Motif Batik Indonesia yang Populer dari Berbagai Daerah

Dipublikasikan oleh Annisa Hapsari ∙ 3 September 2021 ∙ 5 menit membaca

Motif batik Indonesia bukanlah sembarangan gambar yang ditorehkan di atas kain. Baik batik tulis maupun batik cap memang memiliki motif yang berbeda dan beragam, Pins. Bukan hanya teknik pembuatannya saja yang beragam, motif-motif batik di berbagai daerah di Indonesia memang berbeda dan memiliki ciri khas tersendiri.

Pinhome –  Estetika motif batik Indonesia bukan hanya sedap dipandang. Sebagai warga Indonesia mengenakan batik tentu akan membawa kebanggaan tersendiri. Pasalnya, batik sudah diakui oleh dunia Internasional. Sebagai pengingat, tanggal 21 Oktober di setiap tahunnya juga diperingati sebagai Hari Batik Nasional.

Meski motif batik terlihat klasik, kini kain kebanggan Indonesia ini bisa dipadupadankan dengan pakaian sehari-hari. Bukan cuma sekadar seragam sekolah atau seragam kantor, kini banyak kalangan anak muda yang mulai bangga berkain. Di sinilah kreativitas bisa dimainkan, sehingga batik semakin dekat dengan kawula muda.

Untuk bisa memiliki selembar kain indah motif batik ini juga tergolong mudah. Pins bisa menyambangi pusat perbelanjaan atau butik yang menjual khusus batik. Di sana, kamu akan disuguhkan dengan motif motif batik yang indah dan berwarna-warni.

Jika kamu mempunyai ide untuk membuat desain pakaian tersendiri, kamu dapat membeli kain motif batik yang bisa dikreasikan sendiri. Soal harga jangan ditanya, harga kain batik di pasaran sangat bervariasi. Untuk batik cap sendiri memang dibanderol dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan batik tulis.

Terlepas dari harganya, siapa sangka di balik motif batik yang banyak dijual di pasaran memiliki makna masing-masing dengan filosofi mendalam. Nah, berikut Pinhome rangkum motif motif batik di berbagai daerah Indonesia beserta maknanya.

Motif-Motif Batik

Pins bisa mengenal motif-motif batik dari daerah Jawa Tengah, Yogyakarta, Pekalongan, dan sekitarnya sebagai berikut:

Motif Batik Kawung

(gpswisataindonesia)

Motif batik Kawung termasuk salah satu motif batik bunga yang tertua di Indonesia. Melansir dari berbagai sumber, motif batik Kawung berasal dari Keraton Yogyakarta yang sudah ada sejak abad ke-18, Pins.

Motif batik Kawung sendiri merupakan buah kawung yang disusun mirip menyerupai bunga dan diatur secara geometris.  Motif batik Kawung ini memiliki makna kesucian, keheningan, dan kesempurnaan.

Motif tertua ini setidaknya mempunyai beberapa turunan, seperti motif Kawung Semar, motif Kawung Picis, motif Kawung Bribil, motif Kawung Sari, motif Kawung Sen, hingga motif Kawung Sekar Ageng.

Baca Juga: Cara Menggunakan Batik Untuk Memperindah Rumah

Motif Batik Parang Kusumo

(Tumpi.ID)

Bicara tentang Kota Solo memang tak pernah lepas dari kain batik. Seperti halnya motif batik Parang Kusumo asal Solo, Jawa Tengah yang terlihat klasik. Motifnya menyerupai ombak laut yang tiada terputus.

Dari situ lah, filosofi batik Parang Kusumo hadir. Makna mendalam motif batik ini yaitu menggambarkan bahwa kehidupan tidak akan pernah luput dari perjuangan yang tiada henti. Selaras dengan perjuangan, sopan santun juga wajib diamalkan di Tanah Jawa untuk menjunjung nama baik.

Motif Batik Ceplok

motif batik indonesia
(Batik.or.id)

Batik jenis ini sering kali ditemui di Kota Solo maupun Kota Jogja. Selain disebut motif batik ceplok, motif ini juga sering disebut juga dengan batik Grompol. Ceplok atau Grompol memiliki bentuk yang nyaris mirip dengan motif batik Kawung.

Kain batik ini sering kali digunakan di acara pernikahan. Filosofinya juga tak kalah bikin terkagum, Pins. Motif batik Ceplok banyak menggambarkan tentang harapan orangtua yang ingin melihat anaknya harmonis dalam menjalin rumah tangga.

Motif Batik Megamendung

motif batik indonesia
(Dispudparpora Cirebon)

Motif Megamendung jadi salah satu motif batik yang populer di Indonesia. Kain batik ini sangat khas dari daerah Cirebon, Jawa Barat, Pins. Motif Megamendung sangat identik dengan kumpulan awan yang berjajar, sedangkan mendung merupakan cuaca dengan langit gelap.

Berbeda dengan batik dari Jawa Tengah, batik Cirebon ini memiliki 7 warna gradasi yang lebih cerah. Filosofinya pun sungguh mendalam.

Motif Megamendung melambangkan hendaknya manusia memiliki sifat yang penuh kesabaran dan tidak mudah tersulut amarah.

Motif Batik Singa Barong

motif batik indonesia
(Imamgantengsite)

Masih dari Cirebon, Jawa Barat. Motif batik Singa Barong merupakan motif batik yang didominasi dengan flora dan fauna. Seperti misalnya, pepohonan, tanaman, gunung, singa, ataupun macan.

Seperti sudah khasnya, batik asal Jawa Barat cenderung memiliki warna yang lebih terang dibandingkan dengan batik dari Jawa Tengah.

Makna batik Singa Barong lebih menonjolkan tentang kejayaan Keraton Kasepuhan Cirebon, sedangkan singa menjadi binatang mitologi terkuat yang banyak diyakini masyarakat Jawa dan Bali pada masa itu.

Motif Batik Tujuh Rupa

motif batik indonesia
(PikiranRakyat)

Motif Tujuh Rupa jadi salah satu motif batik yang terkenal dari Pekalongan, Jawa Tengah. Dari namanya saja sudah bisa terbayang seindah apa batik Tujuh Rupa. Motif batik ini terdiri dari flora dan fauna yang menyimbolkan kekayaan alam.

Sebagai informasi, batik khas Pekalongan ini juga hasil akulturasi dari budaya Cina dan Jawa, Pins. Hal tersebut terlihat dari pemilihan gradasi warna yang beragam dan terlihat cantik serta elegan.

Motif Batik Semen

(Batik.or.id)

Motif batik Semen sangat khas dengan daerah Pekalongan, Jawa Barat. Kata Semen pada penamaan batik ini diambil dari kata semi, bersemi atau bertumbuh. Gambar yang mendominasi motif ini yaitu burung garuda, awan, lautan, beserta makhluk hidup di dalamnya.

Nuansa batik ini masih terlihat natural dan kalem dengan cokelat muda menjadi warna dominan. Batik Semen juga memiliki makna yang begitu mendalam. Motifnya melambangkan kehidupan manusia yang akan selalu bertumbuh, berkembang menuju kemakmuran.


Itu dia Pins beberapa motif batik paling populer di Indonesia yang hingga kini masih digandrungi oleh banyak orang. Yuk, koleksi sekarang motif motif batik dari berbagai daerah yang sudah jadi incaran!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 12 Interior Kantor Estetik Namun Tetap Nyaman & Produktif

Interior kantor yang estetik akan menambah semangat kerja karyawannya. Selain itu dapat menarik per

Ruang Tamu
Ruang Tamu Trik Akali Ruang Tamu Apartemen Kecil Agar Lebih Lapang

Lahan untuk tempat tinggal semakin terbatas. Jika luas rumah tidak terlalu besar maka harus pintar

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Kenali Ragam Tata Ruang Kantor & Plus Minusnya

Tata ruang kantor harus memperhatikan ergonomis dan kenyamanan karyawan. Saat bekerja karyawan meng

Teknik Sipil
Teknik Sipil Harga Kabel Listrik Rumah Per Meter, Terlengkap! 

Setiap rumah pasti membutuhkan listrik untuk kebutuhan sehari-hari seperti lampu, AC, perangkat ele

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 12 Ide Hiasan Kantor Untuk Mempercantik Dinding

Hiasan kantor tidak hanya membuat dinding tampak lebih hidup. Tujuan keberadaan hiasan kantor adala

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia