Merpati Balap dan Semua Hal yang Harus Kamu Ketahui - Pinhome

Pinhome

Merpati Balap dan Semua Hal yang Harus Kamu Ketahui

Dipublikasikan oleh Mega Puspita Ratna ∙ 3 November 2021 ∙ 7 menit membaca

Merpati balap tinggian atau yang lebih dikenal dengan sebutan Merpati Kolong merupakan salah satu dari beberapa jenis Merpati balap yang cukup digemari pecinta burung Merpati.

Pinhome – Yang menjadi pembeda dan memiliki keunikan tersendiri dibandingkan Merpati balap lainnya adalah dengan adanya 4 tiang berdiri membentuk kubus yang diatasnya dihubungkan dengan sebuah tali sebagai syarat sah nya Merpati balap memasuki finish.

Seperti hal nya dengan jenis permainan Merpati Balap Sprint, permainan Merpati Kolong memanfaatkan keket nya Merpati jantan pada Merpati betina pasangannya, sehingga jika Merpati jantan dilepas akan segera terbang secepat kemampuannya untuk mendekati pasangannya yang berada di area finish.

Jika dibandingkan dengan permainan burung Merpati balap sprint yang mengutamakan kemampuan adu kecepatan terbang Merpati jantan, beda halnya dalam permainan Merpati Kolong lebih mengutamakan kemampuan Merpati untuk adu turun (dive).

Baca Juga: 

Jenis Burung Merpati Kolong

Terdapat 2 jenis burung merpati Kolong yaitu Merpati Kolong meja dan Merpati Kolong (bebas). Yang membedakan dari kedua jenis Merpati Kolong tersebut hanya pada tempat hinggapnya sebagai garis finish.

Merpati Kolong meja tempat hinggap Merpati berupa meja sedangkan Merpati Kolong bebas tempat hingga ditanah bebas selama masih berada area yang ditentukan.

Baca juga : Jenis Pakan Merpati Balap Agar Tetap Sehat

Karakteristik Merpati Balap Tinggian Kolong

Merpati Kolong
(Pixabay)

Hingga saat ini dikalangan para penghobi Merpati tinggian Kolong belum memiliki data lengkap tentang karakteristik Merpati Balap tinggian Kolong yang menjelaskan tentang kecepatan terbang dan pola terbang burung Merpati balap tinggian.

Kecepatan terbang burung Merpati Kolong salah satunya ditentukan oleh karakteristik yang dimiliki oleh burung Merpati balap tersebut, yang diantaranya:

  • Bentuk badan, akan berpengaruh pada hambatan angin saat Merpati balap terbang melaju dengan cepat baik saat terbang datar maupun turun (dive).
  • Warna iris mata pada burung Merpati memiliki pengaruh pada penglihatan Merpati balap saat adu terbang dengan kecepatan tinggi.
  • Tipe bulu sayap berpengaruh terhadap kecepatan terbang.
  • Tipe bulu ekor berpengaruh terhadap kelincahan ketika terbang.
  • Bentuk kepala berpengaruh terhadap kecerdasan.

Baca Juga: Jenis Pakan Merpati Balap agar Tetap Sehat

Gaya Turun Merpati Kolong

Gaya turun Ngondol-ngondol, dimana Merpati Tinggian yang saat turun dengan cara mendorong tubuhnya yang tidak hanya mengandalkan gaya gravitasi bumi saja.

Gaya turun seperti ini bisa dilakukan oleh Merpati balap tinggian Kolong dengan gaya spin, goyang-goyang (shoot pendek) maupun diam (shoot panjang). Istilah “Ngondol-ngondol” mengacu pada perilaku anjing yang memperoleh makanan dalam perebutan dengan kelompoknya kemudian dibawa lari melesat meninggalkan kelompoknya.

Merpati Tinggian akan terlihat saling bergantian memimpin dan ingin selalu mendahului jika Merpati Tinggian yang diadu memiliki kemampuan turun ngondol-ngondol.

Ada beberapa ciri-ciri yang bisa kita lihat pada Merpati Tinggian yang memiliki kemampuan turun “ngondol-ngondol” antara lain yaitu leher, letak tulang dada, bahu, pegangan, bulu, sapit urang, pinggang dan sifat bawaan.

  • Merpati Tinggian dengan kemampuan turun “ ngondol-ngondol” bila diberi lawan dengan kemampuan turun diam akan terlihat jauh meninggalkan lawan terbangnya.
  • Merpati Tinggian dengan kemampuan turun “ ngondol-ngondol” bila diberi lawan dengan kemampuan turun yang sama, akan terlihat memimpin secara bergantian (terlihat kejar-kejaran).

Baca Juga: Cara Menghitung Lar Merpati Balap

Peran Joki di Dunia Burung

Merpati Kolong
(Pixabay)

Merpati balap tidak lepas dari Joki dan asistennya. Karena joki memiliki peran yang sangat penting dalam memenangkan lomba.

Apa sih tugas joki Merpati balap? Joki bertugas untuk menangkan jantan dan memegang betina (ngeplak atau ngeplek).

Ia juga dibantu seorang asisten yang berfungsi sebagai penggabur (pembawa jantan). Sangat dianjurkan joki memakai baju dengan warna tetap selama latihan dan lomba. Tujuannya supaya Merpati sudah mengenalnya dari jarak jauh.

Baca Juga: Cara Mengobati Tetelo pada Merpati Balap

Perawatan Harian Merpati Tinggian Juara

Merawat Merpati tinggi juara masing masing orang berbeda, itu sah sah saja. Berikut ini salah cara perawatan Merpati tinggi yang sudah pernah berprestasi kami dikutip dari berbagai sumber.

1. Pakan

Langkah awal perawatan Merpati Tinggian memperhatikan pakan seperti jagung, beras merah dan kacang hijau dengan minuman air minum dicampur dengan neo antiseptic. Selain itu, berikan racikan jamu Merpati Kolong alami seperti di bawah.

2. Dijemur

Merpati juga harus dijemur setiap pagi dibawah sinar matahari langsung agar burung tidak mudah kena penyakit dan membuat tulang mereka kuat.

3. Latihan

Latihan salah satu syarat Merpati dapat berprestasi atau tidak. Melatih burung harus dimulai dari anak burung sampai burung mau ikut lomba.

4. Uji Coba

Selain dilatih sendiri Merpati juga rajin di uji coba dengan burung Merpati milik tetangga atau teman sesama penghobi.

5. Jenis Merpati

Jenis Merpati juga harus diperhatikan. Salah dalam memilih jenis Merpati tidak akan berprestasi walau dilatih sekeras apapun.

Baca Juga: Cara Merawat Merpati Balap untuk Pemula

Racikan Jamu 

Selain perawatan harian Merpati Kolong yang baik dan benar, maka burung Merpati harus memiliki stamina yang kuat saat dilomba. Banyak cara untuk menambah stamina Merpati tinggian Kolong seperti jenis pakan yang diberikan baik pabrikan atau buatan sendiri

Bahan racikan jamu Merpati tinggian

  1. Kuning telur ayam kampung/ bebek/Entok tiga butir.
  2. Madu alam murni/klanceng 10 sendok makan.
  3. Kunyit/ kunir yg sudah dihaluskan 10 sendok makan.
  4. Kencur yg sudah dihaluskan 5 sendok makan.
  5. Temu kunci 1 ujung jempol.
  6. Ubi rumput teki. 5 buah.
  7. Sarang burung walet (Jika Ada).

Cara Pembuatan Jamu Merpati Kolong

  1. Kuning telur dicampur dengan madu, aduk sampai kental.
  2. Temu kunci dibakar kemudian diparut atau ditumbuk hingga halus.
  3. Kunyit dan kencur Serta Umbi Rumput teki yg sudah di bakar sebelum di haluskan.
  4. Semua bahan dicampur dengan adonan kuning telur dan madu, aduk sampai rata dan kental.
  5. Jemur di terik matahari sampai setengah kering, baru kemudian buat butiran–butiran pil kecil, jemur lagi dan siap sebagai asupan player.
  6. Pada saat Merpati tinggian latihan diberikan tiap malam dan dalam kondisi istirahat cukup. berikan 2 – 3 hari sekali 1 butir.

Baca Juga: Manfaat Buah Kersen Untuk Burung Kicau

Vitamin untuk Merpati Kolong

Selain racikan jamu Merpati tinggian di atas, Pins juga dapat memberikan asupan tambahan 2 hari sebelum latihan. Tambahkan asupan hati ikan laut yang telah dikeringkan secukupnya.

Sedangkan tiap minggu sekali Pins bisa memberikan Minyak Ikan/ Scott Emulsion, Vitamin A, Vitamin B komplek, Vitamin C

Sayangilah Merpatimu, Kelak mereka akan membuatmu bangga.

Baca Juga: Manfaat Jangkrik untuk Merpati Balap

Cara Memilih Merpati Kolong yang Bagus

Merpati Tinggian yang bagus yaitu berasal dari induk berprestasi dengan silsilah Merpati tinggian Kolong yang jelas dan induk sudah juara. Bakalan Merpati seperti itu tentu saja harga tinggi di pasaran burung. Apa lagi berasal dari Induk sudah sering juara di berbagai arena lomba.

Baca juga : Silsilah Merpati Balap Juara Nasional

Kalau yang banyak uang tidak masalah, bagaimana dengan penggemar modal kecil, akan sulit mendapat Merpati Tinggian berkualitas baik. Oleh karena itu, Pins perlu cek ulang tentang Cara Memilih Merpati Balap Yang Bagus Prospek Juara.

Merpati Kolong Termahal

Merpati Kolong
(Pixabay)

Dengan semakin terstrukturnya komunitas Merpati di Indonesia menjadikan juga lebih banyak event bergengsi yang diselenggarakan. Mulai tingkat daerah maupun nasional.

Dengan kompetisi yang sedemikian sulit dan ketat mengeluarkan beberapa Merpati balap tinggian juara yang bahkan menjadi langganan.

Dengan menjadi Merpati balap tinggian juara pada event-event bergengsi tentu saja menaikkan gengsi team dan tentu saja menaikkan harga jual burung tersebut. Beberapa harga Merpati juara tersebut bahkan membuat rekor baru dalam bursa transfer burung Merpati yang ada di Indonesia yang termasuk kedalam jajaran burung Merpati termahal.

Baca Juga: Cara Memilih Merpati Balap Prospek Juara

Nama Merpati Kolong Termahal di Indonesia

  • Merpati Lemon Tea 130 Juta Lemon tea (dari batam, dan dilatih oleh team GHOIB DAY jakarta).
  • Merpati Bola Mas 135 Juta (dari team TJ SAN SAN GOMES pekalongan).
  • Merpati Nokia 140 Juta.
  • Merpati Jendral 350 Juta (Merpati RBT dan Baron Tegal menggaet jendral dari team fai brebes).
  • Merpati Qiu Qiu 500 Juta (QQ di takeover oleh team Elite Tangerang (Tjan Billy) dari team Halilintar Pekalongan).
  • Merpati Lets Go 527 Juta.
  • Merpati Dori 570 Juta.
  • Merpati Kolong termahal dipegang Merpati Jayabaya dengan harga 1 miliar. (Merpati yang ditebus Robby Eka Wijaya dari Aristyo Setiawan)

Kesimpulan

Selain harus memiliki kecepatan, Merpati balap tinggian Kolong harus memiliki kemampuan yang mumpuni saat turun sehingga Merpati tinggian Kolong juara lomba. Akan tetapi, kesemuanya juga ditunjang dengan karakteristik Merpati tinggian Kolong.

Baca Juga: Analisa Cara Ternak Burung Merpati

————————————— 

Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel