BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Rumah Panggung Modern Untuk Lahan Terbatas
0
0

10 Rumah Panggung Modern Untuk Lahan Terbatas

Dipublikasikan oleh Putra  dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Okt 25, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Rumah dengan panggung bisa menjadi salah satu tipe hunian yang bisa kamu pilih untuk ditinggali. Rumah panggung modern untuk lahan terbatas mempunyai cara pemeliharaan dan pembangunan yang sedikit berbeda dengan rumah tapak. Karakter bangunan rumah dengan struktur panggung unik karena mengadopsi dari rumah panggung tradisional yang sudah dibangun oleh masyarakat zaman dahulu.

Pada waktu itu, area kolong atau lantai bawah lebih banyak digunakan untuk area ‘service‘ seperti dapur dan kamar mandi, bahkan ada yang untuk memelihara ternak. Tentu saja rumah panggung sekarang lebih bersifat modern dan simpel, dengan demikian sudah tidak ada kesan kuno. Kamu bisa menemukan rumah panggung modern dengan menggunakan aplikasi Pinhome.

Lewat fitur andalannya dapat diperoleh detail properti rumah bekas di Mojokerto, perumahan baru di Kabupaten Bekasi seperti Orchard Village dan properti lainnya di seluruh wilayah Indonesia. Pinhome juga menawarkan fitur Pengajuan KPR yang membantumu merealisasikan hunian impianmu.

Kamu bahkan juga bisa cek dulu harga estimasi rumah di Cipayung. Kamu juga bisa cek estimasi harga rumah bekas di Bekasi yang ada daerah lainnya menggunakan fitur PinValue di aplikasi Pinhome.

Konsep Rumah Panggung Modern

rumah panggung modern
Source : Pinterest

Desain rumah ini tetap terbagi atas dua bagian yakni atas dan bawah. Model rumah panggung memang memberi penegasan pada area private dan public. Pembagian denah rumah kedalam ruang-ruang besar di rumah panggung pada prinsipnya sama saja dengan model rumah biasa. Pembedanya hanya bagian bawahnya saja sebagai ruang public.

Bagian bawah dibuat semacam hall besar untuk area berkumpul dan bagian atas untuk area private keluarga. Di lantai atas memiliki denah rumah seperti pada umumnya seperti ruang tamu, ruang keluarga ruang makan, ruang tidur, dan kamar mandi.

Kamu bisa juga menambahkan teras di beranda rumah. Sedangkan lantai bawah dimanfaatkan untuk ruang service, garasi, kamar anak, dan ruang makan.

Untuk desain rumah biasa ada banyak ruang penyekat, sedangkan untuk model rumah panggung ruang bawahnya diusahakan sesedikit mungkin memakai dinding penyekat.

Karena tidak banyak dinding penyekat maka sirkulasi udara pun bisa lebih optimal dan rumah terlihat lebih luas. Ruang bawah (kolong) ini memang dikonsentrasikan untuk dapat digunakan  kegiatan-kegiatan yang dapat menampung orang banyak seperti arisan, pesta atau perayaan hari besar tertentu.

Jadi model rumah ini memaksimalkan lahan terbatas. Kolong adalah ruang yang cukup besar dan fleksibel, artinya kolong itu dapat digunakan untuk kegiatan apa saja. Kalau sedang tidak ada tamu dapat digunakan seperti ruang keluarga atau ruang bermain anak-anak.

Pada dasarnya rumah dengan panggung mempunyai fungsi untuk melindungi penghuni rumah dari pencuri dan hewan buas. Hal inilah yang menyebabkan tiang pada rumah panggung sengaja dibuat lebih tinggi. Selain itu rumah dengan panggung juga melindungi penghuninya dari bencana banjir yang mengintai.

Baca juga: Rumah Panggung Modern Untuk Lahan Terbatas

Rumah Panggung Modern

Model rumah panggung modern ini cocok untuk keluarga yang suka mengadakan acara besar namun memiliki keterbatasan lahan. Walaupun rumah panggung ini merupakan rumah tradisional, namun prinsip-prinsip rumah panggung ini masih bisa digunakan untuk desain rumah modern. Berikut ini ada beberapa rekomendasi rumah panggung minimalis modern yang bisa kamu gunakan sebagai inspirasi. Yuk disimak.

1. Rumah Panggung dengan Garasi

Source : YouTube Askal Desain

Rumah panggung cenderung digunakan oleh masyarakat zaman dulu. Adaptasi rumah panggung ke hunian modern bisa dilakukan dengan berbagai versi. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan bagian kolong bawah sebagai garasi mobil. Hal ini bisa kamu jadikan referensi untuk memanfaatkan lahan yang tersedia. Apabila luas tanah di hunian milikmu terbatas, maka kamu bisa mengaplikasikan inovasi ini. Pastikan kamu menggunakan bahan bangunan yang berkualitas, sehingga tiang yang menopang lantai di atas garasi tetap kokoh.  

2. Rumah dengan Pemanfaatan Area Kolong Sebagai Ruangan

Source : Cek Bahan Bangunan

Selain rumah yang memanfaatkan kolong sebagai garasi, kamu juga bisa memanfaatkan kolong sebagai ruangan. Kamu bisa memanfaatkan kolong sebagai ruang tamu, ruang santai atau bahkan ruang keluarga. Untuk memanfaatkan bagian kolong rumah sebagai area yang berfungsi, pastikan kamu mendesain bangunan dengan bahan yang kuat. Hal ini karena lantai bawah perlu menopang bagian atas dengan kuat. Seperti gambar di atas, kamu bisa menggunakan kombinasi bahan kaca, kayu jati dan semen sebagai dinding.

3. Rumah dengan bahan kayu

rumah panggung
Source : Rumah Lia

Contoh rumah panggung sederhana bisa kamu bangun dengan mengadaptasi bangunan di atas. Desain rumah panggung modern tersebut menggunakan konsep rumah kayu berkonsep panggung yang sederhana. Kamu perlu memilih kayu dengan kualitas bagus agar bangunan tetap berdiri kuat.

Pemilihan jenis kayu pada bangunan di atas harus hati-hati. Selain itu, kamu juga perlu menggunakan cat yang berkualitas bagus agar kayu tidak mudah dimakan rayap. Penggunaan cat yang berkualitas bagus juga akan membuat warna cat menjadi lebih menarik.

4. Rumah Bergaya Vila di Bali

rumah panggung
Source : Beach Bali Villas

Selanjutnya adalah desain rumah panggung modern dengan konsep vila. Jika kamu sering ke Bali dan jalan-jalan sambil mengamati perumahan di sana, kamu akan melihat banyak villa dengan konsep yang homey. Bentuk bangunan villa bertingkat seperti ini bisa kamu jadikan referensi untuk membangun rumah. Bagian atas dijadikan tempat tinggal dengan area privasi seperti kamar tidur, ruang keluarga, dapur, ruang makan dan lain-lain. Sementara di bagian kolong dijadikan ruang terbuka seperti lobby, area bar, ruang duduk dan area santai terbuka. 

5. Rumah Bergaya Cottage

rumah panggung
Source : Okezone Travel

Cottage umumnya berada di satu area penginapan di tempat wisata. Cottage mempunyai bangunan yang minimalis dan mengoptimalkan fungsinya sesuai kebutuhan. Rumah panggung dengan konsep cottage bisa menjadi opsi yang tepat bagi kamu yang menyukai minimalism living concept. Namun, kamu harus memastikan bahwa ruangan yang ada di dalam rumah mampu mengakomodasi kebutuhan kamu ya. Jangan sampai ada ruangan yang tidak dibangun hanya demi menghemat sebuah area.

6. Rumah Panggung 2 Lantai

Source : OLX

Sebuah rumah bergaya model panggung yang memiliki dua lantai, seperti yang terlihat dalam ilustrasi di atas. Iini sangat sesuai untuk digunakan dalam desain bangunan serba guna yang berlokasi di dekat pantai atau di daerah berbukit. Dengan menerapkan konsep desain tersebut, Pins akan dapat memperoleh berbagai ruangan yang luas, yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.

7. Rumah Eco Friendly

Source : Courtina

Sekarang, di daerah perkotaan telah dibangun banyak rumah yang berfokus pada kelestarian lingkungan. Salah satu opsi desain yang diterapkan adalah rumah konsep panggung. Desain rumah ini dipilih karena dapat memberikan kesan sejuk yang alami, mengurangi ketergantungan pada penggunaan daya listrik untuk pendinginan ruangan.

8. Rumah Belanda

Source : Tribunnews

Seperti yang umum diketahui, mayoritas wilayah di Belanda terletak di bawah permukaan laut. Kondisi geografis ini mempengaruhi banyaknya kanal yang dibangun di negara ini sebagai upaya mencegah banjir. Oleh karena itu, banyak rumah di Belanda dirancang dengan konsep berdiri di atas panggung. Dengan pendekatan desain seperti ini, kamu bisa mendapatkan rumah anti banjir yang tentu bisa terjadi kapan saja.

9. Rumah Segiempat

Source : Sampoerna Academy

Merancang rumah dengan bentuk yang panjang akan memberikan kesan luas pada rumah tersebut. Selain itu, dengan menerapkan konsep panggung, rumah juga akan memiliki tampilan yang lebih sederhana dan desainnya ramah lingkungan. Pemilihan desain rumah seperti ini tidak hanya memperindah tampilan rumah, tetapi juga memberikan kenyamanan kepada pemiliknya.

10. Rumah Toda

Source : Ruparupa

Toda House adalah hasil karya arsitek Jepang, Kimihiko Okada. Rumah ini mengusung ide konsep panggung, di mana bangunan utamanya ditempatkan di atas tanah dengan jarak tertentu. 

Ide ini diimplementasikan dengan tujuan memungkinkan penghuni untuk menikmati pemandangan laut dari kejauhan. Dalam struktur bangunan ini, terdapat penggunaan pilar-pilar logam yang bertugas untuk menopang rumah tersebut. Bagian bawah bangunan yang dibiarkan kosong digunakan sebagai area untuk menanam tanaman.

Baca juga: 9 Desain Rumah Jawa Modern Sederhana Untuk Kamu Yang Klasik

Tips Membangun Rumah Panggung

Source : Pxhere

Untuk membangun rumah panggung, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Hal ini perlu kamu lakukan karena konstruksi bangunan panggung ini sedikit berbeda dengan rumah tapak atau rumah dua lantai. Berikut ini beberapa hal yang perlu kamu perhatikan untuk membangun rumah tipe panggung.

1. Pastikan Pondasi Bangunan Kuat

rumah panggung modern
Source : Pexels

Kamu perlu memperhatikan pondasi bangunan. Hal ini karena rumah panggung dibuat dengan tiang-tiang penyangga di bawah lantai. Maka dari itu pastikan pondasi rumah mampu menopang beban bangunan dengan baik.

2. Gunakan Tiang Penyangga yang Kuat

rumah panggung modern
Source : Portal Indonesia Perkasa

Pada rumah tradisional, rumah panggung menggunakan tiang kayu. Di era modern, tiang kayu bisa diganti dengan beton atau bahan lain yang lebih kuat. Jadi, pastikan saat membangun konstruksi rumah kamu menggunakan bahan tiang yang kuat dan awet dalam waktu lama.

3. Pastikan Beban di Bagian Atas Tidak Terlalu Berat

rumah panggung modern
Source : Seni Budaya Betawi

Kurangi beban rumah di bagian atas. Misalnya jangan terlalu banyak menyimpan barang elektronik yang berat atau furnitur yang berukuran besar. Kamu bisa mengubah bagian kolong menjadi beberapa area penting. Ini bisa menjadi solusi agar bagian atas tidak terlalu berat menopang beban.

4. Pahami Kondisi Tanah

Source : Pexels

Kamu pun harus memahami kondisi tanah. Hal ini agar kondisi bangunan bisa tetap berdiri tegak dan kuat. Pastikan kamu melakukan konsultasi dengan developer atau ahli arsitektur sebelum membangun rumah panggung.

Pins, memiliki rumah panggung memang menyenangkan dan ini menjadi hal yang unik. Namun, kamu harus tetap memahami cara membangun konstruksi yang sesuai agar fungsi bangunan sebagai hunian tetap optimal.

Baca juga: Cara Memaksimalkan Ruangan Pada Lahan Tanah Terbatas

Feature Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Grand Sharon Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download