BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Ide Ornamen Batu Alam Dinding Untuk Rumah Minimalis
0
0

10 Ide Ornamen Batu Alam Dinding Untuk Rumah Minimalis

Dipublikasikan oleh Pinhome  dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Jan 12, 2024

2 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Ornamen batu alam dinding banyak digunakan untuk menambah seni arsitektur yang bertema minimalis entah itu tipe sederhana maupun modern. Ornamen batu alam dinding untuk rumah minimalis dipilih dengan berbagai macam pola, mulai dari yang bergaris-garis, kotak-kotak, atau khas tekstur bebatuan dan masih banyak lagi model lainnya.

Kamu bahkan bisa menemukan ornamen batu alam dinding untuk rumah minimalis ini pada Rumah Ekslusif seperti Tamaruma. Penggunaan ornamennya telah dikenal sejak dulu sehingga dapat ditemukan pula pada rumah bekas di Kab Mojokerto, rumah dijual di Jagakarsa maupun properti sekitar SMAN 20 Jakarta dan sebagainya.

Ornamen Batu Alam Dinding Untuk Rumah Minimalis

Ornamen batu alam dinding untuk rumah minimalis yang terkesan natural membuatnya banyak diminati masyarakat sebagai pilihan untuk mempercantik rumah idaman keluarga. Harganya juga tergolong terjangkau dan mudah didapat, harga per m2 berkisar antara Rp.100.000 s/d Rp.500.000 tergantung bagaimana kualitas, jumlah ketersediaan dan tingkat kesulitan dan memproduksinya.

Berikut beberapa ornamen batu alam dinding untuk rumah minimalis yang bisa kamu pilih!

1. Batu Marmer

Source : Pinterest

Salah satu ornamen batu alam dinding untuk rumah minimalis yang paling banyak digunakan adalah batu marmer. Warnanya beragam mulai dari hitam, putih, coklat dan sebagainya dengan corak yang khas.

Umumnya batu ini digunakan di bagian lantai ruang tamu yang ingin menampilkan kemewahan sekaligus elegannya ruangan tersebut. Marmer tidak cocok untuk dinding outdoor maupun dapur sebab rapuh saat terkena panas ataupun hujan.

Baca juga: 6 Model Dinding Batu Alam Agar Teras Rumah Terasa Lebih Menyejukkan 

2. Batu Granit

Source : Houzz

Jenis Granit juga sangat populer khususnya untuk interior kamar mandi maupun dapur. Batuan ini biasa dikombinasikan dengan furnitur kayu jati. Misalnya dalam ornamen kabinet maupun rak gantung seperti pada gambar di atas. Nuansa dapur khas countryside asal AS kental terasa dimana model kitchen set minimalis ini dipadukan dengan keramik backsplash granit.

3. Batu Paras Jogja

Source : Mitra 10

Keunggulan ornamen batu alam dinding untuk rumah minimalis bisa memakai batu paras Jogja. Umumnya batuan ini dibentuk maupun diukur mengikuti berbagai pola.

Ukirannya yang indah mampu meningkatkan nilai artistik bangunan. Pins bisa menambahkan ornamen ini pada dinding teras dengan pilihan warna putih maupun krem.

4. Batu Andesit

Source : Gharphedia

Apabila kamu bandingkan batu andesit dengan jenis batuan alam lainnya maka pasti Pins menyadari bahwa batuan alam ini begitu keras. Hal ini karena bagian pori-porinya kecil sehingga cenderung lebih padat.

Warnanya hanya abu-abu dan hitam saja tetapi memiliki beragam motif misalnya model alur, abstrak hingga bakar. Kelebihannya adalah tahan cuaca, jamur maupun lumut sehingga populer sebagai ornamen area luar ruangan yang sering terpapar air hujan maupun sinar matahari.

5. Batu Candi

Source : Grid

Batuan candi memberikan nuansa sejuk sehingga cocok untuk ornamen pada bangunan perkotaan. Batuannya berwarna hitam legam dan sering dipakai sebagai pembuatan candi.

Sifatnya mampu menyerap air sehingga kurang cocok untuk dinding outdoor. Saat memakainya akan dilakukan finishing dengan lapisan khusus penangkal lumut dan jamur.

6. Batu Koral

Source : Jasa Batu Sikat

Koral sering dipakai sebagai hiasan lantai karena unik dan estetik. Jika digunakan sebagai ornamen dinding mampu membuat ruangan terasa warm. Kamu dapat mengkombinasikan beberapa jenis batu koral sesuai selera seperti contoh gambar yang ada di atas.

Baca juga: 

7. Batu Travetine

Source : Niro Granite

Travetine sering dipakai sebagai dinding dan keramik lantai. Kesannya klasik dan mewah sehingga sering dipakai untuk ruang keluarga maupun ruang tamu.

Apalagi ditambah sifatnya yang tahan air dan kuat terhadap perubahan cuaca membuatnya semakin diminati. Beberapa orang juga ada yang memakainya sebagai ornamen kolam renang karena ketahanannya.

8. Batu Palimanan

Source : Mitra 10

Asal batu palimanan adalah Cirebon yang cocok ditempatkan di berbagai ruangan baik dalam maupun eskterior hunian. Warnanya terang dengan pori-pori yang besar sehingga sering diberi zat pelapis khusus agar meningkatkan ketahanannya.

Zat pelapis tersebut juga mampu menghambat lumut sehingga lebih awet. Kamu bisa secara rutin melapisi ulang saat zat pelapis pada batu ini sudah mulai menghilang.

9. Batu Cladding

(

Cladding biasa disusun dengan beberapa warna sekaligus baik secara berurutan maupun acak. Tujuannya agar ornamen terlihat seperti mozaik dan teknik ini sering diaplikasikan pada fasad desain rumah modern.

10. Batu Susun Sirih

Source : Pixabay

Batu alam susun sirih biasa dibentuk dalam ukuran 3×30 cm atau 3×40 cm. Hasilnya akan lebih bertekstur dan unik yang mengkombinasikan jenis material batu alam lainnya.

Misalnya menggunakan material batu andesit, batu Palimanan, batu Purwakarta, hingga batu cupang merah. Tampilannya sangat cantik bila diterapkan pada bagian tiang rumah minimalismu. Pagar dan bak bunga pada taman landscape juga bisa menggunakan batuan alami ini, sehingga bisa memunculkan kesan taman yang natural, asri serta alami.

Masih banyak lagi hal-hal yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan bebatuan alami ini sebagai bagian dari material finishing pembangunan rumah idaman keluarga. Seperti untuk mempercantik tiang bendera, membuat area bermain anak-anak didepan rumah dan hal-hal lainya yang bisa menambah sisi minimalis sebuah rumah tinggal.

Kamu bisa berkreatifitas sebaik mungkin dengan menggunakan tekstur batu alam minimalis ini untuk mewujudkan desain rumah terbaik. Sekian ulasan tentang ornamen batu alam dinding untuk rumah minimalis. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Feature Image Source: Pxhere


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Pesona Ciputih dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download