Mana yang benar? Olahraga Dulu atau Sarapan Dulu

Diperbarui oleh Pandu Pamungkas ∙ November 30, 2022 ∙ 5 menit membaca

Sebagai upaya menggalakkan hidup sehat, kamu harus melakukan olahraga rutin dan juga tidak meninggalkan sarapan. Namun sering kali terjadi dilema, apakah harus olahraga dulu atau sarapan dulu?

Para ahli menyarankan untuk melakukan olahraga terlebih dahulu saat belum sarapan. Saat keadaan perut masih kosong, olahraga sebelum sarapan dapat membakar lemak lebih banyak. Penelitian mengatakan bahwa olahraga sebelum sarapan dapat membakar 20% lemak tubuh lebih banyak.

Pasalnya, jika ingin melakukan pembakaran lemak, maka tubuh harus menggunakan cadangan makanan berupa lemak dalam tubuh. Bukan dari makanan yang Pins konsumsi. Karena pada dasarnya, tubuh memiliki simpanan energi dalam bentuk lemak, bahkan sebelum Pins makan.

Nah, melakukan olahraga sebelum sarapan maka energi yang dibakar dapat lebih banyak dari cadangan makanan sebelumnya. Sesi olahraga juga lebih optimal jika dilakukan sebelum sarapan. Karena tidak akan membuat Pins ingin makan lebih banyak. Biasanya setelah olahraga tubuh juga minta, sehingga dengan sarapan setelah olahraga kamu terhitung makan hanya sekali.

Banyak keuntungan yang bisa Pins dapatkan saat melakukan olahraga sebelum sarapan. Akan terjadi perubahan kinerja hormon insulin dan hormon pertumbuhan saat berolahraga sebelum makan. Selain itu, Pins akan membantu tubuh untuk menyeseuaikan produksi hormon insulin.

Hormon ini yang akan membantu menyerap nutrisi dari makanan dan menyalurkannya ke otot hati (liver). Kinerja hormon pertumbuhan juga menjadi lebih baik. Hormon pertumbuhan ini yang nantinya akan membantu pembentukan jaringan otot, membakar lemak, dan meningkatkan kesehatan tulang serta ketahanan fisik.

Namun efek tersebut akan memberikan hasil yang maksimal jika kita memiliki waktu tidur malam hari yang cukup.

Baca juga :

Manfaat Olahraga Sebelum Sarapan

Ada banyak manfaat ketika Pins melakukan olahraga sebelum sarapan. Berikut ini 5 manfaat yang Pins akan rasakan.

Olahraga dulu atau sarapan dulu
(Pexels)

Karena olahraga dilakukan sebelum makan dapat membakar lemak dan kalori dalam tubuh. maka kesempatan kamu untuk menurunkan berat badan menjadi lebih besar. Namun jangan berlebihan ya.

Membangun Otot Pada Tubuh

Olahraga dapat membantu pembentukan otot pada tubuh. hasilnya akan semakin maksimal jika kamu melanjutkannya dengan sarapan. Ketika lemak terbakar hormon pembentukan otot akan lebih cepat terbentuk. Jadi lebih baik mana? Olahraga dulu atau sarapan dulu?

Meningkatkan Kesehatan Mental

Olahraga dapat melatih daya ingat seseorang sehingga menjadi lebih kuat. Karena olahraga dapat memperlancar darah yang ada di seluruh tubuh termasuk pada otak. Terutama bagi para pelajar, olahraga di pagi hari dapat membuat daya pikir menjadi lebih baik yang berdampak pada kesehatan mental. Otak juga butuh asupan, sehingga setelah olahraga di pagi hari sebaiknya melakukan sarapan.

Meningkatkan Energi

Olahraga yang melelahkan dapat meningkatkan energi pada tubuh. Lakukanlah olahraga sebelum sarapan selama 30 menit untuk meningkatkan energi. Sehingga kamu dapat mengawali aktivitas sehari-sehari dengan energi penuh dan siap untuk hadapi tantangan.

Jadi kamu pilih mana? Olahraga dulu atau sarapan dulu?

Mengurangi Insomnia

Olahraga sebelum sarapan dapat meningkatkan kualitas tidur yang baik dan dapat membantu mengurangi insomnia. Nantinya tidur malam akan lebih nyenyak sebab kurang tidur dapat meningkatkan stress karena siklus tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Namun ada juga peringatan bahwa tak semua orang boleh olahraga sebelum sarapan.

Artinya, semakin sedikit kalori yang ada dalam pencernaan tubuh, maka semakin banyak lemak yang akan dibakar saat kita berolahraga. Inilah kenapa olahraga sebelum sarapan sangat cocok bagi orang yang ingin menurunkan berat badan.

Akan tetapi menurut Freguson, CEO Diet Free Life dilansir dari HuffingtonPost, salah satu tujuan olahraga juga untuk meningkatkan kesehatan fisik, kekuatan dan kecepatan, maka olahraga sebelum sarapan dinilai kurang efektif karena tubuh tetap membutuhkan kalori untuk metabolisme.

Terutama bagi para penderita diabetes, olahraga sebelum makan tidak dianjurkan. Para penderita diabetes akan sering mengalami kekurangan darah sehingga jika seseorang menderita diabetes disarankan untuk sarapan terlebih dahulu sebelum berolahraga.

Baca juga: Cara Menggunakan Kipas Angin Aman dan Sehat

Tips Aman Olahraga Sebelum Sarapan

Apa kamu sudah menentukan untuk olahraga dulu atau sarapan dulu? Setiap orang memiliki kebiasaannya sendiri-sendiri baik olahraga dan sarapan. Sehingga metode ini belum tentu sesuai dengan semua orang.

Bagi kamu masih bingung olahraga dulu atau sarapan dulu dan ingin melakukan olahraga pagi sebelum sarapan. Berikut di bawah ini tips aman olahraga pagi sebelum sarapan.

Olahraga dulu atau sarapan dulu
(Pexels)

Persiapan Diri

Kamu perlu menyiapkan diri sejak malam jika paginya harus berolahraga. Cukupilah kebutuhan waktu tidur malam supaya tubuh dapat terasa segar saat bangun. Sehingga dapat siap beraktivitas fisik di pagi hari.

Pilih Olahraga yang Sesuai Denganmu

Jenis olahraga yang akan dilakukan juga harus disesuaikan dengan keinginan dan kondisimu. Jika baru memulai, cobalah lakukan olahraga sederhana seperti jalan cepat atau jogging.

Cukupilah Kebutuhan Air

Persiapkan air untuk minum. Konsumsi air mineral sekitar setengah hingga satu liter sebelum dan sesudah olahraga. Penuhi kebutuhan cairan dua atau tiga jam sebelum olahraga.

Berhenti Saat Lelah dan Konsumsi Makanan Kapanpun

Jika sudah merasa lelah, sebaiknya olahraga dicukupkan dan jika merasa lapar berhentilah untuk mencegah penurunan massa otot. Selain itu, cukupi konsumsi nutrisi setelah olahraga.

Konsumsi karbohidrat dan protein yang banyak. Jadi, lakukan olahraga secara rutin untuk menerapkan pola hidup yang baik menuju hidup yang sehat. Pastikan asupan cairan terpenuhi dan berolahragalah sebelum sarapan.

Share juga pemikiran kamu di kolom komentar tentang apa kamu harus olahraga dulu atau sarapan dulu? Bagikan juga di sosial media agar lebih banyak orang yang teredukasi dan mengetahui lebih banyak tentang alasan olahraga dulu atau sarapan dulu.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah terlengkap seperti pada perumahan Ruma Prana di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Apa itu Kawaii Island NFT dan Cara Bermainnya

Kawaii Island NFT merupakan permainan dengan konsep simulasi dan basis play to earn. Para pemain da

Finansial
Finansial Apa itu Cup and Handle Pattern dalam Trading?

Ada banyak sekali istilah dalam investasi yang mungkin masih asing terdengar, terutama kalau kamu m

Finansial
Finansial Apa itu Expert Advisor dalam Trading?

Sekarang ini, trading telah menjadi suatu bentuk kegiatan yang populer untuk bisa memperoleh pemasu

Lifestyle
Lifestyle 21 Ucapan Sweet Seventeen untuk Orang Spesial

Ucapan sweet seventeen dapat menjadi hal paling berkesan untuk diutarakan kepada seseorang yang spe

Lifestyle
Lifestyle 50 Ucapan Selamat Hari Ibu Yang Menyentuh Hati

Hari Ibu merupakan hari yang dibuat sebagai bentuk apresiasi kepada Ibu yang sudah berjasa dalam me

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia