Pengertian Proses Metamorfosis Kupu-Kupu

Dipublikasikan oleh Ramadhanti ∙ 19 July 2021 ∙ 4 menit membaca

Metamorfosis Kupu-kupu – Siapa yang tidak mengenal kupu-kupu? Salah satu serangga yang punya tubuh dan sayap yang cantik ini. Kupu-kupu merupakan salah satu serangga yang masuk dalam golongan ordo Lepidotera atau serangga bersayap. Ia termasuk salah satu serangga yang berperan membantu bunga-bunga tumbuh dan berkembang.

Bagi para petani padaumumnya, kupu-kupu sangat bermanfaat untuk melakukan penyerbukan. Akan tetapi sebelum menjadi kupu-kupu yang sempurna, serangga kecil ini seringkali memicu kemarahan petani karena mereka termasuk hama yang rakus.

Lalu, bagaimana proses hewan kecil ini bisa menjadi serangga yang sangat indah?

Tentunya melalui tahapan-tahapan pembentukan diri. Tahapan pembentukan diri pada kupu-kupu ini biasa disebut dengan istilah metamorfosis.

Apa itu metamorfosis? Apakah semua hewan mengalami metamorfosis? Nah pembaca yang budiman, di sini kami akan mengulas tentang proses metamorfosis kupu-kupu. Yuk, disimak!

Baca juga: Cara Mengusir Kecoa dengan Mudah dan Higienis

Pengertian Metamorfosis

Sumber: npr.org

Metamorfosis adalah proses pertumbuhan pada hewan yang melibatkan perubahan struktur fisik sejak menetas hingga tumbuh menjadi dewasa. Dalam proses pertumbuhannya ini, kondisi fisik pada hewan akan mengalami perubahan yang berbeda-beda akibat terjadinya diferensiasi sel secara radikal.

Lantas, apakah semua hewan mengalami metamorphosis? Tentunya tidak, hanya hewan tertentu saja seperti Crustacea, Echinodermata, Tunicate, katak dan kupu-kupu adalah salah satunya.

Proses Metamorfosis Kupu-Kupu

metamorfosis kupu kupu
Sumber: 99.co

Bisa diakui jika kupu-kupu merupakan serangga yang sangat indah. Bahkan tak sedikit orang menjadikannya sebagai hewan peliharaan. Caranya adalah dengan menanam bunga sebanyak-banyaknya, maka kupu-kupu akan berdatangan dengan sendirinya. saking indahnnya sampai ada yang menangkap hanya sekadar untuk dijadikan peliharaan.

Nah, berikut ini adalah proses metamorfosis kupu-kupu yang perlu Anda ketahui.

1. Bertelur

fase telur pada kupu kupu
Sumber: moondooggiesmusic.com

Kupu-kupu awalnya terbentuk dari telur dan biasanya bisa kita temukan di dedaunan. Bentuk telurnya kecil-kecil, berwarna putih dan bulat. Umumnya mereka akan bertelur di daun yang mereka suka, sehingga saat menetas, mereka bisa dengan mudah mendapat makanan.

Jumlah telur kupu-kupu juga berbeda-beda, tergantung jenisnya. Kupu-kupu betina biasanya mampu menghasilkan telur antara 100 sampai 300 telur, dan akan bertahan selama tiga sampai lima hari sebelum menetas.

Baca juga: Klasifikasi Kupu Kupu, Penjelasan Lengkap

2. Larva

Sumber: pisels.com

Fase larva ini biasa disebut dengan ulat. Ketika menjadi ulat, larva akan memakan tumbuhan sehingga seringkali merugikan manusia.

Pertumbuhan ulat dikatakan cepat, dan mereka akan berganti kulit karena ukuran tubuhnya yang melebihi kulitnya. Ulat bisa berganti kulit sebanyak empat sampai enam kali dan proses pergantian kulit ulat ini disebut molting.

3. Fase Kepompong (Pupa)

kepompong
Sumber: tokopedia.com

Pada fase ini, mereka akan membungkus dirinya dengan daun atau disebut dengan istilah kepompong. Umumnya, kepompong memiliki warna coklat atau juga hijau, dengan tujuan untuk menyamar dari lingkungan sekitar tempat tinggalnya.

Kepompong ini memiliki struktur kulit yang halus dan keras. Sering kali mereka hanya berdiam diri dan tidak melakukan aktivitas apapun. Namun, pada saat inilah mereka akan melalui transformasi yang luar biasa, yang disebut dengan metamorfosis.

Lama pembentukannya tergantung dari spesiesnya. Tetapi secara umum, butuh waktu sekitar tujuh sampai dua puluh hari. Setelah melewati fase ini, barulah mereka lanjut ke fase berikutnya yaitu fase imago atau fase kupu-kupu.

4. Kupu-kupu

Sumber: zonaliterasi.id

Setelah melewati beberapa tahapan pembentukan diri atau metamorfosis, barulah ulat tadi berubah menjadi kupu-kupu yang indah dengan sayap yang cantik.

Setelah keluar dari kepompong, sayap kupu-kupu masih dalam kondisi basah, kusut, kecil dan kadang masih terdapat cangkang kepompong yang menempel ditubuhnya.

Nah cairan yang menempel pada sayap kupu-kupu itu disebut Hemolympah, berfungsi untuk memperbesar sayap dan tubuhnya.

Baca juga: Kerajinan Tangan Kupu-Kupu Dari Kertas Dan Cara Membuatnya

Kesimpulan

Kupu kupu merupakan serangga yang mengalami metamprfosis sempurna karena mengalami 4 tahapan perubahan, mulai dari telur, larva, kepompong dan menjadi kupu-kupu dewasa. Serangga yang mengalami 4 fase perubahan selalu identik dengan metamorfosis sempurna. Begitulah fase pembentukan diri kupu-kupu untuk menjadi sesuatu yang indah dan disukai banyak orang.

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Source: pexels

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil 16 Motif Keramik Dinding Luar yang Awet

Keramik adalah salah satu material yang sering digunakan untuk lapisan dekorasi dinding. Pins dapat

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Model Keramik Kamar Mandi Abu-Abu

Interior kamar mandi dapat menggunakan material keramik untuk bagian lantai maupun dinding. Pemilih

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Desain Roster Keramik Mewah dan Manis

Roster atau lubang angin merupakan ventilasi yang dibutuhkan setiap rumah agar ruangan di dalamnya

Teknik Sipil
Teknik Sipil 12 Inspirasi Keramik Hitam Cocok untuk Ruangan Apapun

Material keramik banyak digunakan untuk melengkapi interior rumah, baik di ruang tamu, kamar, dapur

Lifestyle
Lifestyle Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil, Simak Cara Membuatnya!

Ingin membeli mobil? Atau malah sedang ingin menjual mobil yang kamu miliki? Eits, jangan sampai ke

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia