yup, sebuah pantai yang menjadi andalan wisata Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Resort ini tepat berada dekat sekali dengan pantai ini sehingga akan menjadi pilihan penginapan yang tepat saat berlibur ke Bumi Panrita Lopi, Bulukumba.

Nama paduppa pada resort diambil dari bahasa Bugis yang berarti melayani atau menyambut. Paduppa juga merupakan sebuah tarian tradisional yang dilakukan untuk menyambut tamu kehormatan, bahkan untuk menyambut raja. Artinya, pilihan namanya memiliki maksud istimewa bahwa resort akan memberikan pelayanan kepada para tamu yang menginap di sana dengan kehormatan bak raja.

Keistimewaan lain resort ini, selain dekat sekali dengan pantai, ialah dari segi konsep unik yang memadukan arsitektur modern dan etnik. Bangunan resort terinspirasi dari Rumah Adat Bugis Makassar yang ikonik. Arsitekturnya didominasi dengan material kayu, seperti pada sisi lantai, dinding, dan atapnya. Material bebatuan hanya digunakan pada bagian kamar mandi saja. Resort juga terletak jauh dari keramaian sehingga tempat berlibur yang tepat bagi wisatawan yang butuh ketenangan.

panorama paduppa resort bulukumba
instagram/aandermawannn

Nah, jika nanti Anda datang ke resort ini hal pertama yang akan ditemui di lobby-nya ialah kursi bench yang unik. Kursi ini dibuat melingkar mengelilingi pohon. Selanjutnya, untuk menuju ke kamar Anda perlu menyusuri jalan kecil yang terbuat dari kayu dengan dinding yang dihiasi bebatuan alam. Di samping jalan tersebut, ada berbagai tanaman bunga dan pepohonan yang membuat udara terasa lebih segar. Jalan kecil ini juga menjadi hal unik dari resort karena konsep yang diusungnya ialah private resort maka kamarnya pun dibuat cukup tersembunyi satu sama lainnya.

Lalu saat masuk ke kamar, penyambutan ala Tari Paduppa yang dahulu ditujukan untuk menyambut raja pun dimulai. Staf resort yang mengantar Anda ke kamar akan menyajikan minuman sembari memosisikan dirinya berlutut dengan satu kaki, persis seperti gerakan pada tari tersebut. Unik bukan?

liburan di paduppa resort bulukumba
instagram/nisaniru

Selain lantai, dinding, dan atap, ranjang pada kamar juga terbuat dari kayu dengan posisinya yang menghadap ke balkon. Posisi ini membuat Anda dapat menikmati suasana sunset, sunrise, cahaya bulan, birunya laut, bahkan suara deburan ombak dengan jelas. Sangat menyenangkan bukan hanya dengan rebahan sudah dapat beragam suasana. Fasilitas lain yang ada di kamar ialah lemari dan kulkas mini. Di sana Anda juga diperbolehkan bermain ke area pantai yang bisa diakses langsung dari resort. Untuk ke area pantai, Anda hanya harus berjalan melewati jalan setapak dan tangga yang sudah tersedia hingga ke bawah tebing. Karena ini merupakan akses khusus resort, pantai tidak akan diisi penuh dengan kerumunan orang. Jadi, terasa pantai milik sendiri deh! Bagaimana sudah cukup yakin untuk menginap di Paduppa Resort ketika berlibur nanti?

Harga Kamar dan Fasilitas Paduppa Resort Bulukumba

Resort unik ini memiliki 8 unit kamar yang telah dilengkapi fasilitas yang dikemas sedemikian rupa agar mampu memanjakan para pengunjungnya. Di resort ini disediakan bathtub pada beberapa unit kamarnya. Bathtub diletakkan di balkon kamar yang menghadap ke laut lepas sehingga berlama-lama berendam tidak akan membuat bosan.

kamar paduppa resort bulukumba
instagram/iswaraff

Selain itu, masih ada juga dua cottage yang dilengkapi dengan fasilitas private pool yang menjaga privasi Anda selama menginap di sana. Pilihan cottage ini akan sangat cocok bagi Anda yang sedang berbulan madu atau berlibur bersama keluarga.

Adapun harga kamar yang ditawarkan cukup bervariatif dan akan disesuaikan dengan hari Anda menginap di sana. Untuk kamar tipe sunset view per malamnya dibanderol dengan harga Rp2.200.000,00 ketika weekend, sedangkan untuk weekday harga kamar ini ialah Rp1.800.000,00 per malam. Sementara untuk tipe lainnya, yakni kamar bertipe bathtub sunset view dihargai Rp2.500.000,00 ketika weekend per malam dan Rp 2.200.000,00 per malam ketika weekday.

Dengan harga tersebut, Anda dapat mengisi kamar maksimal 4 orang dan mendapat breakfast untuk 2 orang yang bisa dipesan mulai pukul 06.00 WITA dengan menu variatif. Sementara untuk reservasi Anda dapat melakukannya dengan mengontak langsung pihak resort maupun melalui situs travel agency yang ada. Namun, untuk melakukan reservasi wajib memberikan deposit Rp500.000,00 per kamar dan biaya kamar yang dipesan harus dilunasi 3 hari sebelum check-in.

Lokasi Paduppa Resort Bulukumba

Resort yang mengusung tema klasik sederhana namun modern ini berlokasi di Desa Bira, Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan. Letak resort ini tepat berada di bibir tebing Pantai Tanjung Bira, sekitar 800 meter dari pantai, sehingga akan memberikan pemandangan pantai yang luas sejauh mata memandang. Pemandangan pasir putih ala Pantai Tanjung Bira pun juga bisa dinikmati oleh pengunjung resort.

Google Maps

Rute

Untuk menuju resort ini, ada penunjuk jalan yang tersedia di sepanjang jalan menuju Pantai Tanjung Bira. Rute perjalanan menuju resort ini juga termasuk mudah. Jika berasal dari luar kota maka turunlah di Bandara Hasanuddin, Makassar. Selanjutnya, perjalanan dilanjutkan ke Terminal Malengkeri dengan naik taksi yang ada di area bandara Hasanuddin.

Lalu sesampainya di terminal, naiklah bus yang menuju ke Bulukumba atau Pantai Tanjung Bira. Kalau tidak ingin repot berpindah-pindah transportasi, pihak resort juga sudah menyediakan kendaraan antar-jemput yang akan dikenakan biaya di luar biaya penginapan. Adapun perjalanan yang akan ditempuh dari bandara hingga resort memakan waktu sekitar 4-6 jam.

Sementara bagi wisatawan yang sudah telanjur berada di Bulukumba ataupun Kota Makassar maka naiklah kendaraan umum atau sewa kendaraan antar-jemput milik resort. Jarak yang harus ditempuh dari Kota Bulukumba ke resort ialah 40 km, sedangkan Kota Makassar berjarak 200 km dari resort ini. Jadi, bersabarlah karena perjalanan yang harus ditempuh cukup panjang, tetapi akan terbayarkan dengan pemandangan alam pantai yang membentang luas di belakang resort yang akan segera Anda temui.

Baca Juga:

Tags :

Bagikan Artikel