Pinhome

  • Blog
  • Kesehatan
  • Mengandung Banyak Manfaat, Yuk Coba Tanam Pohon Bidara!

Kesehatan

Mengandung Banyak Manfaat, Yuk Coba Tanam Pohon Bidara!

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 6 menit membaca

Tanaman bidara dikenal luas memilki banyak manfaat. Daun bidara memiliki banyak khasiat yang berguna untuk pengobatan, batang dan ranting dari tanaman bidara dapat digunakan sebagai bahan perkakas rumah tangga, arang dan kayu bakar berkualitas, buah bidara biasa diolah menjadi manisan atau asinan hingga bagian akarnya yang sering digunakan sebagai pengobatan tradisional. Nah, dengan berbagai manfaat yang dimilikinya, ayo kita coba untuk menanamnya sendiri! Tenang, Pinhome kasih tahu bagaimana cara menanam pohon bidara.

Tahukah kamu, di daerah Timur Indonesia, tepatnya daerah Nusa Tenggara Timur, buah bidara diproses luas sebagai manisan. Tidak hanya buahnya saja yang berguna, banyak sekali manfaat dari daun, ranting, badan hingga akar pohon bidara yang berguna bagi kita, Pins.

Kamu mau tahu apa saja?

1. Madu unik berkualitas
Berbeda dengan tanaman lain di kelasnya, bunga dari tanaman bidara, dikonsumsi oleh lebah madu, sehingga hasil madu yang diproduksi dari para lebah ini mempunyai karakteristik unik tersendiri yang membedakannya dengan jenis madu lainnya.

2. Membersihkan tubuh
Air yang telah dicampurkan remasan daun bidara dipercaya dapat membersihkan tubuh jenazah. Nabi Muhammad SAW pun pernah menganjurkan air yang telah dicampur daun bidara untuk digunakan oleh wanita yang baru saja menyudahi siklus haidnya.

3. Melancarkan siklus haid
Proses haid seringkali menjadi indikator tingkat kesehatan seseorang. Namun sayangnya, tidak semua wanita mempunyai siklus haid yang lancar. Nah, mengonsumsi daun bidara yang digunakan sebagai obat tradisional dengan rutin insya Allah dapat memperlancar siklus haid ini.

4. Kecantikan
Mempunyai wajah yang cantik, halus dan bersih adalah impian setiap wanita. Namun, wajah yang cantik saja tidak cukup, kulit wajah juga harus terjaga kesehatannya. Untuk mendapatkan wajah yang lembab dan sehat, kamu bisa menggunakan daun bidara sebagai masker.

5. Mengatasi masalah jerawat
Paling sebel kalau sudah ada jerawat yang mampir ke wajah. Apalagi kalau jerawatnya tak kunjung hilang atau terletak di bagian wajah yang sangat tidak kita inginkan. Duh, rasanya pengen dicongkel aja deh. Eh, jangan, Pins! Kegiatan mencongkel paksa jerawat bisa menimbulkan bekas di wajah kita. Coba dulu mengaplikasikan ekstrak atau rebusan daun bidara di wajah kamu. Kalau masih membandel, coba campurkan putih telur dengan daun bidara, niscaya peradangan jerawat di wajah kita akan berkurang.

6. Menyembuhkan luka
Mulai dari luka bakar, luka gores dan beberapa cedera ringan, kita bisa menyembuhkannya dengan daun bidara, karena di dalam daun ini, ada banyak kandungan yang mampu menghentikan pendarahan dan menyembuhkannya dengan cepat. Tapi, tidak jamin kalau luka hati ya, Pins. Hehehe.

7. Mencegah diabetes
Berkat perubahan gaya hidup dan komposisi makanan dan minuman instan yang tiap hari dikonsumsi, kini tidak hanya orang tua saja yang beresiko terkena penyakit diabetes, namun juga anak muda. Air rebusan daun bidara dinilai dapat membantu menurunkan kadar gula darah kita. Untuk mendapatkan hasil terbaik, cobalah untuk meminum air rebusan daun bidara setiap hari.

8. Mengobati demam
Campuran daun bidara dipercaya dapat menurunkan panas dan meringankan demam, lho!

9. Menjaga kesehatan pencernaan
Sistem pencernaan menjadi salah satu bagian vital dari tubuh kita, karena disinilah makanan dan minuman akan diproses sebelum dilanjutkan ke usus kita. Ketika perut kita mengalami masalah, maka akan timbul berbagai masalah kesehatan yang pastinya akan sangat mengganggu keseharian kita. Nah, untuk mencegah hal itu terjadi, konsumsilah air rebusan daun bidara setiap hari agar meminimalisir terganggunya sistem pencernaan.

10. Memperkuat akar rambut
Rambut adalah mahkota baik bagi pria maupun wanita. Rambut yang rontok otomatis membuat kita tidak nyaman dan membuat kepercayaan diri kita menurun. Nah, kalau masalah ini dibiarkan begitu saja. Rambut kita bisa – bisa menipis dan kalau yang lebih parahnya lagi, berujung pada kebotakan, Pins! Wah, tidak mau hal ini terjadi dong. Kamu bisa mencoba mengoleskan pasta hasil campuran daun bidara dengan sedikit air ke akar rambut kamu untuk mengurangi kerontokan rambut.

Baca selengkapnya: Pohon Bidara: Si Kecil Yang Banyak Manfaat

Setelah tahu berbagai manfaatnya, kamu pasti mau tahu dong cara menanam pohon bidara yang benar? Sepertinya okay juga kalau ada tanaman penuh manfaat ini di pekarangan kita. Berikut langkah-langkah untuk menanam pohon bidara dengan benar, Pins!

Menentukan habitat pohon bidara
Tanaman bidara tergolong bandel dan tahan di berbagai cuaca. Kamu bisa menanamnya di tanah yang gembur ataupun berpasir sekalipun. Kadar pH pun tidak terlalu berpengaruh pada tanaman ini, hanya saja kamu perlu menjamin agar tanaman ini banyak mendapatkan sinar matahari. Kamu bisa mengambil bibit bidara dari bagian biji atau tunas akarnya ya. Ketinggian maksimal untuk menanam pohon bidara adalah 1000 meter di atas permukaan laut, diatas ketinggian ini, pohon bidara tidak akan tumbuh maksimal.

Mempersiapkan bibit pohon bidara
Bibit pohon bidara bisa diperbanyak dengan menggunakan cara cangkok dan setek, untuk kemudian diperbanyak lagi sampai berbentuk T atau cincin. Kemudian bersihkan hingga berbentuk bulatan kecil yang keras. Pecahkan cangkangnya, kemudian ambil biji yang berbentuk mirip biji semangka.

Menanam pohon bidara
Rendam biji bidara yang berwarna coklat kemerahan selama satu jam lebih. Gosok lembut daging bidara yang masih menempel, bilas menyeluruh dan taruhlah benih bidara di atas handuk agar mongering. Simpan di kantong kertas dan pindahkan dalam penyimpanan dingin selama dua hingga tiga bulan. Bungkus biji menggunakan lumut sphagnum yang lembab dan kemudian tempatkan pada kantong plastic yang dapat ditutup. Simpan benih dalam lemari es selama kurang lebih 3 bulan. Setelah selesai, letakkan dalam mangkuk dan rendam dengan air rebusan selama 24 jam. Bersihkan dengan serabut baja hingga ada benih berupa kecambah yang keluar dari lubang kecilnya.

Proses penaburan dan penunasan
Taruh benih ke pot berukuran 5 inci sedalam ½ inci. Jangan lupa disiram untuk menyuburkan tanahnya. Jaga tanaman ini selama 3 hingga 4 minggu, kemudian simpan benih berkecambahnya selama 2 minggu kemudian pindahkan ke media tanam pada siang hari.

Proses pemeliharaan
Untuk memelihara tanaman bidara, kamu hanya perlu melakukan pemangkasan hingga ada 4 hingga 5 cabang penyangga. Nantinya akan ada bunga yang muncul dari pucuk baru. Nah, pemangkasan ini berguna agar pucuk-pucuk tersebut menjadi subur dan menghasilkan buah yang berkualitas. Tapi ingat, pemangkasan ini hanya bisa kamu lakukan setelah masa panen, dimana daun-daun pohon bidara sudah luruh semua. Dan berhubung akar bidara sangat menjalar dan dalam, pastikan pohon bidara ini mendapatkan asupan air yang ia butuhkan.

Hama yang seringkali mengganggu tanaman bidara biasanya adalah lalat buah, kutu loncat, ulat daun ataupun kutu bubuk. Kendalikan mereka dnegan menggunakan pestisida alami demi menjaga kualitas tanaman bidaramu.


Bagaimana? Tertarik untuk mencoba menanam pohon bidara di propertimu? Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel