Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Bacaan Niat Puasa Senin Kamis dan Manfaat Puasa Senin Kamis

Lifestyle

Bacaan Niat Puasa Senin Kamis dan Manfaat Puasa Senin Kamis

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 17 September 2021 ∙ 5 menit membaca

Pins, tahukah kamu? Selain puasa wajib, ada juga puasa sunnah yang bisa kita amalkan lho. Salah satunya adalah puasa senin kamis. Yup! Puasa sunnah ini dikenal karena Rasulullah SAW selalu berpuasa setiap hari Senin dan Kamis. 

Pinhome – Mungkin Pins sedang beristiqamah menjalani puasa ini atau sedang berniat puasa Senin Kamis. Nah, sudah tahu belum niat puasa Senin Kamis? Jika belum, yuk simak bacaan niatnya di sini. Namun, sebelum itu, kita pahami dulu yuk apa saja sih keutamaan dari melakukan puasa Senin Kamis?  

Baca Juga: Bacaan Lengkap Niat Puasa Rajab Dalam Latin Serta Artinya

Keutamaan Puasa Senin Kamis 

(Unsplash)

Baca Juga: Ragu Ingin Sikat Gigi Saat Puasa? Simak Penjelasan Lengkapnya!

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya bahwa puasa ini merupakan puasa sunnah yang sering dilakukan Rasulullah SAW. Hal itu ada di dalam hadits satu ini, yaitu: 

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa menaruh pilihan berpuasa pada hari Senin dan Kamis.” 

(HR. An Nasai dan Ibnu Majah) 

Dari hadits di atas, kita jadi tahu bahwa Rasulullah memiliki kebiasaan berpuasa pada hari Senin dan Kamis. Sebagai suri tauladan, kita sebagai umatnya juga patut mencontoh segala perbuatan Rasulullah SAW. Dengan mengikuti amalan dan perbuatan baik Nabi Muhammad SAW, insya Allah kita juga menjadi umat muslim yang bailk dan terpuji. 

Lalu, mengapa puasa ini jatuh di hari Senin dan Kamis? Hal ini pun ternyata ada penjelasannya lho di hadits berikut. 

“Pintu surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Setia hamba Allah yang tidak berbuat syirik pada Allah sedikit pun akan diampuni (pada hari tersebut) kecuali seseorang yang memiliki percekcokan (permusuhan) antara dirinya dan saudaranya. Nanti akan dikatakan pada mereka, akhirkan urusan mereka sampai mereka berdua berdamai, akhirkan urusan mereka sampai mereka berdua berdamai.” 

(HR. Muslim)

Jika kita simak dengan baik isi dari hadits di atas, kita jadi paham bahwa hari Senin dan Kamis merupakan hari yang amat spesial bagi Allah SWT. Mengapa? Hal ini karena pada pada hari Senin dan Kamis Allah membukakan pintu surga-Nya. Kemudian di hari itu Allah menurunkan segala kebaikan-Nya kepada hamba-Nya yang menjauhi kesyirikan dan perseteruan. 

Niat puasa senin kamis
(Liputan 6)

Selain itu, Allah juga menyukai hamba-Nya yang beramal baik di hari Senin dan Kamis. Ini karena puasa Senin Kamis adalah salah satu sunnah dari Rasulullah SAW dan merupakan amalan baik. Allah pun menyukai ibadah yang telah disunnahkan oleh Rasulullah dan Allah menyukai jika kita bisa mencontoh sunnah Rasul. 

Ada satu lagi nih yang menjelaskan bahwa salah satu dari Senin dan Kamis merupakan momen spesial Rasulullah. Ingin tahu hari apakah itu dan mengapa? Jawabannya ada di hadits berikut. 

“Hari Senin adalah hari aku dilahirkan, hari aku diutus atau diturunkannya wahyu untukku.” (HR. Muslim)

Dari hadits di atas, kita jadi tahu bahwa ternyata hari Senin merupakan hari ketika nabi kita dilahirkan di bumi ini dan juga hari ketika ia diutus menjadi seorang rasul. Jadi, dengan berpuasa Senin-Kamis, kita sama dengan mengingat momentum penting Nabi Muhammad SAW. 

Masya Allah. Pins, ada begitu banyak keutamaan dari melaksanakan ibadah puasa Senin-Kamis, di antaranya ialah: 

  • Mencontoh Rasulullah SAW
  • Salah satu hari yang spesial di mata Allah dan juga Rasul
  • Mengingat salah satu momentum Nabi Muhammad SAW

Nah, karena kita sudah memahami keutamaannya, yuk selanjutnya kita pahami dan hafalkan bacaan niat puasa Senin Kamis. 

Bacaan Niat Puasa Senin Kamis 

Niat puasa senin kamis
(AloDokter)

Ada dua bacaan niat puasa ini, yaitu doa niat puasa Senin dan doa niat puasa Kamis. Kamu bisa melafalkannya sesuai dengan hari di waktu kamu akan berpuasa. Lalu seperti apa bacaan niat puasa Senin Kamis? Yuk simak di bawah ini. 

Bacaan Niat Puasa Senin 

Niat ini bisa kamu ucapkan kita akan berpuasa di hari Senin. 

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِ ثْنَيْنِ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitu sauma yaumal itsnaini sunnatan lillahi ta’ala

Artinya : “Saya niat puasa hari Senin, Sunnah karena Allah Ta’ala”

Jika akan menjalankan puasa hari Kamis, niatnya seperti ini. Yuk simak doa niat berikut. 

Bacaan Niat Puasa Kamis

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitu sauma yaumal khomiisi sunnatan lillahi ta’ala

Artinya : “Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah Ta’ala”

Doa Buka Puasa Sunnah Senin Kamis

Jika sudah membaca niatnya, jangan lupa juga untuk berdoa ketika berbuka puasa. Kamu bisa membaca doa ini di kala berbuka. 

اَللّٰهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوْقُ وَثَبَتَ اْلأَجْرُ إِنْ شَاءَاللهُ

Allahumma laka sumtu wa ‘alaa rizkqika aftartu, dzahabazh zhoma-u wabtallatil ‘uruuqu watsabatal ajru, insya Allah

Artinya: “Ya Allah hanya untuk-Mu aku berpuasa dengan  rezki-Mu aku berbuka. Telah sirna dahaga, urat-urat telah basah, pahala telah tetap insya Allah Ta’ala”

Akhirnya Pins sudah tahu kan niat puasa Senin Kamis? Bacaannya cukup singkat, jadi masih mudah dihafal. Selain itu, Pins juga jadi lebih paham tentang keutamaan puasa sunnah ini. Insya Allah dengan mengamalkannya, kita akan mendapatkan balasan dan berkah dari Allah SWT. Semoga kita juga bisa mencontoh amalan sunnah Rasulullah SAW dan menjadikan beliau sebagai panutan sejati, Aamiin. Hamasah! Semangat melakukan puasa sunnahnya ya! 


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Tiara

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel