Pinhome

Travel & Kuliner

Nama Makanan Khas Indonesia Beserta Daerah Asalnya

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 25 March 2021 ∙ 5 menit membaca

Indonesia terkenal dengan ragam kuliner yang lezat. Bahkan salah satu makanan khas Indonesia digadang-gadang sedang diajukan untuk menjadi warisan dunia yaitu rendang. 

Pinhome – Makanan khas Indonesia mempunyai cita rasa yang khas. Hal ini karena penggunaan bumbu rempah yang beragam sehingga menimbulkan rasa yang kaya, mulai dari rasa asin, manis, asam, pahit, dan gurih. 

Sebut saja bawang merah, cabai, kunyit, jahe, lengkuas, pala, bawang putih, kemiri dan asam jawa adalah segelintir contoh rempah yang umum digunakan dalam memasak makanan khas Indonesia.

Nah, kira-kira apa saja ya contoh nama makanan khas Indonesia beserta daerah asalnya yang menjadi favorit Pins? Yuk baca beberapa makanan khas Indonesia berikut!

Pempek (Sumatera Selatan)

(IDN Times)

Siapa yang tidak kenal makanan khas palembang dari tepung yang bercampur dengan ikan, yaitu pempek?

Yap, makanan ini mempunyai popularitas yang sudah terkenal di penjuru Indonesia. Makanan ini biasanya akan disajikan bersama cuko berwarna hitam yang pedas. Bahkan, masyarakat Sumatera Selatan ada yang mengkonsumsi pempek dan cuko sebagai menu untuk sarapan.

Cita rasa kuah cuko yang kuat karena terbuat dari rempah Indonesia seperti cabe dan asam jawa, memberikan sensasi nikmat saat menjadi pendamping pempek. 

Pempek mempunyai berbagai variasi isi dan bentuk. Mulai dari pempek kapal selam yang berisi telur, lalu ada pempek panggang, dan bahkan pempek rebus. Jika Pins berkunjung ke Sumatera Selatan atau ke kota Palembang, Pins wajib untuk makan pempek.

Ayam Betutu (Bali)

(DetikFood)

Siapa yang sudah kangen ingin segera main ke Bali? Wah sama berarti, karena MinPin juga sudah rindu Bali.

Salah satu makanan khas Bali yang terkenal adalah ayam betutu. Sajian daging ayam yang dibalut dengan rasa pedas ini akan membuat Pins makin nafsu makan. 

Ayam betutu sangat cocok menjadi santapan makan siang atau makan malam. Pins bisa menyantapnya dengan nasi hangat.

Rendang (Sumatera Barat)

(Liputan 6)

Pins, siapa sih yang belum pernah makan rendang khas Sumatera Barat? Pasti sudah pernah semua ya. Seperti yang Pins tahu, hampir di berbagai daerah di Indonesia mempunyai warung nasi padang.

Salah satu menu yang dijual di warung nasi padang adalah rendang. Potongan daging yang kenyal dan lembut dibalut saus bumbu sehingga memberikan cita rasa rempah yang nikmat.

Daging yang digunakan biasanya daging sapi. Rendang sangat sering disajikan bersama nasi, maka seringkali kita mendengar nasi padang pakai rendang.

Rendang pun sudah tenar di seluruh dunia. Popularitas rendang semakin mendunia sejak salah satu juri MasterChef UK, John Torode, pernah mengkritik salah satu masakan peserta MasterChef dari Malaysia, Zaleha Olpin yang memasak rendang.

John mengomentari mengapa rendang buatan Zaleha tidak krispi seperti kulit ayam goreng? Setelah itu Zaleha harus rela pulang tereliminasi dari kontes masak dunia tersebut. Padahal memang aslinya rendang tidak krispi. 

Sontak, John malah mendapat cibiran dan kritikan dari seluruh warganet Indonesia, Malaysia dan Singapura yang mempunyai budaya serumpun.

Nasi Gudeg (Yogyakarta)

(Annafood Catering Jogja)

Gudeg adalah salah satu makanan tradisional khas Indonesia dari Yogyakarta. Gudeg terkenal dengan campuran rasa manis dan pedas di saat yang bersamaan. 

Gudeg biasanya disajikan dengan komposisi nasi putih, telur atau ayam dan krecek. Biasanya ada juga konsumen yang menambahkan cabe atau sambal untuk menambah rasa pedas pada Gudeg.

Kalau Pins main ke Yogyakarta, jangan lupa untuk mampir untuk menyantap nasi gudeg ya Pins. 

Papeda (Papua Barat)

Makanan Khas Indonesia
Wikipedia

Papeda merupakan makanan khas Papua Barat yang terdiri dari bubur sagu khas Maluku dan Papua. Biasanya Papeda disajikan dengan ikan tongkol atau mubara yang dibumbui dengan kunyit.

Papeda juga bisa dikombinasikan dengan ikan gabus, kakap merah, bubara, hingga ikan kue. 

Selain disantap bersama kuah kuning dan ikan, bubur papeda juga bisa dinikmati bersama dengan sayur ganemo dari daun melinjo muda. Sayur ganemo ini biasanya menggunakan melinjo, cabe dan bunga pepaya.

Soto Banjar (Kalimantan)

Makanan Khas Indonesia
(Rencana Kuliner)

Soto menjadi salah satu primadona makanan berkuah di Indonesia. Cita rasa kuah soto yang nikmat menjadi poin penting bagi makanan berkuah ini.

Di Indonesia sendiri banyak jenis soto, mulai dari soto banjar khas Kalimantan, soto betawi dari Jakarta, soto lamongan khas Jawa Timur, soto kudus khas Kudus Jawa Tengah dan lain-lain.

Soto Banjar memiliki aroma harum rempah-rempah seperti kayu manis, biji pala, dan cengkeh. 

Pembuatan kuah soto banjar juga bisa menggunakan campuran susu sehingga warna kuahnya menjadi sedikit keruh. Biasanya soto Banjar menggunakan telur rebus dan perkedel sebagai pelengkap, tak lupa juga jeruk nipis sebagai penyegar soto.

Choi Pan (Kalimantan)

Makanan Khas Indonesia
Resep Masakan Rumahan

Pernah menonton film Aruna dan Lidahnya? Yap, kalo Pins sudah pernah menonton film yang dibintangi Dian Sastrowardoyo, Oka Antara, Nicholas Saputra dan Hannah Al Rashid tersebut, maka Pins pasti familiar dengan makanan ini.

Choi Pan adalah makanan khas Kalimantan yang dipengaruhi oleh budaya Tiongkok. Kalau Pins melihat sepintas bentuknya sedikit mirip dengan pastel atau kroket. Namun,  cara pengolahan choi pan tentu sangat berbeda. 

Pastel dan kroket identik dengan digoreng, sementara choi pan dikukus terlebih dahulu.

Campor Lorjuk (Madura)

Makanan Khas Indonesia
(Taberita.com)

Salah satu makanan khas Indonesia yang juga muncul di film Aruna dan Lidahnya adalah Campor Lorjuk.

Mungkin untuk sebagian orang makanan ini masih asing, namun siapa sangka ternyata Campor Lorjuk sudah lama menjadi makanan khas Indonesia dari Madura.

Lorjuk sebenarnya adalah karang laut bercangkang yang panjang tubuhnya sekitar 3 cm. 

Di Madura, Lorjuk diolah untuk menjadi pepes. Air hasil rebusan Lorjuk diolah menjadi petis. 

Lorjuk hanya bisa dicari di balik batu dan pasir dasar laut yang surut yang hanya berlangsung dua hingga tiga jam.

Kalau Pins main ke Madura, jangan lupa makan Campor Lorjuk ya!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel