Pinhome

Tips Properti

Menata Rumah Apartemen Minimalis Agar Terlihat Luas dan Stylish

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 6 menit membaca

Dewasa ini, permintaan apartemen semakin meningkat. Hal ini akibat semakin sedikitnya lahan untuk membangun rumah tapak. Selain itu, variasi pilihan dan harga yang lebih murah membuat hunian vertikal ini diminati. Salah satu pilihan yang digemari adalah rumah apartemen minimalis.

Pinhome – Dibandingkan dengan jenis apartemen lain, hunian ini memiliki ukuran yang lebih kecil, sehingga cocok untuk bagi Pins yang tinggal sendiri atau memiliki keluarga kecil. Sayangnya, ukuran tersebut kerap memberikan masalah, salah satunya ruang yang kecil dan sesak.

Karena ruang yang terbatas tersebut, penataan menjadi hal yang sangat krusial ketika Pins tinggal di apartemen yang sempit. Kesalahan dalam penataan bisa membuat rumah yang sempit semakin terkesan sempit. Oleh karena itu, Pins harus pandai-pandai menata agar tempat tinggal Pins terlihat luas dan juga stylish.

1. Dekorasi Minimalis

Apabila Pins memiliki rumah apartemen minimalis, salah satu cara agar hunian tidak terasa sempit adalah mendekorasi apartemen seminimalis mungkin. Pins bisa memulainya dengan menyingkirkan benda-benda yang tidak berguna dan memakan banyak tempat.

Pilih perabotan yang benar-benar penting atau memiliki fungsi untuk membantu memenuhi kebutuhan di rumah. Hindari terlalu banyak memasang hiasan dinding atau hiasan lainnya karena akan membuat tempat tinggal Pins terlihat sempit.

2. Penataan Vertikal

Salah satu cara agar rumah apartemen minimalis tidak terlihat sempit adalah dengan menggunaan penataan vertikal. Jenis penataan ini akan semakin tepat jika apartemen Pins punya langit-langit yang tinggi.

Penataan vertikal menitikberatkan pada penggunaan ruang ke atas daripada ke samping. Pins bisa membuat rak atau lemari yang tinggi dan ramping aliasi tidak melebar ke samping. Dengan begitu rumah apartemen minimalis milik Pins akan terlihat lebih luas.

3. Integrasi Ruang

Pada rumah apartemen minimalis, keberadaan banyak sekat justru akan menimbulkan kesan yang semakin sempit. Oleh karena itu, sebaiknya Pins meminimalisir penggunaan sekat, apalagi yang berukuran besar dan beralih dengan menyatukan beberapa ruangan sekaligus.

Misalnya saja, Pins bisa menggabungkan ruang makan dengan ruang tv atau bahkan ruang tv dan kamar tidur. Penggabungan antar ruang ini tentunya akan membuat rumah apartemen minimalis Pins terlihat lebih luas.

4. Furniture Tersembunyi

Banyaknya furniture kerap kali membuat rumah apartemen minimalis menjadi semakin sempit. Untuk mengakalinya, Pins bisa menggunakan furniture yang punya fungsi tersembunyi. Tempat tidur dinding adalah salah satu contoh furniture tersembunyi.

Ketika tidak dipakai, Pins bisa melipat tempat tidur tersebut sehingga menyatu dengan dinding. Saat dibutuhkan Pins hanya perlu menariknya dan tempat tidur pun telah tersedia.

Furniture tersembunyi tersebut dapat mengurangi ruang pada rumah apartemen minimalis sehingga Pins bisa lebih bebas beraktivitas.

5. Cermin Besar

Salah satu trik untuk membuat rumah apartemen minimalis lebih luas adalah menggunakan cermin. Namun, tidak sembarang cermin bisa memberikan efek luas. Hanya cermin berukuran besar saja yang mampu memanipulasi persepsi Pins terhadap ruang.

Keberadaan cermin berukuran besar dapat menimbulkan ilusi seolah apartemen memiliki ukuran yang cukup luas. Namun, jika Pins tidak memiliki cermin besar, Pins bisa mengakalinya dengan menggunakan cermin heksagonal yang ditempelkan ke dinding.

Baca juga: Rumah Apartemen Minimalis, Hunian Yang Unggul Dan Cara Penataannya

6. Pembatas Ruang dengan Rak Buku

Buat Pins yang ingin membuat pembatas ruangan tapi tidak ingin membuat rumah apartemen minimalis terlihat lebih sempit, rak buku bisa menjadi salah satu solusinya. Penataan rak buku secara tepat tidak hanya bisa membatasi ruangan di apartemen Pins tapi juga tetap menjaganya agar tidak terlalu sempit. Ini dikarenakan rak buku tidak terlalu memakan banyak ruang dibandingkan dengan pembatas lain.

Selain itu rak buku juga bisa dimanfaatkan untuk menyimpan barang-barang lain. Dengan begitu, tidak hanya membuat rumah apartemen minimalis terlihat lebih luas, tetapi juga Pins bisa menghemat ruang.

7. Cat Gelap Untuk Langit-Langit

Untuk mensiasati rumah apartemen minimalis agar terkesan tidak sempit, Pins bisa bermain-main dengan langit-langit. Selama ini langit-langit sering terlupakan ketika rumah didekorasi, padahal kalau Pins mau bermain sedikit dengan bagian rumah ini, ada banyak hal yang bisa dilakukan.

Nah, ternyata langit-langit rumah bisa berperan dalam memberikan kesan luas pada rumah apartemen minimalis, Pins. Caranya mudah, kok, Pins hanya perlu mengecat ulang langit-langit saja. Tentunya tidak sembarang cat, Pins. Pilih warna gelap, terutama hitam atau biru untuk menimbulkan kesan tinggi dan luas.

8. Minimalisasi Penggunaan Banyak Warna

Pemilihan warna merupakan hal yang krusial dalam menentukan kesan dari rumah apartemen minimalis. Jika Pins salah memilih kombinasi warna, tempat tinggal Pins bukannya akan terlihat luas justru akan terlihat sesak dan tidak beraturan.

Untuk apartemen yang tidak terlalu luas, penggunaan warna terlalu banyak tidak akan berdampak bagus. Yang ada, hunian Pins justru terlihat semakin sempit.

Warna yang tepat digunakan untuk ruangan minimalis adalah warna monokrom atau warna lain yang tidak terlalu mencolok dan banyak. Dengan begitu, rumah apartemen minimalis Pins akan terlihat lebih sedap dipandang dan terkesan lebih luas.

9. Dapur Berbentuk U

Dapur merupakan salah satu ruang vital dalam sebuah hunian. Begitu juga pada rumah apartemen minimalis. Meskipun lebih sempit dibandingkan dengan rumah atau apartemen normal, dapur tetap diperlukan pada hunian ini. Oleh karena itu, Pins harus memutar otak agar dapur tidak terlalu memakan ruang.

Salah satu cara yang bisa Pins lakukan adalah mendesain dapur dengan bentuk U. Sudah banyak diketahui bahwa dapur U memiliki banyak kelebihan, terutama pada rumah apartemen minimalis.

Dapur berbentuk U tidak memerlukan ruang yang terlalu besar, sehingga Pins tidak perlu takut rumah Pins terlihat sempit. Tidak hanya itu, penataan dapur berbentu U juga akan menimbulkan kesan luas pada dapur yang memberikan kenyamanan pada Pins.

10. Menjaga Ruangan Agar Tetap Rapi dan Bersih

Cara termudah agar rumah apartemen minimalis terlihat lebih luas adalah dengan menata semua perabotan dan barang-barang dengan rapi. Pins boleh percaya atau tidak, tetapi menjaga rumah agar senantiasa rapi dan bersih bisa memberikan kesan luas.

Bayangkan saja apabila rumah Pins tidak tertata dengan rapi dan barang-barang berserakan. Pastinya rumah terkesan sumpek dan sempit, bukan? Nah, karena itulah penting bagi Pins untuk tetap menjaga kerapian dan kebersihan rumah.

Selain membuat rumah apartemen minimalis terkesan luas, perabotan yang tertata dan bersih juga bisa membuat Pins terbebas dari kuman, sehingga Pins selalu sehat.


Rumah apartemen minimalis bukanlah halangan untuk merasa nyaman. Dengan penataan dan dekorasi yang tepat, bahkan ruangan yang sempit pun bisa terkesan lebih luas. Dampaknya, Pins dan keluarga pun akan semakin betah berada di rumah.

Nah, apabila Pins sekarang tengah mencari rumah atau apartemen terutama yang berukuran minimalis, Pins bisa berkunjung ke Pinhome.id. Ada berbagai jenis properti yang Pins bisa temukan di Pinhome.di. Untuk kualitas dan kredibilitasnya, Pins tidak perlu khawatir, Pinhome.id sudah terpercaya dalam urusan jual-beli properti.

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel