Pinhome

Mengenal isi RUU HIP

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Pins, akhir-akhir ini pasti sedang ramai tentang RUU HIP kan? Nah, penasaran ga sih, sebenarnya ada apa? RUU HIP ini sedang ramai dibahas oleh Dewan Perwakilan Rakyat karena menjadi kontroversi. Apa saja isi RUU HIP? Dan apa pengaruhnya terhadap masyarakat Indonesia? Kali ini Pinhome akan mencoba memberikan gambarannya.

RUU HIP sendiri adalah singkatan dari Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila, dimana RUU HIP ini, sedang dibahas oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dalam panitia kerja. RUU HIP ini sendiri akan mengatur sejumlah ketentuan penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Perlu diketahui, RUU HIP sendiri merupakan usulan DPR. Karena sejauh ini belum ada undang-undang sebagai landasan hukum yang mengatur tentang Haluan Ideologi Pancasila dan ditetapkan dalam Prolegnas RUU Prioritas 2020.  Namun, pada kenyataanya, pembahasan RUU ini sendiri menuai kontroversi. Karena dianggap tak memiliki urgensi dan banyak pihak menilai RUU HIP berpotensi menimbulkan konflik ideologi.

Pins pasti ingin tahu, apa saja isi dari RUU HIP tersebut?

ISI RUU HIP

Sebelum mencari tahu, apa sih kontroversinya, Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila terbagi atas 10 bab, dan terdiri atas 60 pasal. Dan detailnya adalah sebagai berikut:

  • Ketentuan Umum, terdiri atas 1 pasal
  • Haluan Ideologi Pancasila, terdiri atas 5 bagian dan 17 pasal
  • Haluan Ideologi Pancasila Sebagai Pedoman Pembangunan Nasional, terdiri atas 15 pasal
  • Haluan Ideologi Pancasila Sebagai Pedoman Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, terdiri atas 3 pasal
  • Haluan Ideologi Pancasila Sebagai Pedoman Sistem Nasional Kependudukan dan Keluarga, terdiri atas 3 pasal.
  • Pembinaan Haluan Ideologi Pancasila, terdiri atas 3 bagian dan 15 pasal
  • Partisipasi Masyarakat, terdiri atas 1 pasal Pendanaan, terdiri atas 1 pasal
  • Ketentuan Peralihan, terdiri atas 1 pasal
  • Ketentuan Penutup, terdiri atas 3 pasal

Nah, bagian manakah yang menjadi kontroversinya?

Pasal kontroversi RUU HIP

Dari pasal-pasal yang ada, banyak pihak menilai tentang konsep Trisila dan Ekasila merupakan konsep yang penuh dengan kontroversi. Isi dari kedua konsep tersebut yang tertulis dalam  Bab II Pasal 7 adalah:

(1) Ciri pokok Pancasila adalah keadilan dan kesejahteraan sosial dengan semangat kekeluargaan yang merupakan perpaduan prinsip ketuhanan, kemanusiaan, kesatuan, kerakyatan/demokrasi politik dan ekonomi dalam satu kesatuan.

(2) Ciri pokok pancasila berupa trisila, yaitu: sosio-nasionalisme, sosio-demokrasi, serta ketuhanan yang berkebudayaan.

(3) Trisila sebagaimana dimaksud pada ayat (2) terkristalisasi dalam ekasila, yaitu gotong-royong.

Mengutip pendapat dari Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas, mengubah Pancasila menjadi Trisila dan Ekasila adalah pengkhianatan terhadap bangsa dan negara. Karena Pancasila sebagai dasar fundamental yang merupakan satu kesatuan utuh dan tak bisa dipisahkan. Bahkan, untuk urutannya pun tak boleh dirubah-rubah.

TAP MPRS Nomor XXV/MPRS/1966

Kemudian, yang menjadi kontroversi berikutnya adalah tidak adanya TAP MPRS Nomor XXV/MPRS/1966 di dalam RUU HIP. Seperti yang Pins tahu, TAP MPRS tersebut mengatur tentang larangan ajaran komunisme/marxisme. Dan merupakan produk hukum mengenai peraturan perundang-perundangan yang mengikat. Sehingga TAP MPRS tersebut tidak bisa dicabut oleh lembaga negara maupun rancangan aturan DPR.

Hal inilah yang dipertanyakan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, NU, Muhammadiyah, dan sejumlah fraksi partai.

Selain daripada itu, saat ini RUU HIP bukanlah sebuah urusan yang membutuhkan pembahasan mendesak, mengingat sekarang Pemerintah sedang berfokus untuk mengurusi pandemi COVID-19. Sehingga, dengan segala kontroversinya, pemerintah akhirnya menunda pembahasan RUU HIP.

Nah, bagaimana Pins menurutmu pendapatmu? Yuk tulis pendapatmu dan bagikan artikel ini ke teman-temanmu.

Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di Rekan Pinhome sebagai Agen dan Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel