Pinhome

Lifestyle

Olahraga Dulu atau Sarapan Dulu?

Dipublikasikan oleh Yusuf Ammar Ilman ∙ 23 May 2021 ∙ 5 menit membaca

Sebagai upaya menggalakkan hidup sehat, kamu harus melakukan olahraga rutin dan juga tidak meninggalkan sarapan. Namun sering kali terjadi dilema, apakah harus olahraga dulu atau sarapan dulu?.

Para ahli menyarankan untuk melakukan olahraga terlebih dahulu saat belum sarapan. Saat keadaan perut masih kosong, olahraga sebelum sarapan dapat membakar lemak lebih banyak. Penelitian mengatakan bahwa olahraga sebelum sarapan dapat membakar 20% lemak tubuh lebih banyak.

Pasalnya, jika ingin melakukan pembakaran lemak, maka tubuh harus menggunakan cadangan makanan berupa lemak dalam tubuh. Bukan dari makanan yang kita konsumsi. Karena pada dasarnya, tubuh memiliki simpanan energi dalam bentuk lemak, bahkan sebelum kita makan.

Nah, dengan melakukan olahraga sebelum sarapan maka energi yang dibakar dapat lebih banyak dari cadangan makanan sebelumnya. Sesi olahraga juga lebih optimal jika dilakukan sebelum sarapan. Karena tidak akan membuat kita ingin makan lebih banyak. Biasanya setelah olahraga tubuh juga minta, sehingga dengan sarapan setelah olahraga kamu terhitung makan hanya sekali.

Banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan saat melakukan olahraga sebelum sarapan. Akan terjadi perubahan kinerja hormon insulin dan hormon pertumbuhan saat berolahraga sebelum makan. Selain itu, kita akan membantu tubuh untuk menyeseuaikan produksi hormon insulin.

Baca juga : Narsistik atau Narsis Adalah … (dan Mitos Seputarnya)

Hormon ini yang akan membantu menyerap nutrisi dari makanan dan menyalurkannya ke otot hati (liver). Kinerja hormon pertumbuhan juga menjadi lebih baik. Hormon pertumbuhan ini yang nantinya akan membantu pembentukan jaringan otot, membakar lemak, dan meningkatkan kesehatan tulang serta ketahanan fisik.

Namun efek tersebut akan memberikan hasil yang maksimal jika kita memiliki waktu tidur malam hari yang cukup.

Manfaat Olahraga Sebelum Sarapan

Menurunkan Berat Badan

Karena olahraga dilakukan sebelum makan dapat membakar lemak dan kalori dalam tubuh. maka kesempatan kamu untuk menurunkan berat badan menjadi lebih besar. Namun jangan berlebihan ya.

Membangun Otot Pada Tubuh

Olahraga dapat membantu pembentukan otot pada tubuh. hasilnya akan semakin maksimal jika kamu melanjutkannya dengan sarapan. Ketika lemak terbakar hormon pembentukan otot akan lebih cepat terbentuk. Jadi lebih baik mana?. Olahraga dulu atau sarapan dulu?.

Baca juga : Cara Meningkatkan Imun Tubuh Saat Pandemi Covid – 19

Meningkatkan Kesehatan Mental

Olahraga dapat melatih daya ingat seseorang sehingga menjadi lebih kuat. Karena olahraga dapat memperlancar darah yang ada di seluruh tubuh termasuk pada otak. Terutama bagi para pelajar, olahraga di pagi hari dapat membuat daya pikir menjadi lebih baik. Otak juga butuh asupan, sehingga setelah olahraga di pagi hari sebaiknya melakukan sarapan.

Meningkatkan Energi

Olahraga yang melelahkan dapat meningkatkan energi pada tubuh. Lakukanlah olahraga sebelum sarapan selama 30 menit untuk meningkatkan energi. Sehingga kamu dapat mengawali aktivitas sehari-sehari dengan energi penuh dan siap untuk hadapi tantangan.

Jadi kamu pilih mana?. Olahraga dulu atau sarapan dulu?.

Baca juga : Cara Tradisional Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

Mengurangi Insomnia

Olahraga sebelum sarapan dapat meningkatkan kualitas tidur yang baik dan dapat membantu mengurangi insomnia. Nantinya tidur malam akan lebih nyenyak sebab kurang tidur dapat meningkatkan stress karena siklus tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Namun ada juga peringatan bahwa tak semua orang boleh olahraga sebelum sarapan.

Artinya, semakin sedikit kalori yang ada dalam pencernaan tubuh, maka semakin banyak lemak yang akan dibakar saat kita berolahraga. Inilah kenapa olahraga sebelum sarapan sangat cocok bagi orang yang ingin menurunkan berat badan.

Akan tetapi menurut Freguson, CEO Diet Free Life dilansir dari HuffingtonPost, salah satu tujuan olahraga juga untuk meningkatkan kesehatan fisik, kekuatan dan kecepatan, maka olahraga sebelum sarapan dinilai kurang efektif karena tubuh tetap membutuhkan kalori untuk metabolisme.

Terutama bagi para penderita diabetes, olahraga sebelum makan tidak dianjurkan. Para penderita diabetes akan sering mengalami kekurangan darah sehingga jika seseorang menderita diabetes disarankan untuk sarapan terlebih dahulu sebelum berolahraga.

Tips Aman Olahraga Sebelum Sarapan

Apa kamu sudah menentukan untuk olahraga dulu atau sarapan dulu?. Setiap orang memiliki kebiasaannya sendiri-sendiri baik olahraga dan sarapan. Sehingga metode ini belum tentu sesuai dengan semua orang.

Bagi kamu masih bingung olahraga dulu atau sarapan dulu dan ingin melakukan olahraga pagi sebelum sarapan. Berikut di bawah ini tips aman olahraga pagi sebelum sarapan.

Persiapan Diri

Kamu perlu menyiapkan diri sejak malam jika paginya harus berolahraga. Cukupilah kebutuhan waktu tidur malam supaya tubuh dapat terasa segar saat bangun. Sehingga dapat siap beraktivitas fisik di pagi hari.

Baca juga : Penyebab Penyakit Meningitis Beserta Pencegahannya

Pilih Olahraga yang Sesuai Denganmu

Jenis olahraga yang akan dilakukan juga harus disesuaikan dengan keinginan dan kondisimu. Jika baru memulai, cobalah lakukan olahraga sederhana seperti jalan cepat atau jogging.

Cukupilah Kebutuhan Air

Persiapkan air untuk minum. Konsumsi air mineral sekitar setengah hingga satu liter sebelum dan sesudah olahraga. Penuhi kebutuhan cairan dua atau tiga jam sebelum olahraga.

Berhenti Saat Lelah dan Konsumsi Makanan Kapanpun

Jika sudah merasa lelah, sebaiknya olahraga dicukupkan dan jika merasa lapar berhentilah untuk mencegah penurunan massa otot. Selain itu, cukupi konsumsi nutrisi setelah olahraga.

Konsumsi karbohidrat dan protein yang banyak. Jadi, lakukan olahraga secara rutin untuk menerapkan pola hidup yang baik menuju hidup yang sehat. Pastikan asupan cairan terpenuhi dan berolahragalah sebelum sarapan.

Baca juga : Pola Makan Ibu Menyusui

Share juga pemikiran kamu di kolom komentar tentang apa kamu harus olahraga dulu atau sarapan dulu?. Bagikan juga di sosial media agar lebih banyak orang yang teredukasi dan mengetahui lebih banyak tentang alasan olahraga dulu atau sarapan dulu.

Tags :

Bagikan Artikel