Pinhome

Tips Properti

Mengenal Ciri dan Macam-Macam Rumah Adat Jawa Barat

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 23 March 2021 ∙ 4 menit membaca

Jawa Barat sebagai salah satu provinsi di Indonesia mengandung beragam budaya. Salah satu budaya yang patut untuk dilestarikan adalah rumah adat Jawa Barat.

Pinhome – Salah satu budaya yang tidak boleh kita lupakan adalah rumah adat. Ya, rumah adat merupakan salah satu budaya yang harus dikenalkan secara turun temurun pada anak cucu kita. Salah satu rumah adat yang masih ada sampai sekarang adalah rumah adat Jawa Barat. Tentu banyak dari Pins yang penasaran apa saja rumah adat Jawa Barat dan bagaimana ciri khasnya. Tenang! Pinhome akan membagikan informasi lengkapnya lewat ulasan di bawah ini.

Ciri Khas Rumah Adat Jawa Barat

Rumah Adat Jawa Barat
(Pewarta Nusantara)

Meski sudah tidak banyak ditemukan, rumah adat Jawa Barat memiliki beberapa ciri yang khas, sehingga Pins dapat mengenali karakter rumah adat ini dengan mudah. Berikut ciri khas yang perlu Pins ketahui.

Posisi

Ciri pertama adalah posisinya. Biasanya rumah adat ini hanya menghadap ke arah Barat dan Timur. Hal ini sesuai dengan pemahaman masyarakat Sunda dalam membangun rumah.

Dinding

Selain posisi, ciri khas yang menonjol adalah materialnya yang terbuat dari anyaman bambu. Karena dibuat dari anyaman, tentu dinding tidak terbentuk terlalu rapat yang memungkinkan terjadinya pertukaran udara dari luar, sehingga sirkulasi udara cukup baik.

Lantai

Lantai terbuat dari bambu yang telah dipotong-potong dan disusun dengan sangat rapi. Sama seperti dinding, hal ini membuat rumah memiliki sirkulasi yang baik.

Macam-Macam Rumah Adat Jawa Barat

Seperti yang Pins ketahui bahwa Jawa Barat merupakan daerah yang cukup luas, sehingga rumah adatnya pun beragam. Hal ini menyesuaikan dengan daerah-daerah di dalam Jawa Barat itu sendiri. Berikut adalah nama rumah adat Jawa Barat beserta gambarnya.

Rumah Togog Anjing

Rumah Adat Jawa Barat
(GuruSekolah.co.id)

Rumah Togog Anjing adalah salah satu rumah adat yang cukup terkenal. Rumah adat ini dapat Pins temukan di daerah Garut, Jawa Barat. Ya, model rumah adat Togog Anjing memang masih banyak digunakan meski pada rumah-rumah modern. 

Rumah adat Jawa Barat yang satu ini disebut dengan Togog Anjing karena pada bagian atap menyerupai anjing yang sedang duduk. Atap rumah Togog Anjing dikenal juga dengan nama Sorondoy.

Selain banyak diterapkan pada rumah-rumah modern, Rumah Togog Anjing yang telah berusia tua juga banyak yang dijadikan sebagai tempat wisata, atau bahkan diterapkan pada bangunan modern lainnya seperti hotel.

Imah Julang Ngapak

Rumah Adat Jawa Barat
(pengajar.co.id)

Imah Julang Ngapak merupakan rumah adat yang terdapat di daerah Tasikmalaya. Arti dari Imah Julang Ngapak sendiri adalah mengepakkan sayap. Hal ini dikarenakan atap rumah Imah Julang Ngapak yang membentuk huruf V seperti sayap yang sedang dikepakkan. Selain itu di bagian pintu masuk rumah juga terdapat tangga kecil yang disebut juga dengan golodog.

Imah Badak Heuay

Rumah Adat Jawa Barat
(adattradisional.blogspot.com)

Imah Badak Heuay merupakan rumah adat yang terdapat di daerah Sukabumi. Mungkin banyak dari Pins yang penasaran mengapa rumah ini disebut dengan Imah Badak Heuay? Rumah adat ini disebut dengan Imah Badak Heuay karena bentuk bagian depan rumah yang tampak seperti mulut badak yang sedang menguap. 

Pada rumah adat ini juga terdapat atap yang berfungsi melindungi bagian teras rumah. Bagian teras rumah biasanya difungsikan untuk menerima tamu laki-laki. Imah Badak Heuay masih banyak digunakan dan banyak diadaptasi pada rumah-rumah modern. Sehingga ekstensinya masih terus ada sampai saat ini.

Imah Parahu Kumureb

Rumah Adat Jawa Barat
(pengajar.co.id)

Rumah adat Jawa Barat selanjutnya adalah Imah Parahu Kumureb. Nama rumah adat ini memiliki arti perahu tengkurap. Mungkin banyak dari Pins yang bertanya-tanya mengapa rumah adat ini memiliki arti perahu tengkurap? Sesuai namanya, bentuk atap rumah adat ini menyerupai perahu terbalik, sehingga disebut dengan Imah Parahu Kumureb.

Imah Jolopong

(Data Digital Bambu Indonesia)

Imah Jolopong merupakan rumah adat yang terdapat di daerah Sumedang dan Garut. Rumah ini memiliki atap berbentuk segitiga sama kaki. Selain itu, terdapat area depan yang biasanya digunakan untuk bersantai atau menerima tamu.

Meski tidak banyak, Imah Jolopong adalah salah satu rumah adat yang banyak diadaptasi pada bangunan-bangunan baru termasuk gedung-gedung pemerintahan.

Imah Capit Gunting

(Wiki Wand)

Imah Capit Gunting merupakan rumah adat yang berada di daerah Tasikmalaya. Disebut dengan capit gunting karena pada bagian atap membentuk capit kepiting yang menyilang seperti gunting. Bentuk rumah adat inipun memanjang ke belakang dan memiliki desain yang cukup sederhana. Biasanya dalam rumah adat ini terdiri dari ruang tengah, kamar tidur, dapur, dan teras.

Itulah informasi tentang ciri khas dan macam-macam rumah adat Jawa Barat. Semoga dengan ulasan di atas membuat Pins semakin mengenali dan membantu melestarikan rumah adat yang ada di Indonesia.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Aileen

Editor: Rizko

Tags :

Bagikan Artikel