Pinhome

Kesehatan

List Obat Radang Tenggorokan Paling Mujarab

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 17 September 2021 ∙ 5 menit membaca

Kondisi kesehatan yang terganggu bisa membuat tidak nyaman, Pins. Salah satunya radang tenggorokan atau faringitis. Jika Pins mengalaminya, ada beberapa obat untuk radang tenggorokan yang bisa dikonsumsi, nih.

Pinhome – Selain itu, ada juga cara mengobati radang tenggorokan secara alami yang bisa Pins lakukan di rumah. Pengobatan radang tenggorokan di rumah tentunya bisa menghemat waktu dan uang. Kamu tidak perlu pergi menuju rumah sakit karena dapat dilakukan di rumah. Namun, apabila gejala semakin memburuk, kamu perlu mengunjungi dokter segera.

Baca Juga: Ini Dia Obat Asam Urat Alami Paling Ampuh Dan Mudah Didapatkan

Penyebab dan Gejala Radang Tenggorokan

(Freepik)

Baca Juga: Obat Penambah Darah Yang Aman Dikonsumsi Ibu Hamil

Sebelum mencari tahu apa saja obat radang tenggorokan, Pins perlu mengetahui apa itu radang tenggorokan serta penyebab dan gejalanya.

  • Penyebab Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan juga dikenal dengan nama faringitis. Kondisi ini terjadi ketika terjadi peradangan pada bagian faring yang terletak di pangkal tenggorokan. Radang tenggorokan bisa disebabkan oleh infeksi virus maupun infeksi bakteri. Namun, penyebab radang tenggorokan yang paling banyak dialami orang adalah infeksi bakteri.

Ada beberapa virus yang bisa menjadi penyebab radang tenggorokan seperti rhinovirus, influenza, adenovirus, dan berbagai virus lainnya. Sedangkan, bakteri yang umum menjadi penyebab radang tenggorokan adalah Streptococcus bacteria.

Radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri dan virus sama-sama bisa menular, Pins. Virus atau bakteri dari orang yang mengalami radang tenggorokan bisa menyebar melalui droplet yang dikeluarkan saat ia batuk atau bersin. Kemudian, orang lain bisa tertular jika menghirup droplet berisi virus atau bakteri itu, menyentuh benda yang terkontaminasi dan kemudian menyentuh area wajah, atau mengonsumsi makanan dan minuman yang terkontaminasi.

Baca Juga: Cara Membuat Obat Sakit Gigi Alami Cepat Sembuh

Untuk mencegah penularan virus dan bakteri penyebab radang tenggorokan, Pins bisa memerhatikan beberapa hal. Tindakan pencegahan ini antara lain tidak menggunakan peralatan makan bersamaan, menghindari kontak dengan orang yang sedang mengalami radang tenggorokan, serta mencuci tangan dengan baik menggunakan sabun terutama sebelum makan dan setelah batuk atau bersin.

  • Gejala Radang Tenggorokan

Secara umum, gejala radang tenggorokan adalah tenggorokan yang terasa sakit, kering, dan gatal. Namun gejala radang tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi virus dan infeksi bakteri bisa mengalami perbedaan, Pins.

  • Beberapa gejala yang bisa terjadi jika radang tenggorokan akibat infeksi virus:
  • Batuk
  • Hidung berair
  • Sakit kepala
  • Iritasi mata
  • Kelelahan
  • Pembengkakan amandel
  • Pembengkakan kelenjar getah bening
  • Beberapa gejala yang bisa terjadi jika radang tenggorokan akibat infeksi bakteri:
  • Sakit saat menelan
  • Sakit perut
  • Sakit kepala
  • Mual
  • Muntah
  • Pembengkakan kelenjar bening
  • Pembengkakan amandel dan warnanya kemerahan

Jika Pins atau anggota keluarga di rumah mengalami gejala tersebut, Pins bisa memastikan apakah itu merupakan gejala radang tenggorokan dengan melakukan pemeriksaan ke dokter.

Apabila Pins atau anggota keluarga mengalami gejala radang tenggorokan selama lebih dari satu minggu, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan ke dokter. Pins juga perlu segera memeriksakan diri atau anggota keluarga ke dokter jika suhu tubuh demam hingga 38 derajat Celcius, mengalami kesulitan bernapas, kesulitan untuk minum, kesulitan menelan, kesulitan membuka mulut, mengalami pembengkakan kelenjar getah bening atau mengalami ruam.

Meredakan Radang Tenggorokan secara Alami

Gejala-gejala radang tenggorokan bisa membuat tidak nyaman. Pins bisa meredakan gejala-gejala radang tenggorokan itu di rumah dengan beberapa cara:

Cara-cara Meredakan Gejala Radang Tenggorokan

  • Mengonsumsi banyak air putih. Ini penting untuk menjaga agar tenggorokan tidak kering dan mencegah dehidrasi.
  • Mengonsumsi makanan yang berkuah hangat dan minuman hangat. Makanan dan minuman hangat bisa memberikan efek menenangkan di tenggorokan.
  • Mengonsumsi es krim. Es krim juga bisa membantu memberikan efek menenangkan di tenggorokan.
  • Beristirahat cukup dan tidak kurang tidur.
  • Mengistirahatkan pita suara.
  • Berkumur menggunakan larutan air garam. Air garam bisa membantu meredakan pembengkakan dan peradangan di tenggorokan.
  • Mandi menggunakan air hangat. Uap dari air hangat bisa membantu melegakan pernapasan.
  • Menggunakan humidifier di rumah. Ini membantu agar udara tidak terlalu kering.

Mengobati Radang Tenggorokan

Ada kondisi radang tenggorokan yang bisa membaik dengan sendirinya dan ada juga kondisi yang memerlukan obat. Hal ini terutama diperlukan jika Pins atau anggota keluarga mengalami radang tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi bakteri.

Untuk radang tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi bakteri, biasanya dokter akan memberikan resep antibiotik seperti amoxicillin dan penicillin. Jika dokter memberikan antibiotik, maka obat tersebut perlu dikonsumsi hingga habis, meskipun gejalanya sudah hilang dan kondisi sudah membaik. Ini penting untuk memastikan bakteri penyebab radang tenggorokan benar-benar sudah terbasmi atau tidak berkembang lagi.

Selain itu ada juga beberapa obat yang bisa dikonsumsi untuk membantu meredakan gejala radang tenggorokan, yaitu:

Obat Radang Tenggorokan

Berikut ini ada beberapa referensi obat radang tenggorokan. Yuk kita simak bersama Pins!

Paracetamol

Jika Pins atau anggota keluarga mengalami gejala demam, paracetamol bisa membantu meredakannya. Selain itu, paracetamol juga bisa membantu meredakan nyeri yang disebabkan oleh peradangan, Pins.

Paracetamol juga dikenal dengan nama acetaminophen.

Ibuprofen

Ibuprofen bisa membantu meredakan nyeri yang disebabkan oleh peradangan pada tubuh dan membantu menurunkan demam.

Aspirin

Aspirin juga memiliki fungsi yang sama, yakni meredakan nyeri yang disebabkan oleh peradangan. Aspirin juga bisa membantu meredakan demam.

Saat mengonsumsi obat-obat ini, pastikan Pins mengikuti dosis sesuai arahan dokter, ya. Perhatikan juga dosis obat-obatan tersebut untuk setiap rentang usia anggota keluarga, seperti dosis yang sesuai untuk anak-anak.

Itulah penjelasan lengkap tentang radang tenggorokan, mulai dari penyebab, gejala, hingga obat untuk meredakannya. Saat melakukan pemeriksaan radang tenggorokan ke dokter, pastikan Pins membuat daftar gejala apa saja yang dialami dan berapa lama gejala itu sudah berlangsung. Catat juga obat apa yang sudah dikonsumsi untuk meredakan gejalanya dan sampaikan pada dokter.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Yosa

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel