Pinhome

Minuman Khas Jawa Timur

Dipublikasikan oleh Ramadhanti ∙ 21 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Minuman Khas Jawa Timur – Berbicara mengenai kuliner, hampir setiap daerah memiliki ciri khasnya tersendiri, ya begitupun dengan Jawa Timur. Sebuah Provinsi paling timur di Pulau Jawa yang kaya akan warisan leluhur serta memiliki peradaban yang tinggi.

Pada artikel ini, kami ingin membahas mengenai minuman khas Jawa Timur. Mungkin ada beberapa diantara kalian yang belum mengenalnya, namun tentu hal itu bukanlah masalah. Sebab kami akan coba uraikan apa saja 10 minuman khas Jawa Timur yang paling populer.

10 Minuman Khas Jawa Timur

Nah berikut ini adalah beberapa pilihan minuman khas Jawa Timur yang tak boleh Anda lewatkan:

1. Wedang Jaselang

cookpad.com

Wedang jaselang adalah salah satu minuman khas Jawa Timur yang berasal dari Kota Malang. Sekilas, wedang ini memang mirip dengan wedang lain yang ada di Jawa Timur. Namun meski begitu, tetap saja ada ketidaksamaan terutama pada soal rasa.

Minuman ini terbilang unik, selain memiliki rasa yang menggugah serta tampilan yang sederhana, wedang jaselang juga memiliki banyak manfaat seperti menghangatkan tubuh, menjaga stamina, dan mengatasi perut kembung.

2. Wedang Angsle

wedang angsle
merdeka.com

Ada yang mengatakan, jika kalian belum pernah mencoba wedang angsle, berarti kalian belum pernah ke Jawa Timur. Itu artinya wedang angsle memang sudah sangat iconic dan melekat dengan Jawa Timur.

Minuman Khas Jawa Timur ini memang istimewa, memiliki rasa yang segar serta menyehatkan. Beberapa varian wedang jahe angsle adalah, roti, putu, ketan dan kacang hijau. Lalu kuah yang digunakan hampir sama dengan wedang jahe pada umumnya, yaitu jahe dan santan.

Baca juga: Minuman Khas Jawa Tengah Segar Nan Menggoda

3. Wedang Cemue

wedang cemue
kampoengngawi.com

Masih minuman jenis wedang, yaitu wedang cemue. Dari namanya saja sudah terlihat jelas bahwa wedang ini berbeda dengan wedang lainnya.

Beberapa orang yang pernah mecoba wedang cemue mengatakan wedang ini memiliki rasa yang khas yaitu gurih. Rasa gurih sendiri lantaran adanya perpaduan bahan serta rempah dalam resepnya.

Adapun bahan yang biasa digunakan dalam membuat wedang cemue adalah kacang kelinc yang gurih, roti tawar lembut, santan dari gula tebu sebagai pemanis, serta jahe sebagai bahan untuk penghangat.

4. Es Buto Ijo

resepkuerenyah.com

Jika dilihat dari namanya, es satu ini memiliki nama yang cukup mistis ya, yaitu es buto ijo. Sedangkan buto ijo sendiri terkenal sebagai mahluk dengan perawak besar nan jahat. Hampir di setiap kisah baik pewayangan maupun mitos, buto identek dengan hal yang buruk.

Terus bagaimana dengan es buto ijo?

Jangan khawatir kok, justru buto ijo yang satu ini akan memanjakan lidah dan tenggorokan kalian. Bagaimana tidak memanjakan mulut dan tenggorokan, es buto ijo memiliki bahan dasar kelapa muda, nata de coco, kolang kaling serta sagu mutiara.

Setelah bahan-bahan tersebut berada dalam satu wadah, selanjutnya disiram dengan sirup melon, yang kemudian ditambahkan susu kental manis di atasnya. Segar sekali, kan? Oh iya, es buto ijo ini merupakan minuman khas Jawa Timur, tepatnya berasal dari Lumajang.

5. Es Sinom

kompas.com

Selanjutnya ada es sinom merupakan minuman khas Jawa Timur yang awalnya termasuk salah satu jenis minuman jamu, namun memiliki rasa yang manis dan enak.

Ada pun manfaat es sinom yaitu dapat mempelancar buang air besar, mengatasi kerontokan pada rambut serta dapat memperlancar peredaran darah. Sedangkan manfaat bagi wanita antara lain adalah mengatasi nyeri haid dan menjaga kesehatan kulit.

6. Es Gudir

es gudir
sajiansedap.grid.id

Masih bercerita soal es, yaitu gudir atau es gudir merupakan minuman yang datang dari daerah Kediri, Jawa Timur. Es gudir merupakan es dengan bahan dasar agar-agar, yang memang sesuai dengan arti nama ‘gudir’ itu sendiri.

Bahan dasar agar-agar digabung dengan sirup yang memiliki rasa manis, sedang untuk menambah aroma, es gudir ditambahkan daun pandan.

Baca juga: Minuman Khas Indonesia Populer di Berbagai Daerah

7. Es Pleret

tokomesin.com

Es pleret bisa dibilang sebagai ‘esnya masyarakat Blitar Raya’, memiliki bentuk unik yaitu bulat kecil dengan rasa manis. Pemanis yang digunakan dalam pembuatan es satu ini ialah gula jawa, sehingga mampu menciptakan rasa manis yang unik.

Baca juga: Kenali dan Resapi Makanan Khas Daerah Jawa yang Enak Ini!

8. Sirup Pokak

paxelmarket.co

Sirup pokak atau biasa disebut juga wedang pokak merupakan minuman khas Jawa Timur yang berasal dari Probolinggo.

Bagi masyarakat probolinggo sendiri, minuman ini biasa disajikan dalam perayaan besar termasuk Idul Fitri. Sedangkan untuk bahannya sendiri, sirup pokak terbuat dari bahan yakni gula merah atau gula putih, pandan, kayu manis, cengkeh serta jeruk purut.

Tentu saja dengan banyaknya rempah-rempah yang digunakan, hal ini membuat sirup pokak bermanfaat dalam menjaga kebugaran dan stamina tubuh.

Baca juga: Cara Membuat Es Selendang Mayang, Minuman Segar Khas Betawi

9. Es Anakonda

lumajangsatu.com

Satu lagi nih minuman dengan nama yang unik atau bahkan terkesan aneh, yaitu es anacconda. Eh, tapi jangan khawatir, meski namanya serupa dengan jenis ular, namun minuman ini enak untuk disantap karena kesegarannya.

Es anacconda adalah minuman yang berasal dari Lumajang, Jawa Timur. Sebenarnya minuman ini tidak jauh berbeda dengan es teler, dari mulai segi tampilan, serta bahan yang digunakan.

10. Teh Kocok

masakapaharini.com

Masayarakat Jawa Timur memiliki teh khas sendiri, yaitu teh kocok. Teh kocok adalah minuman yang datang dari kota Surabaya.

Di Indonesia sendiri, terdapat minuman yang serupa dengan teh kocok, yaitu teh tarik yang merupakan minuman asal Aceh.

Teh kocok memiliki kemiripan dengan teh tarik, yakni terbuat dari teh hitam yang di campur dengan susu kental manis.

Oke, itu saja beberapa ulasan mengenai minuman khas Jawa Timur. Semoga bisa menjadi bahan referensi Anda saat berkunjung ke Jawa Timur.

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Source feature image: yahoo.com

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle Ucapan Selamat Pagi Islami yang Mengandung Doa Baik

Mengawali hari dengan doa akan membuat harimu lebih menyenangkan. Di samping itu, kamu juga berbaga

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Pengantar Nikah, Begini Cara Mengurusnya!

Pinhome - Mengurus pernikahan tak hanya perihal dekorasi dan catering acara saja. Kamu juga harus m

Edukasi
Edukasi 3 Contoh Surat Keterangan Sehat dari Rumah Sakit atau Puskesmas

Contoh surat keterangan sehat itu seperti apa, sih? Kamu mungkin saat ini sedang mencari surat kete

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Pengajuan Dana yang Baik dan Benar!

Ingin mengajukan surat pengajuan dana? Jangan buat asal-asalan kalau ingin pengajuannya diterima, y

Lifestyle
Lifestyle 40+ Referensi Ucapan Selamat Ulang Tahun buat Teman & Sahabat

Menyampaikan ucapan selamat ulang tahun buat teman adalah hal yang wajib diutarakan. Pasalnya, doa

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia