Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Mengakali Lahan untuk Desain Kamar Tidur Sempit Namun Nyaman?

Lifestyle

Mengakali Lahan untuk Desain Kamar Tidur Sempit Namun Nyaman?

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 25 May 2021 ∙ 5 menit membaca

Kamar tidur merupakan bagian paling privat dari desain rumah. Dengan fungsi utama untuk tempat beristirahat. Namun dengan berjalannya waktu, maka kamar sekarang tidur sekarang semakin berkembang fungsinya. Yuk simak beberapa inspirasi untuk desain kamar tidur sempit namun nyaman.

Pinhome – Zaman sekarang, banyak orang yang menjalankan work from home (WFH) seperti sekarang, kamar yang fungsi awalnya adalah tempat istirahat, sekarang mulai menambah fungsi sebagai tempat untuk bekerja. Jika mempunyai kamar dengan luas yang memadai, hal ini tidak menjadi masalah. Namun, bagaimana dengan kamar tidur dengan lahan yang sempit? Jangan khawatir Pins, kali ini Pinhome akan memberikan cara mengakali lahan untuk desain kamar tidur sempit agar menjadi lebih nyaman. 

Baca Juga: Inspirasi Kamar Tidur Warna Biru Yang Menenangkan

Pembagian aktivitas kamar tidur

Aktivitas dalam kamar tidur pada dasarnya adalah kegiatan istirahat dan melepas lelah. Namun, tidak sedikit orang yang menggunakan kamar tidur untuk bekerja, membaca, menonton film, makan, bahkan untuk bermain game. Nah, dari berbagai macam aktivitas tersebut, Pins perlu untuk mengidentifikasi kira-kira, aktifitas apa saja yang akan masuk ke dalam ruangan kamar tidur, terlebih dengan lahan yang terbatas. Dengan identifikasi kegiatan tersebut, maka Pins dapat mendesain sebuah ruangan kamar tidur sempit yang nyaman.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Model Pintu Kamar Tidur Yang Menarik

Tips mendesain kamar tidur sempit

Tiap-tiap pemilik kamar tidur, akan memberikan gambaran, berapa besar ruangan yang dibutuhkan. Untuk kamar tidur suami istri, besaran ruangannya tentu akan beda dengan besaran ruangan kamar tidur anak-anak. Dengan mengetahui pemilik kamar tidur, maka akan dapat ditentukan tema yang tepat, untuk masing-masing kamar tidur.

Berikut tips yang dapat Pins gunakan untuk mendesain kamar tidur yang sempit namun nyaman.

Baca Juga: 12 Dekorasi Kamar Tidur Sempit Sederhana Tapi Nyaman Dan Menarik

Manfatkan lemari tanam dan dekorasi yang kreatif

desain kamar tidur sempit
(Pinterest)

Untuk desain kamar tidur yang sempit ini, memanfaatkan salah satu dinding atau langit-langit dengan dekorasi yang kreatif, akan membuat ruangan terasa lebih luas. Selain itu, Pins juga dapat memanfaatkan lemari tanam untuk menjadikan tempat penyimpanan. Karena dengan memanfaatkan lemari tanam, Pins dapat memaksimalkan besaran ruangan.

Gunakan kombinasi tema yang berbeda

desain kamar tidur sempit
(Pinterest)

Pilihan menggunakan 2 kombinasi tema yang berbeda, akan membuat kamar tidur sempit terasa lebih nyaman. Contohnya adalah, dengan memadukan antara kombinasi tema feminin dan maskulin. Tema maskulin bisa diterapkan pada pemilihan warna, misalkan hitam putih, untuk dinding atau sprei. 

Kemudian tema feminim digunakan untuk pemilihan furnitur, contohnya adalah pemilihan lampu samping tempat tidur. Perpaduan keduanya akan membuat kamar tidur sempit menjadi makin mewah, tanpa harus menyita banyak ruangan.

Kasur multifungsi & Meja Sudut

(Pinterest)

Kasur multifungsi ini merupakan salah satu pilihan tepat. Dengan memanfaatkan bagian bawah kasur untuk penyimpanan barang, Pins bisa maksimalkan sisa ruangan untuk kebutuhan aktifitas yang lain. Ditambah dengan meja sudut yang tepat, maka kamar kecil ini sudah bisa untuk aktifitas beristirahat dengan bekerja atau belajar.

Gantung rak dan meja

(Pinterest)

Sesuai dengan perkembangan jaman, makin kesini, makin banyak ide-ide baru yang berkembang. Jika jaman dulu yang digantung hanyalah rak,sekarang muncul kembali tren untuk menggantung meja atau membuat meja yang tertanam ke dalam furnitur lain. Meja ini bisa dimanfaatkan untuk bekerja, dan ketika tidak dibutuhkan, maka meja tersebut akan kita lipat atau kita dorong ke dalam. Ini adalah salah satu desain kamar tidur sempit yang sedang digemari karena hemat tempat.

Kasur lipat pada dinding

(Pinterest)

Pins tertantang untuk desain yang lebih ekstrim lagi? Buatlah kasur lipat pada dinding. Tidak bisa dipungkuri, bahwa kasur memakan ruangan yang paling lebar pada kebutuhan ruangan kamar. Saat kita sudah cukup beristirahat dan merasa kasur tidak akan digunakan dalam waktu dekat, kita dapat melipat kasur. 

Rak penyimpanan di belakang kasur

(Pinterest)

Salah satu yang sering dilupakan adalah dinding di belakang kasur. Jika selama ini hanya digunakan untuk menempatkan elemen estetis seperti lukisan atau foto, maka  Pins manfaatkan untuk dibuat sebagai tempat penyimpanan barang atau rak. Manfaatkan kotak-kotak kecil, atau kayu sebagai hambalan. Kemudian gunakan kasur atau tempat tidur berukuran single. Desain ini cocok untuk kamar anak atau bagi kamu yang belum mempunyai pasangan.

Kamar Tanpa lemari ala-ala drakor

(Pinterest)

Kamu penggemar drakor? Pasti sering melihat kamar-kamar di serial drama korea yang tidak menggunakan lemari. Dan ternyata, ini adalah salah satu trik yang digunakan untuk menyiasati desain kamar tidur yang sempit. Untuk penyimpanan bajunya, Pins dapat memanfaatkan gantung baju. Kemudian untuk meletakan dokumen atau buku-buku yang, Pins bisa menggunakan lemari gantung yang ditempatkan pada dinding.

Kasur dan sofa lesehan

(Pinterest)

Down to earth! Ini salah satu yang bisa dimanfaatkan untuk desain kamar tidur sempit, biasanya dengan ukuran 2×2 meter. Down to earth yang dimaksud disini adalah bukan rendah hati, namun menempel pada bumi. Gunakan kasur dan sofa lesehan, sehingga tidak perlu memakan banyak tempat. Atur penggunaan cahaya, agar semakin syahdu. Terakhir, tambahan lukisan kecil, untuk membuat kamar terlihat simpel tapi menarik.

Kombinasi kasur dan lemari penyimpanan

(Pinterest)

Pins pernah mendengan konsep tentang hotel kapsul? Nah, konsep tersebut bisa diadaptasi untuk desain kamar tidur sempit 2×2 meter. Secara tidak langsung, kamar akan terbagi menjadi 2 raungan, yaitu ruangan kerja dan ruangan tidur. Untuk ruangan tidur, tempatkan kamar tidur diatas lemari, namun jangan terlalu ke atas. Sehingga Pins masih bisa duduk di kasur tersebut. Sementara ruangan dibawah kasur, akan digunakan sebagai area kerja maupun tempat penyimpanan lainnya.

Nah, Pins sudah tidak sabar untuk merenovasi kamar? Goodluck ya, semoga artikel ini dapat membantu Pins mewujudkan desain kamar sempit yang nyaman untuk dihuni.



Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Kamu Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Kamu kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Aileen

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel