Mengenal Burung Murai Batu Nias, Ciri dan Harganya

Pinhome

Mengenal Burung Murai Nias, Ciri dan Harganya

Dipublikasikan oleh Mega Puspita Ratna ∙ 30 August 2021 ∙ 3 menit membaca

Murai Batu Nias – Murai batu merupakan salah satu jenis burung kicau yang memiliki kemampuan menirukan berebeapa macam jenis suara burung selain burung Cendet ataupun burung Jalak.

Murai Batu masih menjadi primadona dikalangan pecinta burung kicau. Dari beberapa jenis burung Murai yang ada di indonesia salah satunya adalah Murai Batu Nias. Namun, keberadaanya tidak sebanyak Murai Batu Medan yang disebabkan beberapa faktor diantaranya pemburuan liar dan minimnya yang menangkarkan ini.

Minimnya orang yang menangkan burung ini mungkin karenan permintaan dari para kicau mania masih sedikit dibandingkan dengan Murai Batu Medan yang memang sangat terkanl dan tentu saja banyak sekali peminatnya.

Meskipun begitu, jenis burung Murai Batu Nias untuk masalah kicauan tidak kalah jauh di bahkan bisa dibilang lebih berkualitas bandingkan murai batu lainnya.

Sedangkan di postur tubuhnya juga kalah dari Murai Batu Medan atau Murai Batu Lampung. Terlepas dari itu semua sangat disayangkan jika tidak ada penanganan khusus tentang burung ini dan dibiarkan begitu saja maka lambat laut burung ini akan hilang dari peredaran dan bahkan sampai punah.

Murai Batu Nias

murai nias
(Shutterstock)

Murai Batu Nias memiliki ciri khas di bagian ekornya yang berwarna hitam polos pekat hingga mudah sekali dibedakan dengan kerabat dekatnya yaitu Murai Batu Medan maupun Murai Batu Lampung bahkan oleh seorang pemula sekalipun.

Bagi kamu master kicau yang ingin menggali lebih detail ciri ciri fisik, warna bulu maupun harga dari Murai Batu asal pulau Nias ini, maka kami sudah menyiapkan ulasan singkat di bawah ini yang bisa dijadikan panduan untuk menambah wawasan.

Meskipun saat ini makin sulit menemukan burung Murai Batu yang satu ini, namun tidak ada salah salahnya kita mengetahui ciri-ciri dan juga informasi harga terbarunya yang kita dapatkan dari berbagai sumber.

Baca juga : Macam-macam jenis murai batu dan perbedaannya

Ciri-ciri Murai Batu Nias

  • Punya ekor cukup panjang kisaran 20 centi – 25 centian.
  • Bagian bulu ekor nya berwarna hitam pekat.
  • Kualitas suara burung Murai Nias lebih baik dibanding suara burung Murai lainnya.
  • Kemampuan adaptasi nya cukup tinggi dan mudah sekali dijinakkan.
  • Sangat mudah di masterkan dengan suara kicau burung lainnya.

Harga Burung Murai Batu Nias

murai nias
(Shutterstock)

Di beberapa lokasi banyak ditemui para penjual yang membandrol harga Murai Batu Nias dengan harga 1,2 jutaan hingga 1, 5 jutaan per ekornya tergantung dari bagus tidak warna bulu bulunya dan juga suara kicaunya.

Semakin tinggi kualitas kicaunya dan juga warna bulu bulunya maka otomatis juga akan makin tinggi harga jualnya. Bahkan ada yang sampai 2 – 3 jutaan karena keberadaan nya yang memang agak sulit di temui daripada Murai jenis lainnya.

Baca juga ; Cara Merawat Anakan Murai Batu Usia 7-30 Hari

Tentu saja hukum pasar memang masih berlaku disini, semakin banyak permintaan yang di iringi dengan makin sedikitnya persediaan akan berpengaruh pada tingginya harga sebuah produk.

Begitu juga dengan Murai Batu Nias ini, karena keberadaan nya agak sulit ditemui daripada jenis burung Murai lainnya maka tidak heran harganya masih cukup tinggi di beberapa lokasi di tanah air ini.

Sekiranya, itulah informasi tentang si ekor hitam burung Murai Batu Nias. Nantikan informasi berikutnya dari kami ya, Pins!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel