Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • 3 Tips dan Cara Menjemur Pakaian di Rumah Agar Kering dengan Cepat

Lifestyle

3 Tips dan Cara Menjemur Pakaian di Rumah Agar Kering dengan Cepat

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya ∙ 23 September 2021 ∙ 5 menit membaca

Dalam berumah tangga terdapat banyak kegiatan rumah yang perlu dilakukan setiap harinya. Salah satunya adalah kegiatan mencuci pakaian anggota keluarga yang menjadi rutinitas harian yang tidak dapat ditinggalkan. Mencuci pakaian pada zaman sekarang bukanlah hal yang sulit dilakukan karena telah hadirnya mesin cuci dengan teknologi canggih yang dapat memudahkan mencuci pakaian. Dengan mesin cuci Pins hanya perlu memasukkan pakaian dan menambahkan bubuk detergen. Setelah itu Pins cukup menunggu hingga proses mencuci otomatis selesai. Tapi, jangan lupakan proses selanjutnya yaitu menjemur pakaian.

Pinhome – Mencuci pakaian memang kegiatan harian yang terbilang mudah. Namun, ternyata dewasa ini masih banyak orang yang kesulitan bahkan kewalahan akan menjemur baju karena beberapa faktor yang dapat merepotkan. Musim hujan adalah salah satu faktor yang dapat menghambat proses pengeringan pakaian yang sudah dijemur. 

Selain itu, masih ada beberapa faktor yang menjadi penyebab pakaian rusak karena metode pengeringan yang tidak tepat. Terbilang mudah namun kenyataannya tidak selalu lancar ketika dipraktekkan. Bagi Pins yang kesulitan dan bingung bagaimana cara mengeringkan pakaian atau menjemur pakaian yang baik dan cepat kering, mari simak artikel ini yang akan memberikan tips dan cara menjemur cucian yang baik. 

Tips Menjemur Baju Cepat Kering

(Pinterest)

Dalam menjemur baju terdapat beberapa hal yang perlu Pins perhatikan dan lakukan agar pakaian dapat kering dengan optimal dan tidak apek. Terlebih jika sedang musim hujan yang menjadi faktor pengganggu utama dalam mengeringkan pakaian. Perhatikan langkah-langkah cara mengeringkan pakaian yang benar di bawah ini. 

Memeras Pakaian 

Hal pertama yang perlu Pins lakukan dalam mengeringkan pakaian dengan benar adalah memeras air yang membasahi pakaian. Jika Pins menggunakan mesin cuci, terdapat sistem otomatis yang akan membantu mengeringkan pakaian hingga lembab. Memang tidak seutuhnya kering, namun proses tersebut sudah membantu Pins mengeringkan 60% air pada pakaian. 

Dalam memeras pakaian pun tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Tidak semua pakaian dapat Pins keringkan dengan memeras pakaian dengan kuat karena hal tersebut dapat merusak tekstur pakaian. Oleh karena itu, sebelum memeras pakaian Pins perlu identifikasi terlebih dahulu mana pakaian yang dapat diperas dan mana pakaian yang tidak boleh diperas dengan tangan karena dapat merusak pakaian tersebut. 

Baca juga: Tutorial Manfaatkan Pipa PVC Sebagai Alat untuk Menjemur

Menggantung Pakaian 

Proses kedua setelah memeras pakaian, hal kedua yang harus Pins lakukan dengan baik adalah menggantung pakaian yang sudah setengah kering. Sebelum menjemur pakaian, Pins perlu memilah pakaian yang sudah diperas. 

Pakaian yang sudah diperas perlu Pins bentangkan dari lipatan perasan karena dapat membuat pakaian sangat kusut jika sudah kering. Hal tersebut mempengaruhi proses pengeringan pakaian supaya cepat mengering. 

Setelah itu Pins perlu memperhatikan langit di luar, jika matahari sedang panas maka Pins dapat menjemur pakaian di luar ruangan dan lebih cepat mengering. Namun, jika di luar langit sedang menuju hujan maka Pins terpaksa menjemur di lahan yang tertutup atap. 

Jika Pins menjemur di dalam ruangan maka Pins perlu memilih ruangan yang udaranya bersirkulasi dengan baik. Pins dapat memilih ruangan terbuka seperti teras rumah yang tetap aman dari terpaan hujan. 

Jika tidak ada, Pins juga bisa menggunakan ruangan yang memiliki jendela agar tetap ada udara yang masuk. Dengan begitu jemuran tidak apek karena kelembaban ruangan yang minim. 

Perhatikan Terik Sinar Matahari

Cara menjemur pakaian yang baik selanjutnya adalah dengan memperhatikan arah dari terik sinar matahari. Sinar matahari sangat diperlukan dalam mengeringkan pakaian yang basah, namun hal tersebut juga sekaligus dapat merusak warna pada pakaian jika tidak diperhatikan dengan baik. Sinar matahari yang terlalu panas dapat merusak tekstur pakaian menjadi sangat keras dan warna pada pakaian dapat cepat pudar karena teriknya matahari. 

Jika sinar matahari sedang terik dan sangat panas seperti jam 12 siang, Pins cukup menjemur cucian di daerah yang tidak terpapar langsung oleh sinar matahari. Dengan tempat yang teduh Pins tetap dapat membuat pakaian kering dengan baik. 

Pins dapat memilih teras rumah atau tempat yang ternaungi oleh pohon rindang. Selain itu, Pins juga bisa menggunakan tempat parkir kendaraan yang tertutup oleh kanopi. Dengan begitu, pakaian dapat kering dengan baik dan tidak merusak warna pakaian. 

Hal yang Harus Dihindari saat Menjemur Pakaian

(Pinterest)

Dalam proses pengeringan pakaian banyak hal yang perlu Pins perhatikan agar pakaian dapat kering dengan baik. Oleh karena itu, simak beberapa poin di bawah ini yang harus Pins hindari ketika menjemur baju agar tidak merusak pakaian yang dijemur. 

Pakaian Dijemur Tanpa Dibalik

Poin pertama yang biasa dilakukan dengan cara yang salah adalah menjemur dengan tidak membalikkan sisi dalam pakaian. Jika Pins menjemur sisi luar pakaian dapat menjadi faktor warna pakaian cepat pudar dan rusa. Selain itu, debu dan kuman juga dapat menempel pada sisi pakaian yang dapat menyebabkan penyakit kulit. 

Membiarkan Pakaian setelah Mencuci

Kesalahan yang satu ini banyak dilakukan oleh orang-orang yaitu membiarkan pakaian yang sudah selesai dicuci namun tidak langsung dijemur. Pakaian yang tidak segera dijemur setelah dicuci dapat menjadikan pakaian lembab dan dapat mengundang jamur pada pakaian. Bau tidak sedap pun akan cepat menghinggapi pakaian yang menjadikan pakaian berbau apek setelah kering. 

Tidak Memperhatikan Terik Matahari

Poin yang satu ini merupakan hal yang paling sering dilakukan dalam menggantung jemuran. Terik matahari yang sangat panas dapat merusak warna pada pakaian sehingga warna pada pakaian cepat memudar. Selain itu, panas dari matahari yang terlalu terik dapat membuat pakaian mengeras dan merusak tekstur pada beberapa pakaian yang rentang. Maka dari itu, diperlukannya pengamatan terhadap sinar matahari ketika hendak menggantung jemuran. 

Baca juga: Menyiasati Lahan Sempit Ruang Laundry Minimalis Tetap Fungsional

Itulah beberapa tips dan cara menjemur pakaian yang baik agar pakaian tidak cepat rusak. Hindari juga beberapa hal yang dapat menyebabkan rusaknya pakaian ketika dijemur. Semoga bermanfaat!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel