Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Nama Usaha untuk Rumah Makan yang Nggak Ada Matinya

Nama Usaha untuk Rumah Makan yang Nggak Ada Matinya

Dipublikasikan oleh Nur Afika Cahya ∙ 15 May 2021 ∙ 11 menit membaca

Salah satu usaha yang paling menjanjikan di Indonesia adalah usaha rumah makan, mengingat sebagian besar masyarakat Indonesia memiliki hobi kuliner.

Kalau tertarik untuk membuka usaha ini, hal penting yang tidak boleh dilupakan adalah nama usaha untuk rumah makan tersebut.

Biasanya orang yang baru memulai usaha ini akan fokus pada jenis menu yang akan dijual serta deretan harga yang sekiranya ditawarkan.

Padahal, pemilihan nama usaha rumah makan serta konsep yang sesuai nama tersebut sangat berpengaruh terhadap tingginya minat konsumen.

Apa Itu Usaha?

Meskipun sudah mulai sadar akan pentingnya sebuah nama dalam usaha, Anda juga nggak boleh serta-merta membuat nama yang disukai dan mengabaikan makna usaha itu sendiri.

Jangan-jangan apa yang Anda pikir usaha hanya sebuah angan-angan belaka tanpa aktivitas nyata.

Pastikan dulu bahwa apa yang direncanakan itu benar-benar usaha yang sesuai dengan makna aslinya.

Dilihat dari makna katanya melalui Kamus Besar Bahasa Indonesia, usaha memiliki 2 arti penting. Pertama, usaha diartikan sebagai kegiatan yang menggunakan tenaga dan pikiran untuk mencapai tujuan tertentu.

Kedua, usaha didefinisikan sebagai kegiatan dalam hal perdagangan untuk mencari keuntungan. Makna yang kedua inilah yang paling cocok dengan usaha yang akan saya bahas nantinya.

Dari dua definisi yang dijabarkan dalam kamus tadi, ada beberapa poin yang bisa diambil terkait usaha. Di antaranya adalah pengorbanan tenaga dan pikiran, perdagangan, serta tujuan keuntungan yang ingin dicapai.

Pemilihan nama dalam usaha rumah makan ini termasuk dalam poin pengorbanan pikiran untuk mencapai tujuan.

Tips Memilih Nama Usaha Rumah Makan

Ide Nama Usaha Unik Untuk Toko Kios Offline

Selanjutnya masuk pada tahap pemilihan nama yang tepat untuk usaha restoran atau rumah makan. Pemilihan nama yang bagus itu sebenarnya mudah kok.

Cuma butuh kecerdasan dalam memadukan beberapa kata bermakna menjadi lebih singkat dan menarik.

Biar nggak pusing, langsung saja simak beberapa tips memilih nama usaha rumah makan yang bagus berikut ini.

  1. Gunakan Nama yang Mudah Diingat

Nama yang mudah diingat pastinya nggak ribet dan sulit dilafalkan ya. Cukup gunakan kata sederhana yang mudah diingat dan diucapkan banyak orang.

Kalaupun ingin membuka usaha rumah makan dari negara asing, penggunaan bahasa asing bisa disederhanakan dalam ejaan bahasan Indonesia.

  1. Pastikan Nama Rumah Makan Memiliki Makna yang Baik

Banyak loh orang yang menggunakan nama rumah makan asal-asalan yang penting unik. Padahal nama yang memiliki arti buruk bisa mempengaruhi kemajuan usahanya ke depan loh.

Kan nama juga termasuk doa yang akan disebut-sebut banyak orang.

Misalnya mi kuntilanak, bakso setan, warung hantu, dan masih banyak lagi. Tetap gunakan nama yang memiliki arti baik ya. Minimal saat kesulitan, bisa pakai nama anak atau tokoh tertentu.

  1. Gunakan Nama yang Unik dan Belum Pernah Dipakai

Terkadang nama yang sudah kita buat susah payah, ternyata ada yang menyamai. Ini tentu menjadi hal yang menjengkelkan dan membuat orang tetap menggunakannya dibandingkan harus mengulang membuat nama.

Jika ini terjadi, Anda tetap harus bersabar dan mengganti namanya ya. Kalau namanya sama, bisa menimbulkan banyak kerugian loh. Baik dari segi pemasaran, citra baik, serta kualitas rumah makan.

  1. Sesuaikan Nama dengan Konsep Rumah Makan

Nah, konsep rumah makan yang ingin dibuat juga bisa diselipkan pada namanya loh. Peletakan konsep pada nama restoran ini bisa berperan sebagai marketing tidak langsung.

Misanya konsepnya adalah romantis, bisa menggunakan nama Romantic Resto.

Secara otomatis publik tahu bahwa konsep dalam restoran adalah romantis, sehingga konsumennya bisa tepat sasaran.

  1. Gunakan Nama Lokasi Rumah Makan Sebagai Pertimbangan

Nama lokasi juga bisa dipertimbangkan untuk menciptakan nama rumah makan yang unik. Hal ini akan mempermudah calon konsumen untuk mengenal restoran yang dibuat.

Bahkan banyak rumah makan yang menggunakan nama lokasi dijadikan patokan saat mencari alamat.

Tapi pastikan lokasinya strategis dan tidak banyak warung di sana. Misalnya letaknya dekat dengan perempatan jalan Sunan Giri, maka nama rumah makannya bisa Warung Nikmat Sunan Giri.

  1. Sederhanakan Nama Rumah Makan

Tips sekaligus tahap terakhir adalah menyederhanakan nama rumah makan agar mudah diucapkan dan diingat.

Pada tahap ini, Anda juga bisa memajang beberapa nama alternatif yang ingin digunakan.

Kemudian sederhanakan biar nggak kepanjangan. Istilah gampangnya, harus ada proses editing dari nama-nama yang sudah dipilih.

Manfaat Menggunakan Nama Usaha Warung Makan

Rekomendasi Nama Usaha yang Unik

Penggunaan nama usaha pada rumah makan yang dibuat tentu memiliki manfaat. Walaupun rumah makan hanya berupa angkringan kecil, tetap harus memiliki nama yang baik  dan unik. Beberapa manfaat tersebut adalah :

  1. Mempermudah Proses Pemasaran

Untuk memasarkan usaha melalui online ataupun secara langsung, tentu harus ada nama yang bisa menjadi identitasnya.

Bayangkan saat ingin mempromosikan rumah makan tapi nggak ada namanya, orang mengira Anda cuma omong kosong belaka.

  1. Mudah Diingat Konsumen

Semua rumah makan pasti menggunakan nama yang unik agar mudah diingat. Penggunaan nama ini bisa membantu konsumen untuk mengingat rasa dan hidangan rumah makan yang dikelola.

  1. Membedakannya dengan Rumah Makan Lain

Nama juga bisa membantu konsumen untuk membedakan rumah makan yang satu dengan yang lain. Walaupun konsepnya sama, tetapi jika namanya berbeda pasti ada daya tarik tersendiri dari salah satu restoran.

  1. Membantu Konsumen Merekomendasikan pada Orang Lain

Walaupun makanan yang dihidangkan enak, apabila tidak ada namanya tentu orang akan kesulitan mengingat dan merekomendasikan pada orang lain.

Jadi, penggunaan nama usaha ini sangat membantu proses pemasaran tidak langsung dari konsumen.

Nama Tempat Usaha Makanan yang Bagus

Nama tempat usaha makanan bisa dikatakan bagus dari segi bisnis apabila namanya mudah diingat. Tetapi dari segi makna dan harapan yang ada di dalamnya, tentu nama yang bagus itu harus punya makna yang baik juga.

Khusus untuk usaha rumah makan, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi dalam menentukan namanya, yaitu :

  • Nama mudah diingat dan diucapkan.
  • Nama mengandung arti yang baik.
  • Nama sesuai dengan jenis menu makanan yang dijual.

Contoh Nama Unik untuk Usaha Rumah Makan

Contoh Nama Unik untuk Usaha Rumah Makan

Bagi yang masih bingung dan kehilangan ide dalam menentukan nama rumah makan, ada beberapa contoh nama yang bisa ditiru atau dimodifikasi kembali sebelum digunakan. Berikut beberapa contoh nama unik untuk rumah makan sesuai konsepnya.

1. Nama Usaha Rumah Makan Kekinian

Mencari inspirasi nama untuk rumah makan kekinian sebenarnya lebih mudah dibandingkan yang lain. Seseorang cukup update dengan segala sesuatu yang sedang viral dan mengambil nama rumah makan dari hal tersebut.

Tapi tetap harus difilter terlebih dahulu, apakah hal yang viral itu positif atau negatif. Misalnya hal yang lagi viral itu ngepreng orang.

Nah jangan langsung buat nama rumah makan nge preng. Bisa disaring dulu atau dimodifikasi jadi Rumah Makan Anti Ngepreng.

Kalau masih bingung juga, beberapa contoh di bawah ini bisa menjadi bahan rujukan.

  • Rezpecto Resto.
  • Delicious Resto.
  • Koslich Cafe and Resto.
  • Rumah Makan Eco.
  • Warung Milenial.
  • Warung Gak Salah Pilih.
  • Rumah Makan Papa Brendy.
  • Rumah Makan Bebas Galau
  • Rumah Makan Anti Bosen
  • Warung Makan Asik

2. Nama Usaha Rumah Makan Islami

Berbeda dengan nama rumah makan lainnya, konsep islami harus menggunakan nama yang lebih religius dan memiliki makna baik.

Bahkan apabila menggunakan lafal Arab, harus berhati-hati menulis ejaan nama agar tidak sampai salah makna.

Apalagi bahasa Arab rentan sekali dengan pelafalan yang mirip. Salah pelafalan satu huruf saja artinya bisa saling bertentangan.

Daripada malah menjadi bahan sorotan karena salah menulis lafal islami pada rumah makan, mending pakai nama-nama tokoh islam yang punya arti baik.

Contoh nama rumah makan islami yang bisa dipakai di antaranya :

  • Rumah Makan Abbas
  • Rumah Makan Bismillah.
  • Warung Makan Barokah.
  • Rumah Makan Madinah.
  • Rumah Makan Fatimah.
  • Rumah Makan Alhamdulillah.
  • Rumah Makan Al Maidah.
  • Warung Toyyibah.
  • Rumah Makan Karomah.
  • Warung Makan Abdullah.
  • Rumah Makan Wahid.

3. Nama Usaha Rumah Makan Tradisional

Nama Usaha Rumah Makan Tradisional

Berbanding terbalik dengan rumah makan kekinian, pada rumah makan tradisional harus bersifat lebih kedaerahan dan ramah dengan masyarakat pelosok.

Penggunaan nama rumah makan tradisional ini biasanya untuk warung yang menu makanannya sangat klasik dan asli masakan desa.

Bisa juga digunakan pada jenis restoran yang menggunakan konsep dan menu asli Indonesia. Seperti gudeg, rawon, tahu combro dan sebagainya.

Biar nama rumah makan ini lebih tepat sasaran, maka harus dibuat lebih kuno dan terkesan seperti zaman dahulu.

Di bawah ini ada beberapa contoh nama rumah makan tradisional yang cocok untuk rumah makan dengan konsep masakan Indonesia asli.

  • Waroeng Noesantara.
  • Rumah Masakan Nenek.
  • Rumah Makan Mbah Jono.
  • Depot Jowo.
  • Sego Pecel Pak Dirgo.
  • Depot Cak Brewok.
  • Warung Ratu Ayu.
  • Warung Enak Tenan.
  • Rumah Makan Aseli Indonesia.
  • Warung Pojok Sudiro Husodo

4. Nama Usaha Rumah Makan Ala Korea

Untuk membuat nama pada rumah makan berkonsep Korea, nggak ada jalan lain selain memakai bahasa Korea sebagai nama restorannya. Bisa juga menggunakan nama-nama marga orang Korea biar lebih mudah.

Namun, kalau tetap ingin menonjolkan bahasa pada rumah makan Korea yang dibuat, bisa saja langsung menulis nama Rumah Makan Korea. Tapi pastinya nama ini kurang unik dan sudah banyak digunakan di berbagai wilayah.

Daripada pusing dan nggak mendapat inspirasi, perhatikan beberapa rekomendasi nama rumah makan Korea di bawah ini. Nama-nama yang sudah ada bisa dicontoh atau ditambah dengan nama buatan sendiri.

  • Tamnig Resto.
  • King Korean Resto
  • Kim Cafe and Resto
  • Masitta Resto.
  • Mepita Resto.
  • Haengbok Resto.
  • Sig Yog Resto.

5. Nama Usaha Rumah Makan Ala Jepang

Nama Usaha Rumah Makan Ala Jepang

Sama dengan rumah makan Ala Korea, untuk tempat makan khas Jepang juga harus menggunakan bahasa Jepang sebagai namanya. Tentunya harus diimbangi juga dengan suasana rumah makan yang klasik khas daerah Jepang.

Tapi ingat ya, beberapa ejaan bahasa Jepang yang sulit dilafalkan lidah Indonesia, bisa langsung diubah menggunakan lafal Indonesia yang lebih mudah.

Biar nggak sampai mengubah artinya, pada bagian atas atau bagian bawah restoran bisa ditulis nama restorannya menggunakan huruf Jepang.

Contoh nama rumah makan khas Jepang di antaranya :

  • Tabemono Resto.
  • Rumah Makan Anime.
  • Rumah Makan Oishi.
  • Umai Resto.
  • Attatakai Resto.
  • Tsumetai Resto.
  • Sugoi Japanes Resto.
  • Kedai Naruto.
  • Rumah Makan Sasuke.

6. Nama Usaha Rumah Makan Khas Timur Tengah

Walaupun makanan timur tengah sangat tinggi lemak dan kalori, nyatanya di Indonesia banyak yang suka dengan makanan di daerah ini.

Biasanya rumah makan khas timur tengah dikunjungi oleh kalangan elite karena kisaran harganya yang mahal.

Bagi yang tertarik ingin membuat rumah makan khas timur tengah, nggak harus menggunakan nama dari bahasa di daerah tersebut.

Bisa juga memakai bahasa Inggris agar lebih netral dan mudah dikenal. Beberapa nama yang cukup recomended untuk dicoba yaitu :

  • Middle East Restaurant.
  • Arabic Resto.
  • Rumah Makan Al Kiswah.
  • Hidangan Al Jazeerah.
  • Kebab Resto.
  • Warung Makan Nasi Kebuli.

7. Nama Usaha Rumah Makan yang Berkah

Contoh Nama Usaha Rumah Makan yang Berkah

Untuk kalangan yang baru memulai usaha membuat rumah makan dengan konsep sederhana, maka pemilihan namanya harus yang bisa mendatangkan berkah.

Tentunya nama tersebut mengandung makna yang sangat dalam dan penuh doa kebaikan.

Biasanya para pemula menggunakan nama rumah makan dari nama anaknya. Tujuannya agar rezeki anaknya bisa membawa keberkahan untuk warung yang dibuat.

Cara ini boleh saja digunakan, bahkan bisa menjadi jalan yang paling mudah dalam memilih nama rumah makan berkah.

Tapi ada banyak inspirasi lain yang tentunya bisa digunakan jika tidak ingin memakai nama anak atau istri sebagai label rumah makan. Beberapa contohnya bisa dilihat di bawah ini.

  • Warung Penuh Barokah.
  • Rumah Makan Ahmad.
  • Rumah Makan Aisyah.
  • Warung Lestari.
  • Warung Hasanah.
  • Rumah Makan Kamilah.
  • Warung Al Bassamah.
  • Rumah Makan Hj Fatimah.
  • Rumah Makan Mabrur.

8. Nama Usaha Rumah Makan Pedas

Rumah makan yang menyajikan menu pedas biasanya jumlahnya masih terbatas. Kalaupun ada, menu yang disajikan lebih fokus pada beberapa menu saja. Misalnya ceker balado, mi ayam, atau bakso.

Tapi nggak ada salahnya bila ingin buka usaha yang lebih kreatif dengan menyajikan menu yang lebih lengkap dengan rasa pedas.

Tapi rumah makan ini tentunya memiliki pangsa pasar yang lebih sempit karena hanya tertuju pada masyarakat yang suka makanan pedas saja.

Beberapa contoh nama rumah makan pedas adalah :

  • Warung Super Pedas.
  • Rumah Makan Hot Ngiler.
  • Angkringan Pedas.
  • Rumah Makan Ndower.
  • Depot Spicy.
  • Pondok Makan Cabe.
  • Area Pedas.

9. Nama Usaha Rumah Makan Padang

Rumah makan yang satu ini bisa ditemukan hampir di seluruh daerah. Makanan khas Padang memang selalu menjadi favorit sebagian besar masyarakat Indonesia karena menggunakan bumbu yang lengkap.

Meskipun beberapa rumah makan Padang ada yang nggak pakai nama, namun demi meningkatkan kualitas usaha, tentu lebih bagus jika di bawah tulisan Rumah Makan Padang ditulis nama sebagai ciri khasnya.

Penggunaan nama rumah makan Padang bisa menggunakan bahasa Sumatera Barat atau cukup dengan bahasa Indonesia, contohnya sebagai berikut.

  • Rumah Makan Padang Boenda.
  • Rumah Makan Padang Tambuah Ciek.
  • Rumah Makan Padang Rancak Bana.
  • Rumah Makan Padang Uni.
  • Rumah Makan Padang Rantau.
  • Rumah Makan Padang Mantovani.
  • Rumah Makan Padang Sutan.

11. Nama Rumah Makan Pembawa Hoki

Rumah makan pembawa hoki merupakan salah satu nama yang banyak dicari oleh kalang pembisnis.

Karena nama usaha pembawa hoki memiliki makna dan arti yang dapat manarik perhatiaan banyak orang.

Sehingga dari nama tersebut dapat membawa usaha kita mudah dikenal dan dapat berkembang sesuai keingin yang sudah ditentukan.

Adapaun nama-nama usaha pembawa hoki adalah sebagai berikut ini.

  • Rumah Makan Sudi Mampir
  • Ayam Goreng Berkah
  • Rumah Depot 88
  • Rumah Makan Amanah
  • Rumah Makan Berkah Inayah
  • Rumah Makan Halallan Tayyiban
  • Rumah Makan Super Spesial
  • Rumah Makan Al Razaak
  • Rumah Makan Al Fazza
  • Rumah Makan Perko
  • Rumah Makan Lumintu
  • Rumah Makan Bulik

Beberapa contoh nama usaha untuk rumah makan di atas bisa Anda terapkan pada bisnis yang mau dikelola.

Biar lebih kreatif, bisa juga bikin nama sendiri menggunakan tips pembuatan nama rumah makan yang benar. Selanjutnya dipadukan dengan salah satu dari contoh di atas.

Boleh Copas, Wajib Terakan Sumber !!!

Tags :

Bagikan Artikel