Pinhome

Lifestyle

Mengenal Fitur Unggulan Aplikasi Rumah Belajar

Ditulis oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Di saat pandemi seperti ini hampir semua kegiatan kita lakukan di rumah. Ruang gerak pun terbatas, banyak juga bidang-bidang usaha yang memberlakukan “work from home” demi mencegahnya penyebaran virus Covid-19. Begitu juga di dunia pendidikan, saat ini semua semua kegiatan belajar dan mengajar dilakukan secara digital. Salah satunya melalui aplikasi Rumah Belajar. Yuk pelajari apa saja fiturnya!

Pada tanggal 15 Juli 2011 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia meluncurkan portal yang di dalamnya terdapat konten-konten bahan belajar yang dapat dimanfaatkan oleh guru dan siswa dari jenjang pendidikan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) hingga Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK).

Kemudian portal tersebut dikembangkan menjadi aplikasi Rumah Belajar. Aplikasi ini memiliki delapan kelompok konten diantaranya Sumber Belajar, Buku Sekolah Elektronik, Bank Soal, Laboratorium Maya, Peta Budaya, Wahana Jelajah Angkasa, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, dan Kelas Maya. Aplikasi ini juga memiliki tiga fitur tambahan seperti Karya Guru, Karya Komunitas, serta  Karya Bahasa dan Sastra. Cukup lengkap ya, Pins!

Apa saja fitur unggulan yang dimiliki aplikasi Rumah Belajar?

Sumber Belajar

Di dalam fitur Sumber Belajar terdapat kumpulan materi bagi siswa dan guru berdasarkan kurikulum yang telah ditetapkan. Materi-materi tersebut dibuat dalam bentuk gambar, video, animasi, simulasi dan permainan. Materi dikemas secara menarik sehingga anak mudah memahami dan belajar menjadi lebih menyenangkan. Nah, materi – materi tersebut dapat diakses secara online lho, Pins!

Buku Sekolah Elektronik

(Retha Ferguson/Pexels)

Fitur Buku Sekolah Elektronik (BSE) menyediakan buku sekolah berstandar nasional untuk berbagai jenjang pendidikan. Jadi bisa diakses di mana pun dan kapan pun.

Bank Soal

Nah, dalam aplikasi Rumah Belajar juga terdapat fitur Bank Soal. Kumpulan soal dalam fitur ini terkumpul berdasarkan topik tertentu. Kumpulan soal-soal tersebut terdiri dari soal latihan, ulangan, hingga ujian. Dan guru pun bisa membuat soal berdasarkan kompetensi dasar yang dibuat sendiri.

Laboratorium Maya

(Retha Ferguson/Pexels)

Aplikasi Rumah Belajar menyediakan fitur Laboratorium Maya yang di dalamnya terdapat simulasi atau percobaan mata pelajaran Matematika dan IPA untuk jenjang pendidikan SMP dan SMA. Kamu bisa mencoba semua simulasi dan percobaan yang tersedia loh Pins.

Peta Budaya

Fitur Peta Budaya menyediakan materi-materi pembelajaran budaya yang ada di indonesia. Fitur ini bertujuan agar para pelajar mengetahui lebih dalam dan menghargai keragaman budaya yang ada di Indonesia.

Kelas Maya

Fitur Kelas Maya menyediakan layanan e-learning alias pembelajaran online yang dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun. Fitur ini juga dapat menjadi fasilitator bagi siswa dan guru asal sama-sama terkoneksi dengan internet.

Baca juga: Wabah Coronavirus Melanda, Ini yang Bisa Dilakukan Selama #DiRumahAja


Itu dia fitur-fitur unggulan yang dimiliki aplikasi Rumah Belajar. Pins sangat bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk memaksimalkan kegiatan belajar di rumah, semoga bermanfaat ya!

Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel