BlogPemilik PropertiDesain Hunian13 Tips Agar Apartemen Minimalis Lebih Terlihat Luas
0
0

13 Tips Agar Apartemen Minimalis Lebih Terlihat Luas

Dipublikasikan oleh Omri Cristian dan Diperbarui oleh Omri Cristian

Mei 19, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
menata apartemen minimalistop-right-banner

Dewasa ini, permintaan apartemen semakin meningkat. Hal ini akibat semakin sedikitnya lahan untuk membangun rumah tapak. Selain itu, variasi pilihan dan harga yang lebih murah membuat hunian vertikal ini diminati. Salah satu pilihan yang digemari adalah apartemen minimalis.

Dibandingkan dengan jenis apartemen lain, hunian ini memiliki ukuran yang lebih kecil, sehingga cocok untuk bagi Pins yang tinggal sendiri atau memiliki keluarga kecil. Sayangnya, ukuran tersebut kerap memberikan masalah, salah satunya ruang yang kecil dan sesak.

Oleh karena ruang yang terbatas tersebut, penataan menjadi hal yang sangat krusial ketika Pins tinggal di apartemen yang sempit. Kesalahan dalam penataan bisa membuat rumah yang sempit semakin terkesan sempit. Sebab itu Pins harus pandai-pandai menata agar tempat tinggal Pins terlihat luas dan juga stylish.

Baca juga: 8 Inspirasi Apartemen Minimalis Beserta Keunggulan dan Penataannya

Dekorasi Minimalis

Apabila Pins memiliki apartemen minimalis, salah satu cara agar hunian tidak terasa sempit adalah mendekorasi apartemen seminimalis mungkin. Pins bisa memulainya dengan menyingkirkan benda-benda yang tidak berguna dan memakan banyak tempat.

Pilih perabotan yang benar-benar penting atau memiliki fungsi untuk membantu memenuhi kebutuhan di rumah. Hindari terlalu banyak memasang hiasan dinding atau hiasan lainnya karena akan membuat tempat tinggal Pins terlihat sempit.

Baca juga: 9 Langkah Menciptakan Desain Interior Rumah Semakin Mantap

menata apartemen minimalis
Source : Pixabay

Penataan secara Vertikal

Salah satu cara agar apartemen minimalis tidak terlihat sempit adalah dengan menggunaan penataan vertikal. Jenis penataan ini akan semakin tepat jika apartemen Pins punya langit-langit yang tinggi.

Penataan vertikal menitikberatkan pada penggunaan ruang ke atas daripada ke samping. Pins bisa membuat rak atau lemari yang tinggi dan ramping aliasi tidak melebar ke samping. Dengan begitu apartemen minimalis milik Pins akan terlihat lebih luas.

Perhatikan Integrasi Ruang

Pada apartemen minimalis, keberadaan banyak sekat justru akan menimbulkan kesan yang semakin sempit. Oleh karena itu, sebaiknya Pins meminimalisir penggunaan sekat, apalagi yang berukuran besar dan beralih dengan menyatukan beberapa ruangan sekaligus.

Misalnya saja, Pins bisa menggabungkan ruang makan dengan ruang tv atau bahkan ruang tv dan kamar tidur. Penggabungan antar ruang ini tentunya akan membuat apartemen minimalis Pins terlihat lebih luas.

Baca Juga: Tips Desain Kamar Apartemen

Gunakan Furniture Tersembunyi

Banyaknya furniture kerap kali membuat apartemen minimalis menjadi semakin sempit. Untuk mengakalinya, Pins bisa menggunakan furniture yang punya fungsi tersembunyi. Tempat tidur dinding adalah salah satu contoh furniture tersembunyi.

Ketika tidak dipakai, Pins bisa melipat tempat tidur tersebut sehingga menyatu dengan dinding. Saat dibutuhkan Pins hanya perlu menariknya dan tempat tidur pun telah tersedia.

Furniture tersembunyi tersebut dapat mengurangi ruang pada apartemen minimalis sehingga Pins bisa lebih bebas beraktivitas.

Baca Juga: Desain Apartemen Studio Minimalis

Gunakan Cermin Besar

Salah satu trik untuk membuat apartemen minimalis lebih luas adalah menggunakan cermin. Namun, tidak sembarang cermin bisa memberikan efek luas. Hanya cermin berukuran besar saja yang mampu memanipulasi persepsi Pins terhadap ruang.

Keberadaan cermin berukuran besar dapat menimbulkan ilusi seolah apartemen memiliki ukuran yang cukup luas. Namun, jika Pins tidak memiliki cermin besar, Pins bisa mengakalinya dengan menggunakan cermin heksagonal yang ditempelkan ke dinding.

Baca juga: apartemen Minimalis, Hunian Yang Unggul Dan Cara Penataannya

menata apartemen minimalis
Source : Pixabay

Buat Pembatas Ruang dengan Rak Buku

Buat Pins yang ingin membuat pembatas ruangan tapi tidak ingin membuat apartemen minimalis terlihat lebih sempit, rak buku bisa menjadi salah satu solusinya. Penataan rak buku secara tepat tidak hanya bisa membatasi ruangan di apartemen Pins tapi juga tetap menjaganya agar tidak terlalu sempit. Ini dikarenakan rak buku tidak terlalu memakan banyak ruang dibandingkan dengan pembatas lain.

Selain itu rak buku juga bisa dimanfaatkan untuk menyimpan barang-barang lain. Dengan begitu, tidak hanya membuat apartemen minimalis terlihat lebih luas, tetapi juga Pins bisa menghemat ruang.

Baca Juga: Tips Merencanakan Desain Interior Minimalis

Cat Gelap untuk Langit-Langit

Untuk mensiasati apartemen minimalis agar terkesan tidak sempit, Pins bisa bermain-main dengan langit-langit. Selama ini langit-langit sering terlupakan ketika rumah didekorasi, padahal kalau Pins mau bermain sedikit dengan bagian rumah ini, ada banyak hal yang bisa dilakukan.

Nah, ternyata langit-langit rumah bisa berperan dalam memberikan kesan luas pada apartemen minimalis, Pins. Caranya mudah, kok, Pins hanya perlu mengecat ulang langit-langit saja. Tentunya tidak sembarang cat, Pins. Pilih warna gelap, terutama hitam atau biru untuk menimbulkan kesan tinggi dan luas.

Baca Juga: Cara Memilih Warna Cat Rumah yang Terbaik

Minimalisir Penggunaan Banyak Warna

Pemilihan warna merupakan hal yang krusial dalam menentukan kesan dari apartemen minimalis. Jika Pins salah memilih kombinasi warna, tempat tinggal Pins bukannya akan terlihat luas justru akan terlihat sesak dan tidak beraturan.

Untuk apartemen yang tidak terlalu luas, penggunaan warna terlalu banyak tidak akan berdampak bagus. Yang ada, hunian Pins justru terlihat semakin sempit.

Warna yang tepat digunakan untuk ruangan minimalis adalah warna monokrom atau warna lain yang tidak terlalu mencolok dan banyak. Dengan begitu, apartemen minimalis Pins akan terlihat lebih sedap dipandang dan terkesan lebih luas.

Baca Juga:  Model Desain Keluarga Terbaik

Jangan Menumpuk Barang untuk Luas Apartemen

luas apartemen
Source : Shutterstock

Sebaiknya Pins menghindari menumpuk barang di satu titik. Hal ini hanya membuat ruang apartemen kamu menjadi terlihat lebih sempit dan kurang rapi. Pins dapat menggunakan produk multifungsi sehingga tidak barang yang tidak terpakai. Selain itu pastikan, bahwa Pins memisahkan barang yang jarang atau bahkan tidak terpakai.

Mendesain Dapur Berbentuk U

Dapur merupakan salah satu ruang vital dalam sebuah hunian. Begitu juga pada apartemen minimalis. Meskipun lebih sempit dibandingkan dengan rumah atau apartemen normal, dapur tetap diperlukan pada hunian ini. Oleh karena itu, Pins harus memutar otak agar dapur tidak terlalu memakan ruang.

Salah satu cara yang bisa Pins lakukan adalah mendesain dapur dengan bentuk U. Sudah banyak diketahui bahwa dapur U memiliki banyak kelebihan, terutama pada apartemen minimalis.

Dapur berbentuk U tidak memerlukan ruang yang terlalu besar, sehingga Pins tidak perlu takut rumah Pins terlihat sempit. Tidak hanya itu, penataan dapur berbentu U juga akan menimbulkan kesan luas pada dapur yang memberikan kenyamanan pada Pins.

Baca Juga: Penyebab Dinding Tembok Retak

Tambahkan Tanaman Hijau

luas apartemen
Source : Shutterstock

Walaupun ingin memberi kesan yang luas bukan berarti Pins dapat menggunakan hal yang satu ini. Tanaman hijau dapat memberi kesegaran di dalam ruangan. Tentunya, Pins tidak perlu memanfaatkan tumbuhan yang besar. Cukup satu tanaman kecil saja sudah cukup membuat ruangan menjadi lebih segar.

Menjaga Ruangan Agar Tetap Rapi dan Bersih

Cara termudah agar apartemen minimalis terlihat lebih luas adalah dengan menata semua perabotan dan barang-barang dengan rapi. Pins boleh percaya atau tidak, tetapi menjaga rumah agar senantiasa rapi dan bersih bisa memberikan kesan luas.

Bayangkan saja apabila rumah Pins tidak tertata dengan rapi dan barang-barang berserakan. Pastinya rumah terkesan sumpek dan sempit, bukan? Nah, karena itulah penting bagi Pins untuk tetap menjaga kerapian dan kebersihan rumah.

Selain membuat apartemen minimalis terkesan luas, perabotan yang tertata dan bersih juga bisa membuat Pins terbebas dari kuman, sehingga Pins selalu sehat.

Pilih Dekorasi Kecil untuk Dinding

Source : Shutterstock

Pins, sebaiknya gunakan dekorasi berukuran kecil di dinding agar apartemen yang kamu huni tetap terkesan luas namun juga hangat. Pins dapat menambahkan lukisan-lukisan kecil atau keluarga di sana. Menggunakan lukisan yang besar hanya akan membuat ruangan apartemen kamu menjadi terlihat penuh.

Itulah tadi beberapa tips yang bisa kamu terapkan di apartemen. Tidak ada salahnya Pins mencoba cara-cara tersebut agar apartemen kamu bisa tampil luas dan lebih nyaman. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Efisiensi Energi Pada Rumah


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download