BlogPembeli Properti PemulaPanduan Beli Properti6 Contoh Kwitansi Jual Beli Tanah yang Sah
0
0

6 Contoh Kwitansi Jual Beli Tanah yang Sah

Dipublikasikan oleh Putra  dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Nov 21, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
6 Contoh Kwitansi Jual Beli Tanah yang Sahtop-right-banner

Dalam jual beli property atau sebuah iklan rumah dijual pada platform tertentu, pasti memiliki nominal yang sangat besar. Oleh sebab itu, contoh kwitansi diperlukan sebagai bukti transaksi resmi jual beli tanah.

Kwitansi jual beli tanah akan memuat informasi seperti nama pembayar, keterangan banyaknya nominal dalam angka maupun kalimat, serta tujuan transaksi. Biasanya, karena bersifat resmi dan terikat hukum, kwitansi akan diberi materai dan kemudian ditandatangani.

Sebelum itu Pins bisa cek dulu harga estimasi rumah di Cipayung atau rumah bekas di Bekasi, seperti di Grand Surya Bekasi menggunakan fitur PinValue di aplikasi Pinhome. Tapi, apakah Pins tahu, ternyata terdapat macam-macam jenis kwitansi jual beli tanah dan masing-masing memiliki fungsinya. Seperti apa ya? Simak ulasan berikut terkait contoh kwitansi DP jual beli rumah, ya!

Baca juga: Perbedaan SHM dan SHGB | Sertifikat Rumah

Apa itu Kwitansi Jual Beli Tanah?

Sebelum mengetahui contoh kwitansi jual beli tanah, Pins hendaknya mengerti terlebih dahulu sebenarnya apa fungsi dan jenisnya. Hal ini akan memudahkan kamu ketika sedang bertransaksi jual beli properti.

Fungsi Kwitansi Jual Beli Tanah

Source : Simulasi Kredit

Seperti yang kita ketahui, transaksi properti melibatkan sejumlah uang dengan nominal yang sangat besar. Kwitansi berperan sebagai perekat antara pihak penjual dan pembeli agar tetap bertanggung jawab hingga transaksi selesai. 

Beberapa fungsinya antara lain:

  • Menyimpan kwitansi asli dapat memudahkan pemilik tanah ketika sedang terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Biasanya mengarah ke persoalan hukum.
  • Kwitansi jual beli tanah dapat memvalidasi kepemilikan sebuah tanah. Hal ini akan menjauhkan pemilik tanah dari banyak sengketa.
  • Berperan sebagai pengikat antara pihak penjual dan pembeli
  • Kwitansi jual beli tanah dapat digunakan untuk menaikkan harga tanah di kemudian hari.

Jenis Kwitansi Jual Beli Tanah

Terdapat beberapa jenis kwitansi jual beli tanah yang cukup sering digunakan, antara lain:

1. Kwitansi Uang Muka

Biasanya saat transaksi properti, dibutuhkan uang muka atau DP sebagai tanda komitmen. Agar tanda ini menjadi valid, digunakan kwitansi dengan menuliskan sejumlah nominal uang muka yang dibayarkan.

Hal ini juga dapat membantu menjaga aset tersebut dari dijual kepada pihak lain.

2. Kwitansi Serah Terima

Jenis kwitansi ini berfungsi jika Pins sedang melakukan transaksi dalam kredit dengan pelunasan melalui angsuran atau cicilan.

3. Kwitansi Bukti Pembayaran

Kwitansi jenis ini digunakan setelah semua transaksi sudah selesai dan dinyatakan lunas.

Baca juga: Bagaimana Jika Sertifikat Rumah Tertahan Oleh Bank?

Contoh Kwitansi Jual Beli Tanah yang Sah

Source : Detik.com

Setelah mengetahui dan jenis kwitansi jual beli tanah, Pins juga harus memahami beberapa jenis kwitansi yang digunakan dalam jual beli properti. Berikut adalah contoh kwitansi DP jual beli tanah yang sah di Indonesia:

1. Kwitansi Digital

Sama halnya dengan kwitansi fisik biasa, kwitansi digital juga berfungsi untuk memberi bukti atas sebuah transaksi yang harus dilakukan. Perbedaannya hanya pada bentuknya yang virtual. 

Dewasa ini, sudah banyak orang yang beralih ke kwitansi digital karena lebih ramah lingkungan dan lebih mudah dioperasikan.

2. Kwitansi Pelunasan Tanah

Kwitansi ini termasuk dalam jenis kwitansi bukti pembayaran. Biasanya digunakan ketika terjadi transaksi yang melibatkan aset sebidang tanah.

Jika sudah memiliki kwitansi ini, maka validitas kepemilikannya akan semakin ditangguhkan dan resmi. Biasanya kwitansi akan menggunakan materai dan tanda tangan dari kedua belah pihak untuk mengikat perjanjian sesuai hukum.

3. Kwitansi DP Jual Beli Tanah

Sesuai dengan namanya, contoh kwitansi DP jual beli tanah ini termasuk dalam kwitansi uang muka.

Uang muka dibayarkan dengan rasio yang ditentukan dari harga penuh sebagai pengikat antara pihak penjual dan pembeli. Hal ini dapat mencegah aset yang akan dibeli dari dijual kepada pihak lain.

Pada keterangan akan dituliskan secara detail terkait objek yang sedang diperdagangkan. Hal ini juga dapat membantu ketika saat pelunasan untuk mengecek kesesuaian dan kondisi aset. Sama halnya dengan kwitansi lainnya, agar mengikat secara resmi, akan ditempelkan materai dan dibubuhkan tanda tangan.

4. Kwitansi Ganti Rugi Tanah

Terkadang hal-hal yang tidak diinginkan dapat terjadi, seperti penggunaan lahan tanpa seizin pemilik lahan.

Jika hal ini terjadi, maka kedua belah pihak akan dilakukan beberapa upaya untuk menyelesaikan permasalahan ini, salah satunya dengan membayar kerugian sejumlah uang yang ditetapkan. Kwitansi ini berfungsi sebagai bukti pembayaran, sama dengan fungsi kwitansi lainnya. Biasanya juga terdapat materai dan tanda tangan karena bersifat resmi.

5. Kwitansi Biaya Perubahan Tanah

Tanah yang sudah dimiliki bisa saja ingin diubah sewaktu-waktu. Baik itu dari dimensi, bentuk, kondisi, dan lain sebagainya.

Jika berencana melakukan alterasi, hendaknya mengajukan perizinan dalam hal perombakan tanah. Ketika proses pengajuan perubahan tanah, biasanya pemilik harus membayar sejumlah biaya sesuai dengan peraturan.

Cantumkan tujuan pembayaran sesuai dengan perubahan yang akan dilakukan secara detail. Biasanya juga akan menggunakan tanda tangan agar resmi.

6. Kwitansi Perdamaian Sengketa Tanah

Contoh kwitansi dp jual beli tanah selanjutnya adalah kwitansi perdamaian sengketa tanah Sengketa tanah dapat terjadi karena berbagai macam alasan. Hal ini juga dipicu dengan minimnya ketersediaan lahan.

Biasanya, berurusan dengan kepemilikan, atau melanggar batas tertentu dengan lahan pemilik lainnya. Kemungkinan terburuk, mafia tanah.

Pihak yang bersengketa hendaknya menyelesaikan secara kekeluargaan. Salah satu jalan keluarnya adalah dengan kompromi serta membayarkan sejumlah uang yang disepakati antar pihak. Kwitansi berperan sebagai bukti penyelesaian sengketa yang sudah disetujui oleh kedua belah pihak.

Jadi, itulah beberapa jenis dan contoh kwitansi jual beli tanah. Tetap diingat, berhati-hati dalam berbisnis properti dan selalu simpan kwitansi ya, Pins!

Baca juga: Rincian Daftar Biaya Pemecahan Sertifikat Tanah Terbaru


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Avoria Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download