BlogPemilik PropertiDesain Hunian6 Cara Meninggikan Rumah Tanpa Bongkar Agar Anti Banjir
0
0

6 Cara Meninggikan Rumah Tanpa Bongkar Agar Anti Banjir

Dipublikasikan oleh Omri Cristian dan Diperbarui oleh Omri Cristian

Sep 11, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
meninggikan rumah tanpa bongkartop-right-banner

Banjir dapat menimbulkan kerugian materi dan non-materi yang cukup besar, termasuk kerusakan rumah. Untuk menghindari kerusakan akibat banjir, Pins dapat meninggikan rumah tanpa bongkar.

Salah satu hunian bebas banjir yang bisa Pins pertimbangkan adalah Kronjo Regency atau rumah dijual di Tangerang Selatan lainnya.

Untuk pilihan rumah lainnya, kamu bisa cek Rumah Ekslusif, daftar pilihan rumah terbaik dari Pinhome. Pins juga bisa menelusuri rumah bekas bebas banjir seperti rumah second di kota Jakarta Pusat

Nah, selain itu ada beberapa cara untuk meninggikan rumah, salah satunya adalah dengan membongkar rumah dan membangun kembali. Namun, cara ini membutuhkan biaya yang cukup besar dan membutuhkan waktu yang lama.

Cara Meninggikan Rumah Tanpa Bongkar

Berikut ini adalah 6 cara meninggikan rumah tanpa bongkar agar anti banjir:

1. Tambahkan Lantai Baru

Source : Depositphotos

Salah satu cara yang paling umum digunakan untuk meninggikan rumah adalah dengan menambahkan lantai baru di atas lantai yang sudah ada. 

Ini adalah cara yang efektif untuk memaksimalkan ruang yang ada dan memberikan fleksibilitas dalam merencanakan rumah Pins. 

Dengan menambahkan lantai baru, Pins dapat memiliki lebih banyak ruang untuk kamar tidur tambahan, ruang keluarga, atau bahkan ruang kerja di rumah.

Namun, penting untuk diingat bahwa penambahan lantai baru harus dilakukan dengan hati-hati. Pins perlu memastikan bahwa struktur bangunan Pins dapat mendukung beban tambahan dari lantai baru ini. 

Hal ini biasanya melibatkan pemasangan kolom dan balok baru untuk menjaga stabilitas bangunan Pins. 

Jadi, sebelum memutuskan untuk menambahkan lantai baru, konsultasikan dengan seorang arsitek atau insinyur sipil yang berpengalaman untuk merencanakan proyek ini dengan baik.

2. Gunakan Rumah Modular

Salah satu alternatif menarik untuk meninggikan rumah Pins adalah dengan menggunakan rumah modular. Rumah modular adalah rumah yang dibangun di pabrik dan kemudian dirakit di lokasi.

Salah satu keunggulan utama dari rumah modular adalah bahwa rumah ini dapat ditempatkan di atas tiang pancang, sehingga rumah Pins akan terangkat dari permukaan tanah. Hal ini sangat berguna jika Pins tinggal di daerah yang sering terkena banjir.

Rumah modular juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan Pins. Pins dapat merancang tampilan rumah sesuai dengan gaya yang Pins inginkan. 

Selain itu, proses pembangunan rumah modular biasanya lebih cepat daripada membangun rumah konvensional, sehingga Pins dapat segera menikmati rumah Pins yang baru.

Baca juga: Cara Melindungi Rumah dari Banjir

3. Manfaatkan Loft Conversion

Loft conversion adalah proses yang melibatkan transformasi ruang bawah atap menjadi ruang yang dapat digunakan. Pins dapat mengubahnya menjadi kamar tidur tambahan, ruang keluarga, atau bahkan ruang kerja. 

Loft conversion adalah cara yang efisien untuk meningkatkan ruang fungsional dalam rumah Pins tanpa harus memperluas bangunan secara horizontal.

Proses loft conversion biasanya melibatkan pemasangan lantai, dinding, dan atap tambahan. Pins juga perlu memastikan bahwa ruangan tersebut memiliki sirkulasi udara yang baik dan pencahayaan yang memadai. 

Penting untuk merencanakan loft conversion dengan hati-hati dan memastikan bahwa struktur bangunan Pins mendukung perubahan ini.

4. Tambahkan Material Penutup Tanah

Source : iStock

Salah satu cara lain untuk melindungi rumah dari banjir adalah dengan menambahkan material, seperti beton, batu, atau tanah, untuk menutupi tanah di sekitar rumah Pins.

Material ini membantu mengalirkan air hujan dari rumah Pins, sehingga mengurangi risiko banjir. Ini adalah pilihan yang efektif untuk menghadapi cuaca ekstrem.

5. Perluas Bagian Tertentu

Jika Pins memiliki anggaran terbatas atau hanya ingin memperluas bagian tertentu dari rumah Pins, Pins dapat mempertimbangkan untuk meninggikan bagian tersebut. 

Misalnya, Pins dapat mempertimbangkan untuk memperluas garasi Pins atau merenovasi ruang tamu. Ini akan memberikan ruang tambahan tanpa harus memperluas seluruh rumah.

6. Gunakan Jasa Kontraktor Berpengalaman

Source : Adobe Stock

Penting untuk diingat bahwa setiap proyek perluasan atau perubahan struktural pada rumah Pins harus dilakukan dengan hati-hati dan oleh profesional yang berpengalaman.

Menggunakan jasa kontraktor yang berpengalaman dan memiliki izin yang berlaku adalah langkah penting untuk memastikan bahwa pekerjaan dilakukan dengan benar dan aman.

Ketika Pins bekerja dengan kontraktor berpengalaman, mereka dapat membantu Pins merencanakan proyek, memilih material yang sesuai, dan memastikan bahwa semua perubahan mematuhi peraturan dan standar bangunan yang berlaku. 

Jadi, sebelum Pins memulai proyek perluasan atau perubahan rumah, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan profesional.

Baca juga: Memilih Jasa Kontraktor Arsitek dan Masalah yang Sering Timbul Saat Membangun Rumah

Bahaya Banjir Bagi Rumah

Source : Unsplash

Rumah adalah tempat yang seharusnya memberikan perlindungan dan kenyamanan bagi penghuninya. Namun, ketika rumah terkena banjir, berbagai bahaya dapat mengancam, termasuk:

1. Kerusakan Struktural

Air banjir yang masuk ke dalam rumah dapat merusak struktur bangunan. Ini termasuk dinding, lantai, plafon, dan pondasi. Kerusakan struktural ini bisa sangat parah dan memerlukan biaya besar untuk perbaikan.

2. Kerusakan Peralatan dan Barang Bawaan

Source : Depositphotos

Banjir dapat merusak peralatan rumah tangga seperti mesin cuci, kulkas, televisi, dan lainnya. Selain itu, barang-barang berharga seperti perabotan, pakaian, dan barang berharga lainnya juga dapat rusak atau hilang akibat banjir.

3. Bahaya Kesehatan

Air banjir seringkali tercemar oleh limbah dan kuman, sehingga dapat menyebabkan bahaya kesehatan bagi penghuni rumah yang terkena banjir. 

Infeksi kulit, penyakit pernapasan, dan penyakit air minum yang terkontaminasi adalah beberapa masalah kesehatan yang dapat timbul.

Baca juga: 13 Cara Mencegah Banjir Agar Tidak Terjadi

4. Gangguan Listrik dan Peralatan

Banjir juga bisa menyebabkan gangguan listrik di rumah. Air yang masuk ke dalam rumah dapat merusak sistem listrik dan menyebabkan kebakaran. Selain itu, peralatan listrik yang terendam air juga dapat menjadi bahaya.

Demikianlah 6 cara meninggikan rumah tanpa bongkar agar anti banjir. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Pins.

Baca juga: Anggaran Biaya Pasang Listrik Rumah yang Harus Disiapkan

Source Feature Image: iStock


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Nismara Harapan Indah dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download