Minuman Khas Turki

Dipublikasikan oleh Ramadhanti ∙ 15 October 2021 ∙ 8 menit membaca

Selama ini tidak banyak orang Indonesia yang tertarik dengan kuliner khas Turki, baik itu makanan maupun minuman. Padahal Turki tidak kalah dengan negara lain di Eropa, yaitu memiliki makanan dan minuman khas yang beragam.

Makanan maupun minuman khas Turki banyak dipengaruhi oleh budaya Islam, mengingat negara ini pernah menjadi pusat pemerintahan Islam dunia.

Nah untuk kalian yang hendak berjalan-jalan ke Turki, tidak ada salahnya mencoba untuk merasakan segar dan nikmatnya minuman berikut ini.

11 Minuman Khas Turki yang Wajib Dicoba

Berikut adalah minuman khas Turki yang bisa kamu coba:

1. Türk Kahvesi Alias Kopi Turki

Türk Kahvesi Alias Kopi Turki
Sumber: ottencoffe.co.id

Kopi dapat dikatan hampir menjadi minuman favorit di dunia. Hal ini terlihat banyaknya negara yang memasukan kopi ke dalam daftar minuman khas, sebut saja seperti Italia, Brasil, India, bahkan Indonesia.

Setiap negara memiliki ciri khas kopi yang berbeda, sebab dipengaruhi oleh wilyah atau geografis sebuah negara. Kopi Turki jelas akan berbeda dengan kopi Indonesia ataupun Brasil, sebab beda tempat.

Kopi-kopi yang dihasilkan wilayah Timur Tengah identik dengan rasa yang gurih dan nikmat, hal itu berlaku juga untuk kopi Turki.

Meskipun Turki masuk ke dalam wilayah Eropa, akan tetapi secara geografis Turki dapat dikatakan masih berada di Timur Tengah. Turki menghasilkan kopi-kopi dengan rasa sangat kuat, sehingga tidak heran banyak orang di luar Turki yang suka dengan kopinya.

Masyarakat Turki memiliki cara sendiri dalam menikmati kopi, yaitu dengan cara mnyajikan dalam gelas-gelas atau cangkir kecil yang disebut dengan fincan. Proses pembuatan kopinya pun tidak langsung dituang dalam gelas, melainkan ditampung terlebih dahulu dalam sebuah wadah semacam teko yang disebut dengan Cezve.

Setelah kopi berada dalam teko yang disebut Cezve tadi, masing-masing dari orang menuangkan kopi ke dalam cangkir atau gelas. Menikmati kopi Turki dapat ditemani dengan cemilan lain, seperti biskuit, kue dll. Namun masyarakat Turki sendiri biasa menikmati minuman ini bersama permen.

2. Sahlep

sahlep, turkish traditional drink
Sumber: ozlemsturkishtable.com

Beberapa orang ada yang menyebut sahlep sebagai minuman khas Mesir, sebagiannya lagi menganggap minuman Turki

Terlepas dari itu, sahlep adalah nama minuman untuk jenis susu yang dicampur dengan akar anggrek. Melihat komposisinya barangkali terlihat sangat unik, mengingat sangat jarang makanan atau minuman yang memanfaatkan tanaman anggrek sebagai bahan dasarnya.

Saat kita ke Turki, sahlep akan sangat mudah ditemukan di berbagai sudut Kota Istanbul. Minuman ini menjadi favorit masyarkat Turki, terutama ketika musim dingin datang karena dapat memberikan kehangatan pada tubuh.

Menurut masyarakat Turki, sahlep memiliki rasa segar dan manis, sedang untuk tekstur susu menjadi lengket dan kental. Tekstur yang demikian disebabkan oleh campuran akar anggrek. Namun, tidak jarang pula orang menambahkan kayu manis dan gula.

Sahlep merupakan jenis minuman legendaris, sebab minuman ini sudah ada sejak jaman Ottoman. Minuman ini memang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, seperti obat diare, mencegah disentri, menyehatkan tulang, menjaga kesehatan gigi, meningkatkan daya tahan tubuh dan sebagainya.

3. Ayran

ayran minuman khas turki dari yoghurt
Sumber: coockpad.com

Ayran adalah sebuah minuman yang terbuat dari yoghurt, tapi tidak seperti minuman yoghurt pada umumnya. Sebab dalam proses pembuatannya ditambahkan sedikit air dan garam.

Ayran merupakan minuman yang menjadi favorit semua kalangan. Terlebih bahan dan proses pembuatannya yang sangat sederhana.

Aryan memiliki tampilan seperti jus dengan dihiasi buih yang tebal dipermukaannya. Minuman ini terkesan seperti cappucino.

Bagi mereka yang tidak ingin repot, kini aryan disajikan dalam bentuk kemasan berupa botol dan dijual secara retail. Hal ini sekaligus bahwa aryan dapat dijadikan sebagai oleh-oleh Turki.

Baca juga: 5+ Minuman Khas Arab Saudi, Cocok untuk Buka Puasa

4. Cay atau Teh Turki

teh turki
Sumber: coockpad.com

Hampir setiap orang di bagian negara manapun menyukai teh, hal itu berlaku juga di Turki, bahkan masyarakat Turki memfavoritkan teh lebih dari apapun.

Masyarakat Turki memiliki teh yang khas bernama cay. Daun teh ini diambil dari daerah Black Sea di Turki, yang kemudian diolah dengan sangat baik guna menjaga kualitas dari teh itu sendiri.

Setiap orang di negara ini biasa menikmati teh pada pagi ataupun sore hari. Selain itu teh juga disajikan dalam acara-acara keluarga, rapat, jamuan tamu undangan dan hal sejenisnya.

Penyajian teh Turki atau cay ini tidak seperti di negara lain yang menggunakan cangkir, melainkan menggunakan wadah gelas khusus dan terdapat seperti tatakan dibawahnya. Tapi yang membedakan tatakannya tersebut memiliki bentuk yang lebih cembung dibanding piring.

Rasa yang dihasilkan oleh cay sangat kuat, memiliki ciri khas dan harum teh yang menggugah. Dalam menikmati cay biasanya ditemani roti khas Turki yang disebut dengan simit. Roti ini berbentuk gelang dengan taburan wijen di atasnya.

5. Raki

raki minuman khas turki
Sumber: shutterstock.com

Raki adalah minuman yang terkesan unik dan aneh, bahkan beberapa informasi menyebut minuman ini sebagai susu singa.

Minuman ini tidak hanya populer di Turki saja, namun di negara-negara semenanjung Balkan. Nama Balkan sendiri digunakan untuk daerah Eropa bagian Tenggara.

Negara-negara yang tergabung di wilayah Balkan bukan hanya memiliki geografis yang sama, akan tetapi memiliki historis dan sejarah yang sama pula.

Baik di Turki maupun di Balkan, raki biasanya disajikan dalam acara-acara seperti pernikahann, ulang tahun ataupun jamuan tamu istimewa.

Kemudian berbicara mengenai rasa, berdasarkan pengakuan mereka yang telah meminumnya, rasa raki di dominan oleh adas. Adas merupakan jenis tanaman yang pada umumnya digunakan sebagai bumbu atau obat, tanaman ini memiliki nama latin pimpinella anisum.

6. Ihlamur

ihlamur
Sumber: sozcu.co.tr

Ihlamur adalah minuman yang terbuat dari daun teh dengan campuran bunga linden. Minuman ini berguna untuk menghangatkan tubuh dikala musim dingin.

Ihlamur tidak bukan hanya minuman biasa, sebab minuman tersebut menyimpan banyak manfaat seperti meredakan flu, demam, menurunkan darah tinggi dan sebagainya.

Proses pembuatan minuman khas Turki ini sama dengan penyajian teh biasa, yang membedakan hanyalah campuran bunga lindennya saja.

Baca juga: 11+ Minuman Khas China yang Jarang Orang Ketahui

7. Sherbet

sherbet minuman khas turki yang menawan
Sumber: dailysabah.com

Sherbet adalah minuman khas Turki yang sangat unik, mungkin kalian akan sangat sulit menemukan minuman yang serupa di tempat atau negara lain.

Mengapa demikian? Karena sherbet ini terbuat dari berbagai jenis bunga dan buah-buahan. Menurut mereka yang pernah meminum sherbet, minuman ini memiliki cita rasa yang menyegarkan.

8. Salgam

salgam
Sumber: haberturk.com

Jauh sebelum jus wortel atau jus sayuran lainnya diperbincangkan, ternyata di Turki memiliki minuman berjenis jus bernama salgam, yakni minuman yang terbuat dari wortel ataupun lobak.

Salgam memiliki warna air yang lebih jernih dibandingkan dengan jus. Sebab yang diambil hanya bekas air rebusannya saja. Meski demikian, salgam tetap memiliki rasa dan aroma yang sangat kuat.

Minuman salgam ini termasuk ke dalam jajaran kuliner Turki yang unik, karena terdapat beberapa jenis salgam yang memiliki rasa pedas seakan diberikan campuran cabai. Salgam cocok disajikan dan dipadukan dengan makanan apa saja, namun pada umumnya masyarakat Turki biasa mnyajikannya bersamaan dengan kebab atau roti.

9. Sira

sira turkish drink
Sumber: recipesturkish.blogspot.com

Sira adalah minuman khas Turki jenis jus, biasanya terbuat dari buah anggur atau apel yang sedikit difermentasi. Sekilas sira ini nampak seperti minuman anggur merah, padahal sebetulnya tidak.

Menurut beberapa orang yang pernah meminum sira, kesan pertama saat meminum sira adalah rasa manis yang sangat kuat. Hal tersebut tidak mengherankan, karena sira mengandung fruktosa yang begitu tinggi.

10. Limonata

limonata minuman khas turki dari lemon
Sumber: hurriyet.com.tr

Dari namanya saja kita sudah dapat menebak, minuman ini terbuat dari buah lemon. Warna khas kuning pudar menjadi ciri khas limonata.

Namun, jika kalian beranggapan minuman ini memiliki rasa yang asam, hal tersebut salah. Sebab pada nyatanya, limonata memiliki rasa manis dan segar. Pembuatan limonata juga cukup unik, yaitu lemon yang direbus bersamaan dengan kulitnya.

11. Boza

boza
Sumber: istanbulstayandservices.com

Ini dia minuman khas Turki paling legendaris. Masyarakat setempat mengenalnya sebagai minuman tradisional. Telah ada pada jaman Mesapotamia dan dijadikan sebagai minuman penghangat tubuh.

Beberapa bahan yang digunakan untuk membuat boza diantaranya adalah;

  • Malt
  • Mulgur
  • Nasi
  • Gula
  • Ragi
  • dll.

Selain bahan di atas, boza juga biasanya memanfaatkan bahan apa saja yang dapat menghangatkan tubuh, hal ini memang tidak terlepas dari fungsi utamanya.

Boza tidak dapat disajikan secara instant, sebab minuman ini adalah minuman frementasi, artinya dibutuhkan waktu tertentu untu menjadikan minuman menjadi boza.

Boza memiliki tekstur yang kental, bahkan hampir menyerupai puding dengan rasa yang manis serta harum dan tajam. Dari segi tampilan, boza terihat cukup menarik dengan warna cream, biasanya di bagian atasnya terdapat irisan kayu manis.

Berbeda dengan minuman khas Turki lainnya, boza adalah minuman musiman yang hanya dapat ditemukan pada musim dingin saja.

Demikian artikel tentang 11 minuman khas Turki yang bisa Anda jajal, Tulisan ini menyajikan 11 daftar minuman khas Turki lengkap dengan penjelasannya. Setiap negara memiliki budaya dan khasnya masing-masing, termasuk dalam hal ini kuliner dan minuman. Semoga tulisan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan Anda.

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Source feature image: infomuslimtours.com

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil 16 Motif Keramik Dinding Luar yang Awet

Keramik adalah salah satu material yang sering digunakan untuk lapisan dekorasi dinding. Pins dapat

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Model Keramik Kamar Mandi Abu-Abu

Interior kamar mandi dapat menggunakan material keramik untuk bagian lantai maupun dinding. Pemilih

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Desain Roster Keramik Mewah dan Manis

Roster atau lubang angin merupakan ventilasi yang dibutuhkan setiap rumah agar ruangan di dalamnya

Teknik Sipil
Teknik Sipil 12 Inspirasi Keramik Hitam Cocok untuk Ruangan Apapun

Material keramik banyak digunakan untuk melengkapi interior rumah, baik di ruang tamu, kamar, dapur

Lifestyle
Lifestyle Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil, Simak Cara Membuatnya!

Ingin membeli mobil? Atau malah sedang ingin menjual mobil yang kamu miliki? Eits, jangan sampai ke

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia