BlogPembeli Properti PemulaPanduan Beli PropertiNabung Buat Beli Rumah atau Travelling? Ini Jawabannya!
0
0

Nabung Buat Beli Rumah atau Travelling? Ini Jawabannya!

Dipublikasikan oleh Nabila Azmi dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Jun 8, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
nabung buat beli rumahtop-right-banner

#MulaidariSekarangPunya rumah sendiri dan travelling menjelajahi tempat yang menarik adalah dua impian di benak banyak orang. Sayangnya, Pins mungkin sering berhadapan dengan pilihan antara nabung buat beli rumah atau travelling. 

Pada dasarnya kedua pilihan tersebut bisa dilakukan dalam waktu bersamaan. Pins mungkin bisa membeli rumah dengan program cicilan KPR sekaligus menabung untuk travelling. Walau begitu, kamu perlu memahami dahulu mana yang menjadi prioritas. Ini hal-hal yang perlu dipertimbangkan!

Nabung buat beli rumah

Menabung adalah kebiasaan keuangan yang sangat penting. Tanpa menabung, Pins mungkin akan sulit mencapai tujuan keuangan jangka panjang. Contohnya, membeli rumah di Jakarta Selatan, seperti Vasa Jagakarsa, maupun sekadar berlibur. 

Selain itu, menabung membantu mengumpulkan dana secara konsisten sehingga bisa Pins gunakan untuk keperluan masa depan. Jika memilih untuk nabung buat beli rumah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. 

Baca juga: Cara Menabung 10 Juta dalam 3 Bulan, Apa Bisa?

Keuntungan beli rumah

nabung buat beli rumah
Source : Pexels

Ada banyak keuntungan dari beli rumah yang tentu tidak bisa diabaikan. Pertama, memiliki rumah sendiri memberikan kestabilan dan keamanan finansial. 

Pins tidak perlu khawatir tentang kenaikan harga sewa atau pemindahan yang tidak diinginkan. Selain itu, kamu bisa mendapatkan keuntungan di masa depan dari rumah. 

Tantangan membeli rumah

Pins memang bisa mendapatkan banyak keuntungan ketika berhasil nabung buat beli rumah. Walau begitu, kamu akan menghadapi beragam tantangan untuk mencapainya. Misalnya, biaya pembelian rumah membutuhkan dana yang besar dan memerlukan kematangan dalam persiapan keuangan.

Kamu mungkin perlu mempertimbangkan cicilan KPR yang bisa dihitung di Simulasi KPR di Pinhome. Tidak hanya itu, Pins perlu memasukkan biaya perawatan dan pemeliharaan rumah dalam rencana tabungan untuk beli rumah.  

Beli rumah sebagai investasi

Selain sebagai tempat tinggal, rumah bisa dijadikan investasi. Jika membeli rumah dengan bijaksana dan di lokasi strategis, nilai properti tersebut dapat meningkat seiring berjalannya waktu. Ini bisa menjadi sumber keuntungan finansial di masa depan.

Baca juga: Stop Boros! Inilah 7 Tips Menabung Uang yang Mudah dan Praktis!

Nabung untuk travelling

Source : Pexels

Bila rumah adalah kebutuhan primer karena menjadi tempat tinggal Pins dengan keluarga, tidak dengan travelling. Meski begitu, travelling tentu memberikan beragam keuntungan yang berpengaruh besar terhadap kehidupan Pins. 

Manfaat travelling

Travelling adalah pengalaman hidup yang tak terlupakan. Dengan melakukan perjalanan, kamu dapat mengeksplorasi budaya baru, menikmati pemandangan indah, dan menghilangkan stres sejenak. Perjalanan juga memberikan peluang untuk bertemu orang baru dan memperluas wawasan. 

Tantangan nabung untuk travelling

Sama seperti memilih antara nabung beli rumah atau travelling, ada beberapa tantangan perlu dihadapi. Biaya travelling, terutama untuk perjalanan ke luar negeri bisa menjadi kendala. 

Pins juga perlu meluangkan waktu. Jika memiliki keterbatasan waktu atau tanggung jawab lain, tentu akan sulit menyesuaikan jadwal travelling dengan pekerjaan, bukan?

Travelling sebagai investasi

Meskipun tidak seperti investasi properti, travelling juga bisa dianggap sebagai investasi dalam pengalaman hidup. Misalnya, pemahaman budaya dan perspektif yang lebih luas ketika melihat bagian lain dari dunia.

Baca juga: Cara Menabung Beli Rumah Tanpa KPR

Memilih antara nabung buat beli rumah atau travelling

Bila melihat dari tantangan dan keuntungannya, nabung beli rumah atau travelling memang punya keunikan masing-masing. Itu sebabnya, ada beberapa tips yang bisa kamu coba ketika dilema menghadapi dua pilihan ini. 

Menentukan prioritas

Source : Pexels

Ketika memilih antara nabung untuk membeli rumah atau untuk berlibur, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan prioritas pribadi. 

Apa yang lebih penting bagi Pins saat ini, punya rumah atau melakukan perjalanan? Setiap orang memiliki kebutuhan dan tujuan yang berbeda, jadi sangat penting untuk memahami prioritas diri sendiri.

Merencanakan nabung

Setelah menentukan prioritas, langkah selanjutnya adalah merencanakan menabung. Tentukan berapa banyak uang yang dapat kamu sisihkan setiap bulan untuk mencapai tujuan tersebut. 

Buat anggaran yang realistis dan disiplin dalam mengikuti rencana tersebut. Menabung secara teratur adalah kunci untuk mencapai tujuan keuangan, entah itu membeli rumah ataupun berlibur. 

Strategi nabung untuk rumah

Jika membeli rumah adalah prioritas utama, Pins perlu mengadopsi strategi menabung untuk rumah yang sesuai. Cari tahu berapa banyak uang yang dibutuhkan untuk membayar uang muka (DP) dan cicilan bulanan rumah yang diinginkan. 

Pins juga bisa mempertimbangkan alternatif lain, contohnya memilih instrumen investasi. Bila perlu, kamu dapat mengurangi pengeluaran untuk mempercepat proses menabung. 

Strategi nabung untuk travelling

Bagi Pins yang memprioritaskan travelling, strategi menabung yang perlu diterapkan tentu akan berbeda. Kamu bisa mulai membuat estimasi biaya perjalanan yang diinginkan, mulai dari tiket pesawat sampai aktivitas di sana. 

Usahakan menabung dengan jumlah tertentu setiap bulan dan cari cara untuk menghemat pengeluaran sehari-hari. Dengan begitu, Pins bisa mencapai tujuan menabung untuk berlibur dengan lebih efektif. 

Nabung buat beli rumah atau travelling adalah pilihan yang harus dipertimbangkan secara matang. Penting untuk menentukan prioritas pribadi dan merencanakan dengan baik. 

Hal ini berlaku ketika Pins ingin melakukan salah satu atau keduanya sekaligus. Sebagai individu, kamu dapat memilih sesuai dengan tujuan dan nilai-nilai pribadi. Ingatlah bahwa menabung secara konsisten dan disiplin adalah kunci untuk mencapai tujuan keuangan, ya!

Baca juga: 5 Cara Mendapatkan Uang 100 Juta Pertama di Usia 25 Tahun


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download