Pinhome

Tips Properti

Mewujudkan Gambar Rumah Idaman

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Setiap orang pasti punya rumah idamannya masing-masing dan rumah tersebut adalah yang terbaik dengan dengan cara terbaik. Salah satu caranya adalah kita bisa melakukan pencarian gambar rumah idaman yang sesuia dengan karakter dan selera kita sebagai acuan pembangunan atau pembelian rumah idaman.

Untuk mendapatkan rumah idaman, kita bisa membeli rumah jadi atau kita bisa membangun rumah tinggal. Setiap pilihan punya kelebihan dan kekurangan tergantung kebutuhan dan kesanggupan kita masing-masing.

Tips Membuat Rumah Idaman

Jika kita memilih untuk membangun rumah di atas tanah milik kita, hal pertama yang harus kita lakukan adalah mencari gambar rumah idaman yang sesuai dengan keinginan dan budget kita. Hal ini akan membantu kita juga dalam urusan tata ruang dan desain interior rumah yang akan dibangun.

Kemudian, kita harus menyiapkan tema rumah idaman yang akan dibangun. Apakah kita menyukai rumah dengan rumah tipe minimalis, rumah modern, rumah kayu atau tradisional, semuanya tergantung pada keinginan dan ide kita. Dengan adanya tema rumah yang kita siapkan, arsitek pun mudah mewujudkan desain rumah idaman sesuai dengan impian kita. Usahakan arsitek yang kita pilih adalah arsitek yang mampu membaca pikiran kita dan memiliki wawasan yang luas agar bisa mendesain gambar rumah idaman sesuai dengan keinginan kita.

Setelah kita berkonsultasi dengan arsitek, saatnya mencari kontraktor atau tenaga profesional yang bisa mewujudkan desain gambar rumah idaman yang kita inginkan. Kita bisa menjalin komunikasi antara kita, arsitek dan tenaga profesional yang kita pakai agar proses pembangunan rumah idaman sesuai dengan yang kita inginkan.

Tips Membeli Rumah Idaman

Sementara kita yang ingin bekerja lebih simpel, kita bisa membeli rumah idaman. Ada banyak pilihan gambar rumah idaman yang bisa kita pertimbangkan. Kita pun bisa membeli rumah sesuai dengan dana kita, apakah akan membeli kontan atau menyicil.

Berikut beberapa tips membeli rumah idaman yang bisa kita lakukan, khususnya lagi bagi kita yang baru pertama kali membeli rumah:

  • Bagi kita yang sibuk, kita bisa menyewa agen untuk mencarikan rumah bagi kita. Biasanya agen bisa tahu mana harga paling murah yang sesuai dengan kemampuan kita. Dia juga bisa tahu harga rumah yang akan promo walau belum dipublikasikan.
  • Kita bisa mencari dan meriset rumah sendiri. Biasanya dibutuhkan waktu sekitar 6-8 minggu untuk meriset rumah yang akan dipilih baik via online maupun offline untuk survei. Kemudian, buatlah maksimal 7 pilihan rumah agar tidak terlalu sedikit atau banyak pilihan.
  • Beli rumah dengan KPR. Dengan pinjaman kita akan dibantu untuk membeli rumah idaman yang mungkin harganya tidak sedikit, tetapi kita harus pastikan kita mampu membayar.
  • Bernegosiasi harga rumah, tetapi kita harus memerhatikan kita tidak membandingkan harga rumah yang tipenya berbeda melainkan sesuai kebutuhan dengan harga terbaik bukan hanya termurah.

Apakah kita akan membeli rumah idaman dengan cara menyicil atau kontan, kemudian memilih rumah dalam kondisi benar-benar baru atau bekas. Sebagai informasi, membeli rumah yang benar-benar baru pun harus dipertimbangkan. Sebagai contoh, kita membeli rumah yang akan dibangun oleh developer, pastikan apakah tempat tersebut akan ramai atau kita malah tidak dijamin memiliki tetangga. Tentu tidak asyik, bukan? Kalau membeli rumah bekas, kita harus melakukan survei untuk memastikan apakah kondisi rumah tersebut masih memungkinkan. Kita tidak rugi membelinya karena tidak harus melakukan renovasi besar-besaran lagi.

Yang pasti, kita harus menyiapkan dana terlebih dahulu baru mencari rumah idaman, bukan sebaliknya 🙂

Tags :

Bagikan Artikel