Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Pembayaran Auto Debit untuk Melakukan Pembayaran Tagihan

Diperbarui oleh Mahardhika Gilang ∙ October 31, 2022 ∙ 4 menit membaca

Perkembangan teknologi memang berdampak besar bagi segala aspek kehidupan manusia. Bahkan teknologi yang semakin canggih sekarang ini juga menjadi bagian penting dalam perkembangan ekonomi termasuk juga transaksi. Salah satunya yang tengah banyak diperbincangkan kini adalah kelebihan dan kekurangan pembayaran auto debit. 

Sistem pembayaran yang dapat membantu kegiatan masyarakat dalam melakukan transaksi ini memang sangat menguntungkan di era modern yang super sibuk ini. Namun, tentunya ada pula kekurangan yang harus ditanggung dari penggunaan sistem pembayaran ini. Nah, lalu apa saja keuntungan dan kekurangannya? Berikut ini ulasannya: 

Mengenal Kelebihan Auto Debit 

Seperti yang sempat disinggung di atas bahwa auto debit memiliki banyak kelebihan yang tentunya bisa membantu kegiatan transaksi seseorang. Nah, berikut ini adalah 5 kelebihan yang bisa didapatkan dari penggunaan auto debit: 

1. Mengurangi Dokumen Bukti Pembayaran

Hal pertama yang termasuk dalam kelebihan auto debit adalah berkurangnya penggunaan dokumen setelah pembayaran yang dilakukan. Terkadang dokumen juga bisa diberikan sebagai bukti penarikan tagihan terhadap seseorang.

Tentunya dengan adanya auto debit maka, secara otomatis dokumen seperti ini akan ditiadakan dan digantikan dengan bukti surat elektronik. Secara tidak langsung pun hal ini sebenarnya bisa membawa dampak positif bagi lingkungan karena adanya pengurangan sampah kertas. 

2. Dapat Menghemat Tenaga juga Waktu 

Kelebihan dan kekurangan pembayaran auto debit memang sangat penting diketahui setiap nasabah. Nah, salah satu kelebihan lain dari penggunaan sistem ini tentu adalah penghematan waktu. 

Seseorang yang memilih menggunakan sistem auto debit tentunya akan lebih menghemat tenaga karena tidak perlu melakukan pembayaran pada lokasi tertentu. Adanya penghematan waktu juga menjadi kelebihan lain dari sistem ini. Apalagi bagi seseorang yang sangat sibuk. 

3. Menghindari Keterlambatan Membayar 

Terkadang telat bayar juga menjadi kendala beberapa orang yang sangat sibuk. Akhirnya hal ini seringkali membuat seseorang harus membayarkan denda karena pembayaran yang tidak tepat waktu. 

Nah, melalui adanya pembayaran otomatis seperti auto debit tentunya resiko adanya keterlambatan dalam pembayaran tagihan. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi seseorang yang tidak dapat secara langsung membayarkan ke lokasi atau ke loket terdekat. 

4. Bisa Berdampak Positif pada Kartu Kredit 

Riwayat kartu kredit dengan trend tetap positif juga termasuk dalam kelebihan auto debit. Melalui penggunaan auto debit maka, secara otomatis pembayaran tagihan akan selalu dilakukan tepat waktu saat jatuh tempo.Tentunya hal ini akan berdampak positif pada poin kartu kredit di penerbit. 

5. Membantu Mengatur Keuangan 

Seringkali seseorang merasa kebingungan dalam mengatur keuangan antara prioritas utama juga kebutuhan lain. Melalui adanya sistem auto debit ini maka, secara otomatis setiap pembayaran atau tagihan akan dibayarkan terlebih dahulu sebagai prioritas. 

Tentunya dengan sistem seperti ini seseorang tidak perlu lagi merasa bingung untuk membagi antara skala prioritas dengan kebutuhan sehari-hari. Seseorang juga bisa menyisihkan rupiah untuk kebutuhan lain tanpa khawatir akan tagihan lain. 

Mengenal Kekurangan dari Auto Debit 

Tentunya kelebihan dan kekurangan  pembayaran auto debit memang menjadi poin yang harus dipahami oleh masyarakat di era modern ini. Apabila sebelumnya telah mengetahui berbagai kelebihan dari sistem ini maka, berikut ini adalah kekurangan yang juga harus diketahui: 

1. Membayar Sesuatu yang Sudah Tidak Dipergunakan 

Segala hal tentu ada positif negatifnya begitu juga dengan adanya kelebihan dan kekurangan auto debit. Kelebihan dari pengelolaan keuangan secara otomatis memang cukup membantu namun, ternyata hal ini memiliki dampak negatif lain. 

Dampak negatif ini bisa terjadi bila ternyata tagihan yang dibayarkan sebenarnya merupakan tagihan lama yang sudah lunas. Tentunya hal ini akan membuat kerugian yang cukup besar bila terus berlangsung dalam waktu lama dan jumlah banyak. 

2. Sulit Diubah ke Sistem Manual 

Hal lain yang cukup merugikan adalah bahwa sistem otomatis ini sebenarnya merupakan suatu sistem yang sulit untuk dirubah pada sistem pembayaran manual. Sistem ini bahkan akan terus berjalan meski sebenarnya sudah digunakan. 

Hal inilah salah satu yang merugikan karena cara untuk mengubahnya pun bukan suatu hal mudah. Kekurangan yang termasuk dalam bagian dari kelebihan dan kekurangan pembayaran auto debit ini memang cukup merugikan. 

3. Membuat Pengguna Sulit Mengatur Jumlah Pembayaran 

Kekurangan lain yang cukup merepotkan dari sistem ini adalah jumlah minimum pembayaran yang tidak dapat diubah. Hal ini tentu cukup menyulitkan misalkan tagihan suatu pembayaran berjumlah besar dan jumlah pembayaran tidak dapat diubah. 

Keadaan seperti ini tentu menyebabkan pelunasan pun juga akan lebih lama untuk selesai. Bahkan bila ternyata pelunasan yang terjadi memiliki bunga maka, secara otomatis pembayaran bunga juga akan semakin lama dan bertambah banyak. Itulah tadi kelebihan dan kekurangan pembayaran auto debit yang tentu sangat penting untuk diketahui sebelum akhirnya memilih menggunakan sistem ini. Tentunya dengan adanya pemahaman ini maka, pembayaran yang dilakukan juga bisa lebih terencana. Apalagi bila ternyata pengguna dari sistem ini memiliki kegiatan yang padat. Tentu auto debit adalah solusi mudah yang dapat dipilih.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 35 Ucapan Hari Kartini Inspiratif Penuh Makna

Habis gelap terbitlah terang, ungkapan yang dicetuskan oleh Ibu Kartini. Seorang pahlawan bagi pere

Finansial
Finansial Apa itu Price Action dalam Trading? Ini Penjelasannya!

Mengingat trading termasuk instrumen yang memiliki high risk, maka diperlukan strategi dan analisa

Finansial
Finansial 7 Faktor yang Mempengaruhi Harga Saham, Wajib Tahu!

Dalam berinvestasi saham selalu ada risiko yang mengikuti. Hal ini dikarenakan saham termasuk jenis

Finansial
Finansial 5 Cara Mendapatkan Uang 100 Juta Pertama di Usia 25 Tahun

#WaktunyaBeliRumah -Memiliki aset berupa tabungan atau barang bernilai ratusan juta di usia muda pa

Finansial
Finansial Mengenal Apa itu Metaverse Crypto serta Resiko yang Ada di Dalamnya

Metaverse crypto adalah cara pembayaran di ruang virtual yang diciptakan untuk versi digital dari b

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia