Pinhome

  • Blog
  • Finansial
  • Tips Aman Menggunakan dan Mengirim Uang Via ATM Mandiri

Tips Aman Menggunakan dan Mengirim Uang Via ATM Mandiri

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 2 November 2021 ∙ 5 menit membaca

Anjungan Tunai Mandiri atau ATM merupakan salah satu sarana perbankan yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Hampir setiap bank yang ada di Indonesia menyediakan layanan ini, baik bank milik swasta maupun BUMN. Di antaranya yaitu Bank Mandiri yang merupakan bank kenamaan di Indonesia. Bank ini telah memiliki banyak mesin ATM Mandiri yang bisa digunakan oleh nasabahnya.

Pinhome – Mesin ATM hadir guna mempermudah berbagai transaksi perbankan yang bisa digunakan secara langsung oleh nasabah. Pengguna bisa menikmati layanan perbankan seperti cek informasi saldo, penarikan tunai, pengiriman uang, pembayaran tagihan, dan lain-lain. Selain itu, banyak ATM di Indonesia yang beroperasi selama 24 jam sehingga bisa digunakan kapanpun.

Di antara banyaknya kemudahan dan keuntungan yang didapat dari transaksi melalui ATM, tidak bisa dipungkiri bahwa keamanannya lebih longgar jika dibandingkan dengan kantor cabang bank. Tidak semua pusat ATM memiliki penjagaan yang ketat. Oleh karena itu, terkadang berbagai kejahatan mengincar para pengguna ATM.

Baca Juga: Cara Transfer Uang Di ATM BRI Dan Cek Tabungan

Supaya Pins lebih nyaman ketika bertransaksi di mesin ATM, ada beberapa langkah pencegahan yang bisa dilakukan. Baca artikel ini sampai selesai, ya!

Bahaya yang Mengintai Pengguna ATM

(Digital Station)

Pelaku kriminal yang menargetkan pengguna ATM tentunya mengincar uang yang dimiliki oleh nasabah. Selain pencurian secara langsung seperti dengan mengancam korban atau melakukan penjambretan, pelaku juga menggunakan cara-cara lain yang semakin canggih.

Salah satu modus operandi yang perlu diwaspadai yaitu skimming kartu ATM. Pelaku akan memasang sebuah alat di tempat untuk memasukkan kartu, lalu memindai informasi digital yang terdapat di dalamnya. Kemudian, pelaku akan memindahkan atau meng-copy informasi tersebut ke kartu ATM kosong. Melalui cara ini, pelaku akan memiliki kartu yang identik dengan milik korban.

Selain itu, pelaku juga bisa memasang kamera tersembunyi guna mengetahui nomor PIN dari pengguna mesin ATM. Hal ini dilakukan supaya pelaku bisa dengan bebas mengakses kartu ATM yang telah digandakan. Setelah melakukan kedua hal tersebut, pelaku akan menguras habis isi dari rekening korban.

Tips Transfer Aman di ATM Mandiri

(Tempo)

Baca Juga: Kode Bank Mandiri Dan Langkah-Langkah Transfer Uang Via ATM

Lokasi-lokasi ATM yang tersebar sebenarnya telah memiliki sistem keamanan sendiri. Sebagai contoh, kalau Pins masuk ke bilik ATM Mandiri, maka akan menemukan kamera pengawas. Selain itu, terdapat pula cermin cembung di mesin ATM yang bisa memantulkan kondisi di belakang pengguna.

Walaupun begitu, tidak ada salahnya bagi nasabah untuk melakukan berbagai tindakan preventif guna terhindar dari pencurian di mesin ATM. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan supaya aman saat memakai ATM yaitu sebagai berikut.

  • Periksa Kondisi Mesin ATM

Seperti di penjelasan sebelumnya, pelaku kejahatan bisa memasang alat skimming untuk mendapatkan informasi kartu. Kalau Pins ingin lebih aman saat transaksi, pilihlah ATM yang memiliki sistem anti skimming seperti yang disediakan oleh Bank Mandiri. Jadi, saat Pins memasukkan kartu ATM Mandiri, tidak perlu khawatir dengan kebocoran data.

Selain memeriksa kondisi dari ATM, kamu juga perlu untuk memperhatikan bilik tempat mesin tersebut berada. Pastikan terdapat kamera CCTV yang mengawasi pengguna.

  • Jaga Kerahasiaan PIN

Cara yang kedua yaitu berkaitan dengan PIN milik Pins. Nomor PIN merupakan kode untuk mengakses rekening bank, sehingga kerahasiaannya perlu untuk dijaga. Saat memasukkan nomor PIN ke mesin ATM, pastikan Pins menutupi tombol ketikan supaya tidak ada orang yang mengetahui kombinasi angka tersebut.

Kemudian, supaya PIN milik Pins lebih aman, gunakan nomor yang sulit untuk ditebak orang lain. Hindari penggunaan kombinasi yang mudah diketahui seperti tanggal lahir. Selain itu, kamu juga perlu untuk mengganti PIN secara berkala supaya apabila terjadi kebocoran, orang lain tetap tidak mengakses kartu ATM karena datanya sudah berubah.

  • Pilih ATM yang Berada di Tempat Umum

Pins juga bisa mempertimbangkan untuk selalu menggunakan mesin ATM yang berada di keramaian. Sebisa mungkin hindari lokasi-lokasi yang sepi. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kejahatan langsung seperti penjahat yang tiba-tiba menyergap dari belakang.

Mesin ATM yang berlokasi di tempat umum dan selalu ramai juga memiliki kemungkinan rendah untuk diutak-atik oleh oknum nakal. Kamu pun bisa lebih lega ketika menggunakan mesin tersebut dan bisa melakukan transaksi seperti transfer uang dengan lebih nyaman.

  • Jangan Membawa Uang dengan Mencolok

Tips menggunakan ATM secara lebih aman yang berikutnya yaitu berkaitan dengan pembawaan uang tunai. Saat ini, sudah terdapat banyak mesin ATM yang bisa digunakan untuk melakukan setoran tunai. Nasabah hanya perlu membawa sejumlah uang, memasukkannya ke mesin, dan akan langsung tercatat di rekening.

Kalau Pins hendak mengirimkan uang melalui ATM tapi saldonya tidak mencukupi, maka bisa memilih untuk melakukan setoran tunai terlebih dahulu. Setelah saldo di rekening mencukupi, barulah bisa mengirimkan uang sesuai dengan jumlah yang diperlukan.

Bagi kamu yang mentransfer uang dengan cara tersebut, jangan sampai uang yang dibawa menarik perhatian orang lain. Cukup bawa dengan tas kresek atau wadah seadanya sehingga para penjahat tidak mengetahui kalau kamu membawa sejumlah uang. Setelah sampai di mesin ATM, barulah keluarkan uang yang akan disetorkan, lalu lanjut melakukan transfer.

Hal yang sama juga berlaku kalau Pins melakukan penarikan dalam jumlah besar. Masukkan uang ke tempat yang tidak mencolok dan pastikan juga keamanannya.

Keberadaan mesin ATM memang memudahkan segala macam transaksi perbankan. Namun, kamu juga perlu memperhatikan keamanan ketika menggunakan mesin tersebut. Jangan sampai rekening kamu dibobol oleh orang lain!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Safina

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel