Pinhome

  • Blog
  • Kesehatan
  • Mengganggu & Merusak Mood, Yuk Tengok Cara Mengusir Lalat Ini, Dijamin Jitu!

Kesehatan

Mengganggu & Merusak Mood, Yuk Tengok Cara Mengusir Lalat Ini, Dijamin Jitu!

Ditulis oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 5 menit membaca

Tak peduli musim, lalat seringkali hadir mengganggu kenyamanan kita. Apalagi karena berada di wilayah tropis yang selalu terasa hangat, Indonesia menjadi habitat yang friendly buat hewan lalat. Jujur deh, kehadiran lalat tidak hanya mengganggu kebersihan dan kesehatan kita bersama, tapi juga merusak mood. Gak bisa dibiarkan, kita harus cari cara mengusir lalat. Saat ini juga!

Walaupun ukurannya kecil, keberadaan lalat seakan tiada habisnya. Terbang kesana-kemari, mau dipukul, gak kena-kena. Jarang sekali ada yang berhasil menepuk tewas seekor lalat, kan? Mau disemprot, takut racunnya ikutan terhirup. Apalagi kalau misalnya ia bertengger di dekat makanan, ya kali mau mengorbankan masakan yang sudah dibuat dengan susah payah? Ditambah lagi, setiap permukaan yang dihinggapi lalat otomatis terkontaminasi kotoran dan kuman yang tak nampak namun membawa berbagai sumber penyakit.

Tenang, Pins! Kita bisa kok membebaskan diri dari gangguan hewan menyebalkan ini. Yuk kita coba mengusir lalat dengan menggunakan beberapa bahan alami pengusir lalat berikut.

1. Kemangi
Tanaman yang mengeluarkan bau yang menyengat dapat dijadikan sebagai pengusir lalat yang ampuh. Kebetulan, salah satu tanaman yang paling sering digunakan adalah kemangi. Mudah didapatkan, harganya pun murah. Tanaman kemangi mengandung bahan anti bakteri yang bisa menciptakan lingkungan yang bersih di rumah kita. Cara menghilangkan lalat dengan memakai kemangi cukup mudah, hanya perlu meletakkan kemangi di berbagai sudut rumah. Untuk mendapatkan hasil maksimal, kamu bisa meletakkannya di dekat jendela. Selain kemangi, kamu juga bisa memakai bunga lavender atau daun mint.

2. Essential Oil
Lalat sangat membenci bau essential oil, Pins. Apalagi bau lavender ataupun kayu putih. Ekstrak lavender sendiri sudah digunakan untuk mengusir serangga dan melindungi pakaian dari rayap selama berabad-abad. Kamu bisa meletakkan essential oil di berbagai penjuru rumah, ataupun kamu juga bisa menyemprotkannya di beberapa sudut untuk menyebarkan wanginya ke seluruh rumah.

3. Plastik bening yang diisi air
Nah, ini dia cara cerdik mengusir lalat yang paling sering kita temui sehari-hari. Menggantung plastik bening berisi air di depan jendela atau pintu terbukti ampuh mengusir lalat. Hal ini bisa terjadi karena mata lalat sangat sensitif akan pola dan pergerakan, sekecil apa pun itu. Sekantung air ini memantulkan cahaya ke sekelilingnya dan membuat lalat bingung sehingga ia terbang menjauh. Ya, meskipun memang sangat mudah dibuat, kadang cara ini tidak indah dipandang mata. Dan lagi, kita harus benar-benar memastikan ikatan kantung plastik ini kencang agar airnya tidak jatuh atau pun bocor.

4. Kapur barus
Kapur barus memiliki bau sangat kuat yang begitu dibenci oleh lalat. Seperti kemangi, kapur barus juga mengandung bahan anti bakteri dan anti virus yang mampu mengusir berbagai jenis serangga. Sebenarnya, kapur barus yang dijual luas sudah ampuh untuk mengusir lalat, tapi untuk meningkatkan kekuatannya, kamu bisa meletakkannya di tempat yang suhunya lebih tinggi seperti di bawah jendela agar aromanya lebih kuat tercium dan mengusir pergi para lalat.

5. Campuran cengkeh dan jeruk
Efek dari jeruk bisa semakin kuat jika kita mencampurkannya dengan cengkeh. Kamu bisa mencampurkan 10 hingga 15 buah cengkeh dengan buah lemon atau limau yang sudah dipotong-potong. Bungkus dengan cantik, lalu letakkan di dekat jendela atau pintu.

6. Kulit jeruk
Kamu baru saja ngemil buah jeruk? Eits, jangan dibuang dulu kulitnya. Kulit jeruk yang masih fresh mampu mengusir lalat, lho! Ekstrak jeruk sendiri dipakai luas secara komersil sebagai bahan pengusir lalat yang ampuh. Jangan lupa untuk memastikan kulit jeruk selalu masih dalam keadaan segar, ya! Segera ganti jika ia sudah mengering. Kamu juga bisa menggosok kulit jeruknya agar wanginya kembali kuat. Letakkan kulit jeruk di bawah jendela atau di dekat pintu agar lalat tidak bisa masuk.

Baca juga: Bingung Boleh, Putus Asa Jangan! Ini Cara Menghilangkan Lalat Si Pengganggu

Selain menangkal masuk lalat, kita bisa menggunakan perangkap lalat alami untuk menyingkirkan lalat yang sudah terlanjur membandel di dalam rumah, Pins. Tenang, bahan-bahannya alami dan bisa dengan mudah kita dapatkan, kok!

1. Perangkap cuka
Cuka terbukti ampuh menarik perhatian lalat. Kamu hanya perlu menuangkan sedikit cuka ke dalam gelas, lalu letakkan plastik tipis di atas gelas, lalu kencangkan dengan karet. Lubangi beberapa di bagian tengah, pastikan ukurannya cukup untuk lalat masuk tapi juga tidak terlalu besar sehingga ia mudah kabur begitu saja. Pins bisa bebas meletakkan perangkap cuka ini dimana saja.

2. Strip perangkap buatan rumah
Siapkan kertas coklat atau karton, lalu gunting hingga berbentuk strip. Campurkan ¼ cangkir madu dan ¼ cangkir gula. Kemudian oleskan secara merata di kertas, biarkan mengering. Lubangi kertas strip, ikat simpul. Nah, kini kamu bisa menggantungnya di berbagai penjuru rumah.

3. Perangkap madu
Madu memiliki aroma manis yang tajam dan tekstur yang sangat lengket untuk lalat. Jika kamu tidak memiliki madu, kamu bisa menggantinya dengan selai. Cara membuat perangkapnya pun sangat mudah. Ambil botol plastik, potong jadi dua. Isi bagian bawah botol dengan madu atau selai secukupnya, lalu lapisi dengan air sebanyak satu hingga dua inci. Balikkan botol dan letakkan bagian bawah botol. Cara ini mengubah botol sebagai corong dan tentunya hal ini menyulitkan lalat untuk kabur. Kamu bisa meletakkannya di tempat paling banyak lalat muncul dan berkeliaran.

4. Perangkap sabun cuci piring
Berbeda dengan penyemprot serangga yang dijual komersil, sabun cuci piring bebas zat beracun yang berakibat fatal kepada kita. Seperti yang kita tahu, saat terbaik untuk menggunakan semprotan anti serangga adalah di ruangan yang ventilasinya bagus. Nah, cara semprotan sabun cuci piring ini dinilai mampu mengusir lalat dengan tingkat bahaya yang lebih rendah.
Cara membuatnya pun sangat mudah, Pins hanya perlu menuangkan 10 tetes sabun cuci piring ke dalam botol semprot, tambahkan dua gelas air hangat, kemudian kocok perlahan. Kemudian Pins bisa menyemprotkannya langsung ke lalat yang mengganggu!


Nah, itu dia beberapa tips cara usir lalat dengan perangkap yang bisa kita buat sendiri ataupun beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengusir lalat, Pins. Kesemua bahan dan peralatan yang disebutkan sangat mudah untuk kita dapatkan sehari-hari. Jadi, jangan ragu untuk mencobanya ya!

Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel