Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Wajib! Mendoakan Orang yang Akan Bepergian Agar Hati Lebih Tenang

Wajib! Mendoakan Orang yang Akan Bepergian Agar Hati Lebih Tenang

Dipublikasikan oleh Annisa Hapsari ∙ 30 October 2021 ∙ 4 menit membaca

Setiap manusia pasti pernah ditinggalkan oleh saudara maupun kerabatnya untuk bepergian. Hal tersebut tak perlu dijadikan persoalan, sebab mereka yang pergi pun akan kembali atas izin Allah SWT. Dalam Islam, setiap kegiatan harus diiringi dengan doa. Termasuk ketika mengantarkan seseorang bepergian. Mendoakan orang yang akan bepergian penting dilakukan agar mereka yang pergi selalu dijauhkan dari bahaya dan hal tak diinginkan. 

Jika Pins belum tahu seperti apa doa mendoakan orang yang sedang bepergian jauh, maka perlu menyimak ulasan ini. Dalam ulasan berikut disebutkan cara mendoakan orang yang sedang bepergian beserta bacaannya. Lebih lengkapnya, simak ulasan berikut sampai habis. 

Adab bepergian menurut Islam

mendoakan orang yang akan bepergian
(Pexels)

Sebelum mengulas lebih jauh mengenai cara mendoakan orang yang akan bepergian, Pins juga perlu memahami adab bepergian itu sendiri. 

Hal ini bisa menjadi pengingat jika suatu saat kita pun hendak bepergian jauh atau meninggalkan rumah. Berikut adab bepergian menurut Islam yang perlu diikuti. 

Tidak bepergian sendiri

Dalam sebuah hadis Rasulullah SAW bersabda seperti berikut:

لو يعلمُ الناسُ ما في الوَحْدَةِ ما أعلَمُ، ما سار راكبٌ بليلٍ وَحْدَه

Artinya: “Andaikan orang-orang mengetahui akibat dari bersafar sendirian sebagaimana yang aku ketahui, maka mereka tidak akan bersafar di malam hari sendirian.“ – HR Bukhari 

Baca Juga: Baca Doa Ini Sebelum Bepergian Jauh Naik Kendaraan

Mencari teman bepergian yang baik 

Saat hendak bepergian, disunahkan untuk mencari teman bepergian yang baik, sebagaimana bacaan hadis berikut:

الرجل على دين خليله فلينظر أحدكم من يخالل

Artinya: “Keadaan agama seseorang dilihat dari keadaan agama teman dekatnya. Maka hendaklah kalian lihat siapa teman dekatnya.” – HR Tirmidzi.

Boleh menjamak salat namun diutamakan tidak dijamak

Menjamak salat memang diperbolehkan, namun baiknya hanya dilakukan saat masyaqqah atau kesulitan. Dari Abdullah bin Abbas radiallahu anhu, Rasulullah SAW bersabda:

جمع رسولُ اللهِ صلَّى اللهُ عليه وسلَّمَ بين الظهرِ والعصرِ ، والمغربِ والعشاءِ بالمدينةِ من غيرِ خوفٍ ولا مطرٍ

Artinya: “Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam menjamak salat Zuhur dan salat Asar, dan menjamak salat Magrib dan Isya, di Madinah padahal tidak sedang dalam ketakutan dan tidak hujan” – HR Muslim.

Dianjurkan mengqashar salat

Jika ingin bepergian dalam jarak yang jauh, maka seorang umat muslim dianjurkan untuk meringkas atau mengqasar salat. Ibnu Umar radhiyallahu anhu mengatakan:

صَحِبْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَكَانَ لَا يَزِيدُ فِي السَّفَرِ عَلَى رَكْعَتَيْنِ ، وَأَبَا بَكْرٍ وَعُمَرَ وَعُثْمَانَ كَذَلِكَ ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ

Artinya: “Aku biasa menemani Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam dan beliau tidak pernah menambah salat lebih dari dua rakaat dalam safar. Demikian juga Abu Bakar, Umar dan Utsman, radhiallahu anhum.”

Membaca doa keluar rumah 

Sebelum keluar dari rumah, hendaknya Pins membaca doa keluar rumah terlebih dulu. Berikut bacaan doanya: 

بِسْمِ اللَّهِ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ

Arab latin: Bismillah, tawakkaltu ‘alallah, laa haula wa laa quwwata illaa billaah

Artinya: “Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah, tiada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.”

Kemudian, jangan lupa juga untuk berpamitan kepada keluarga atau tetangga dekat. Lalu dianjurkan pula untuk membaca doa memohon keselamatan saat bepergian agar dilindungi oleh Allah SWT. 

Baca Juga: Doa Ketika Bepergian Jauh Ini Wajib Kamu Baca Sebelum Berangkat Merantau

Doa mendoakan orang yang sedang bepergian jauh

mendoakan orang yang akan bepergian
(Pexels)

Mendoakan orang bepergian merupakan salah satu anjuran dari Rasulullah SAW. Berikut doa yang ajarkan Nabi Muhammad SAW ketika mendoakan orang yang hendak berangkat bepergian: 

أَسْتَوْدِعُ اللَّهَ دِينَكَ وَأَمَانَتَكَ وَخَوَاتِيمَ عَمَلِكَ زَوَّدَكَ اللهُ التَّقْوَى، وَغَفَرَ ذَنْبَكَ، وَيَسَّرَ لَكَ الْخَيْرَ حَيْثُ مَا كُنْتَ

Arab latin: Astaudi’ullaha dinaka wa amanataka wa khowatima ‘amalika zawwadakallahut taqwa wa ghofaro dzanbaka wa yassaro lanal khaira haitsuma kunta.

Artinya: “Aku menitipkan kepada Allah agamamu, amanahmu dan penutup amalmu. Semoga Allah membekalimu ketakwaan, mengampuni dosa-dosamu, dan memudahkan kebaikan kepadamu di mana pun kamu berada.”

Baca Juga: Jangan Lupa Baca Doa Saat Baru Pulang Dari Bepergian Ini

Anjuran mendoakan orang yang sedang bepergian berdasarkan hadis riwayat Imam Ad Darimi, Ibnu Khuzaimah dari Anas bin Malik. Kala itu, dia bercerita: 

جاء رَجُلٌ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنِّي أُرِيدُ سَفَرًا فَزَوِّدْنِي قَالَ زَوَّدَكَ اللَّهُ التَّقْوَى قَالَ زِدْنِي قَالَ وَغَفَرَ ذَنْبَكَ قَالَ زِدْنِي بِأَبِي أَنْتَ وَأُمِّي قَالَ وَيَسَّرَ لَكَ الْخَيْرَ حَيْثُمَا كُنْتَ

Artinya: “Datang seorang pria kepada Nabi Saw. kemudian berkata, ‘Wahai Rasulullah, sesungguhnya aku hendak bepergian, maka bekalilah aku.’ Maka, Nabi Saw. berdoa, ‘Zawwadakallahut taqwa (Semoga Allah membekalimu ketakwaan).’ Pria itu berkata lagi, ‘Tambahilah.’ Beliau berdoa, ‘Wa ghafara zanbaka (Dan semoga Allah mengampuni dosa-dosamu).’ Pria itu berkata lagi, ‘Tambahilah.’ Beliau berdoa, ‘Wa yassarallah lanal khaira haitsuma kunta (Dan semoga memudahkan kebaikan untukmu dimanapun kamu berada).’”

Walau nampak sepele, namun mendoakan orang yang bepergian bisa menjadi satu bentuk kepedulian kita kepada saudara atau kerabat. Dalam sebuah bacaan, seorang muslim pun dapat mengucapkan kalimat ‘Fii amanillah’jika ada keluarga atau kerabat yang hendak bepergian jauh. Kalimat tersebut artinya adalah kita juga sedang mendoakannya, agar ketika dalam perjalanan ia selalu dilindungi Allah SWT.

Mengingat bahwa berdoa merupakan salah satu anjuran dalam Islam, maka hendaknya kita terus mengutamakannya. Dengan demikian, Allah SWT pun tak segan memberikan limpahan berkah dan perlindungan. Semoga bermanfaat!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Lea

Editor: Annisa

Tags :

Bagikan Artikel