Pinhome

9+ Minuman Khas Jawa Barat

Dipublikasikan oleh Ramadhanti ∙ 21 October 2021 ∙ 8 menit membaca

Minuman Khas Jawa Barat – Apa yang terlintas dalam benak kalian ketika mendengar kata Jawa Barat, Pins?

Ada yang bilang Jawa Barat atau Tanah Sunda merupakan daerah yang unik dengan ragam budaya dan wisata Jawa Barat yang luar biasa.

Tapi, hal yang menonjol tentu adalah kulinernya. Masyarakat Jawa Barat sangat kreatif dan selalu berinovasi soal makanan, baik rasa maupun bentuk. Maka, tak heran apabila Tanah Sunda ini terkenal dengan makanan yang enak, unik, sekaligus aneh.

Maka, artikel ini akan merangkum minuman khas Jawa Barat yang populer dan unik. Bagi kalian yang suka dengan minuman dingin, jangan lupa untuk mencoba daftar minuman berikut ketika berkunjung ke Jawa Barat, ya!

Baca juga: Minuman khas Aceh

minuman Jawa Barat
Sumber: Good News From Indonesia

Berikut ini merupakan minuman masyarakat Sunda yang sangat populer, wajib bagi kalian yang hendak berkunjung ke Jawa Barat.

Supaya kalian lebih mudah dalam memahami dan membacanya, berikut tabel khusus untuk sahabat yang sedang mencari daftar minuman khas Jawa Barat.

NoMinuman Khas Jawa BaratHarga
1Es GoyobodRp.5000 – Rp.15.000
2Es OyenRp.5000 – Rp.15.000
3Es CendolRp.5000 – Rp.20.000
4Es LilinRp.1000 – Rp.5.000
5Es Bubur SumsumRp.5000 – Rp.15.000
6Es CincauRp.3000 – Rp.15.000
7Es MabooRp.5000 – Rp.15.000
8BajigurRp.5000 – Rp.10.000
9BandrekRp.5000 – Rp.10.000

Es Goyobod Minuman Asli Garut

Es Goyobod
Sumer: Detik Food

Menurut cerita, es goyobod merupakan minuman yang berasal dari Garut, yaitu suatu wilayah di selatan Jawa Barat.

Jika dilihat dari segi tampilan es goyobod sedikit mirip dengan es campur, tapi yang menjadikannya berbeda yaitu teksturnya yang lebih kental.

Bahan yang digunakan kurang lebih sama, seperti alpukat, nangka, kelapa muda, susu dan roti. Selain lebih kental, dalam minuman satu ini juga terdapat jelly merah yang jika dipandang begitu menawan.

Jika kalian sedang berkunjung ke Garut, ada tempat yang sangat direkomendasikan untuk menikmati es goyobod, yaitu es goyobod alun-alun.

Es goyobod alun-alun sudah cukup terkenal dikalangan masyarakat Garut, bahkan beberapa kali diliput oleh stasiun televisi swasta. Minuman ini akan sangat cocok diminum ketika cuaca panas, rasanya sangat segar.

ES Oyen Minuman Khas Jawa Barat

Es Oyen
Sumber: Tribun Batam

Es oyen, minuman khas Sunda ini banyak dijajakan di sekitar Bandung.

Minuman yang satu ini terkenal dengan julukannya sebagai minuman legendaris, turun temurun dari generasi ke generasi.

Es oyen merupakan perpaduan potongan buah-buahan seperti nangka, alpukat, mangga dan lain sebagainya yang dipadukan dengan serutan es, susu kental manis dan sekoteng.

Soal rasa tentu tak kalah enak dan menyegarkan, apalagi bagi kalian yang hobi dengan minuman dingin.

Es oyen memiliki sejarah yang unik lho, dimana nama oyen diambil dari seekor burung perkutut yang menyuarakan oyen oyen oyen. Tapi, versi lainnya menyebutkan nama oyen berasal dari nama penjual pertama es ini. Entahlah, tidak ada yang benar-benar meneliti masalah ini.

Jika kalian penasaran, bisa datang ke jalan Veteran di Bandung, es oyen selalu konsisten meramaikan perhelatan kuliner Jawa Barat. Es oyen juga termasuk minuman khas Jawa Tengah lho, Pins!

Es Cendol, Minuman Khas Jawa Barat

Es Cendol
Sumber: Karawang Post

Es cendol termasuk minuman primadona masyarakat Jawa Barat, perpaduan gula aren yang begitu manis dengan serutan es, ditambah potongan alpukat membuatnya seger di kerongkongan.

Es cendol bisa disebut minuman tradisional dan sudah ada sejak dahulu. Maka tidaklah heran apabila sampai saat ini cendol tidak pernah kehilangan pelanggan.

Es cendol begitu ikonik dengan warnanya yang hijau kecil-kecil, membuatnya seperti berlarian didalam mulut tatkala disantap.

Saat ini es cendol yang paling terkenal di Jawa Barat ialah, es cendol Elizabeth. Brand cendol satu ini bahkan telah hadir disetiap kota di Jawa Barat.

Elizabeth biasa dinikmati oleh kalangan menengah ke atas, mengingat harganya yang lumayan menguras kantong jika dibeli setiap hari.

Namun jangan khawatir, harga yang relatif mahal sebanding dengan rasa yang ditawarkan. Semahal apa sih harganya? Es cendol Elizabeth disetiap kota di Jawa Barat biasanya dihargai sekitar Rp.20.000.

Namun untuk kalian yang menginginkan es cendol dengan harga yang relatif murah, tenang saja masih bisa kok. Hampir disetip kota ata daerah di Jawa Barat terdapat minuman ini, biasanya dijajakan di kaki lima oleh pedagang dengan harga lima ribuan saja.

Es Lilin

Es Lilin
Sumber: Okezone

Posisi keempat ditempati oleh es lilin. Mengapa disebut es lilin, ya Pins?

Nama lilin diambil dari bentuk es yang menyerupai dengan lilin yaitu panjang dan lonjong.

Di Kabupaten Garut, es lilin sudah cukup jarang ditemukan. Namun masyarakat biasa membuat es ini untuk konsumsi pribadi.

Bahan yang sangat familiar dijadikan es lilin adalah es teh manis dan kacang hijau. Namun tak jarang juga kita menemui es lilin dengan bahan dasar buah-buahan, seperti mangga, apel, nanas dan lain sebagainya.

Rasanya cukup segar, cocok dinikmati di siang hari.

Es Bubur Sumsum

Es Bubur Sumsum
Sumber: Fimela

Di daerah Jawa Barat, penyajian es sumsum biasanya ditambahkan dengan es. Berbeda halnya dengan daerah lain di Jawa seperti di Jawa Timur yang disajikan tanpa es.

Soal rasa, es bubur sumsum Jawa Barat tentu tidak kalah enak dan segar dengan minuman khas Jawa Barat lainnya.

Jika kalian penasaran dengan minuman satu ini, bisa dicoba ya Pins, karena masih banyak dijual di hampir setiap daerah.

Es Cincau Minuman Khas Jawa Barat yang Menyehatkan

Es Cincau
Sumber: Merdeka

Selain enak es cincau adalah minuman yang menyehatkan, sebab memiliki kandungan baik bagi pencernaan. Nah jika pencernaan Pins kurang baik atau bermasalah, boleh mencoba meminum es cincau.

Es cincau juga terkenal dengan minuman yang merakyat, karena dapat dibeli dengan harga murah.

Sampai saat ini, es cincau masih tetap eksis dan dicintai oleh banyak orang, terutama oleh mereka yang mendambakan minuman segar yang pas di kantong.

Umumnya, es cincau terbuat dari daun cincau hijau yang diberi gula dan es. Minuman sederhana ini dapat kalian buat di rumah dengan mudah dan praktis. Selamat mencoba ya Pins!

Es Mamboo

Es Mambo
Sumber: Masak Apa Hari Ini

Jika dilihat sekilas, es mambo mirip dengan es lilin dari ukuran bentuk dan bahan yang digunakan. Bedanya, es mamboo bisanya memilki ukuran yang lebih besar, alias lebih gendut.

Es tradisional ini terlihat cantik sebab memiliki warna yang warna-warni, kalian juga tentu bisa membuatnya di rumah dengan mudah, seperti halnya dengan es lilin.

Saat ini es mamboo sudah jarang di jual, apalagi diperkotaan, sebab kalah saing dengan es krim bermerk.

Es Goyang

Es Goyang
Sumber: Kompas

Namanya unik ya, es goyang. Sesuai dengan namanya, es goyang dalam proses pembuatannya digoyang-goyang. Es ini tak kalah enak dengan es tradisional lainnya. Boleh dicoba sendiri.

Namun sayang sekarang ini sudah sulit untuk didapatkan, sama halnya dengan jeis es tradisional lainnya.

Es Doger

Es Doger
Sumber: Okezone

Es doger cukup menggugah, disajikan dalam gelas plastik, perpaduan es serut, tape, sirup membuat lidah bergoyang.

Tak usah khawatir jika Pins ingin mencobanya, sebab es doger masih banyak dijual, terutama di daerah-daerah Jawa Barat.

Selain di Jawa Barat es doger juga terdapat di daerah lain, semisal di Jakarta dan Jawa Tenngah.

Apabila tidak menemukan penjual es doger dan kalian begitu menginginkannya, bisa membuat sendiri, bahan dan proses pembuatannya pun cukup mudah.

Es Moci

Es Moci
Sumber: Dimas Neko

Siapa yang tidak kenal dengan moci, makanan dengan bentuk lucu  memiliki warna yang warna-warni. Moci sendiri merupakan makanan asli Jepang, yang selanjutnya diadaptasi oleh masyarakat Sukabumi, sehingga menjadi makanan khas daerahnya.

Seiring berjalannya waktu, moci diinovasi sedemikian rupa menjadi es dan minuman yang unik. Bahkan diklaim dijadikan minuman khas Bandung, yang artinya menjadi minuman khas Jawa Barat.

Bagamana, apakah Pins ingin mencobanya?

Baca juga: Minuman khas Jepang

Bajigur Minuman Hangat Jawa Barat

Bajigur
Sumber: Travel Kompas

Minuman tradisonal yang masih eksis sampai saat ini adalah bajigur, identik dengan manfaatnya yang luar biasa, akan sangat cocok dinikmati saat cuaca sedang dingin.

Masyarakat Jawa Barat sendiri menjadikan bajigur sebagai minuman favorit. Sampai saat ini masih banyak dijajakan seperti di sekitar alun-alaun dan pusat kota.

Biasanya bajigur dijual pada malam hari, dijajakan bersamaan dengan ubi-ubian.

Bandrek

Bajigur
Sumber: Travel Style

Sama halnya dengan minuman hangat bajigur, bandrek juga dapat menghangatkan tubuh. Namun yang menjadikannya berbeda dibandingkan bajigur yaitu bandrek dalam proses pembuatannya tidak dicampurkan dengan santan.

Dilihat dari segi tampilan, mirip dengan mocacinno, minuman khas dari Italia, tapi soal rasa tentu jauh berbeda.

Minuman satu ini sudah sangat sulit ditemukan, terutama di daerah perkotaan. Bila kamu mencari minuman lain yang dapat menghangatkan tubuh, es sinom yang merupakan minuman khas Jawa Timur dapat kamu coba karena lebih mudah ditemukan sehari-hari.


Nah, itu pembahasan mengenai minuman khas Jawa Barat yang bisa dibagikan. Semoga menjadi referensi bagi kalian yang ingin menikmati minuman khas Jawa Barat.

Baca juga: Minuman khas Bali

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Editor: Daisy

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Pengantar Nikah, Begini Cara Mengurusnya!

Pinhome - Mengurus pernikahan tak hanya perihal dekorasi dan catering acara saja. Kamu juga harus m

Edukasi
Edukasi 3 Contoh Surat Keterangan Sehat dari Rumah Sakit atau Puskesmas

Contoh surat keterangan sehat itu seperti apa, sih? Kamu mungkin saat ini sedang mencari surat kete

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Pengajuan Dana yang Baik dan Benar!

Ingin mengajukan surat pengajuan dana? Jangan buat asal-asalan kalau ingin pengajuannya diterima, y

Lifestyle
Lifestyle 40+ Referensi Ucapan Selamat Ulang Tahun buat Teman & Sahabat

Menyampaikan ucapan selamat ulang tahun buat teman adalah hal yang wajib diutarakan. Pasalnya, doa

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Wasiat yang Sah Menurut Hukum

Bicara soal wasiat tentu menjadi satu hal yang sensitif. Tak jarang, hal ini pun kerap menjadi pers

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia