Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Mempelajari Nama Rumah Adat Betawi Beserta Gambar Filosofinya

Lifestyle

Mempelajari Nama Rumah Adat Betawi Beserta Gambar Filosofinya

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 4 May 2021 ∙ 5 menit membaca

Keanekaragaman budaya Indonesia memang selalu menarik untuk ditelaah. Mulai dari tarian tradisional, makanan khas, lagu daerah hingga rumah adat yang mempunyai filosofi tersendiri di berbagai daerah. Ini menjadi pertanda bahwa masyarakat Indonesia memang kaya akan warisan budaya yang berlimpah. Untuk Jakarta sendiri, ada warisan budaya Betawi yang kental, apa Pins sudah mengenalnya? Rumah adat Betawi menjadi topik pada pembahasan kali ini.

Pinhome – Batavia merupakan nama kota Jakarta pertama kali pada zaman Hindia Belanda. Dari hal tersebut, masyarakat Betawi muncul sebagai penduduk asli yang menempati kota Batavia pertama kali. Penduduk asli Jakarta tersebut diduga merupakan penduduk campuran antara orang Jawa, Bugis, Melayu, Makassar hingga penduduk percampuran Indo-Portugis.

Baca Juga: Ini Dia Nama Dan Gambar Rumah Adat Suku Betawi Dan Filosofinya

Seiring dengan perkembangan arus urbanisasi penduduk, masyarakat Betawi beserta kebudayaannya kian memudar. Maka dari itu, pada kesempatan ini, Pinhome akan mengajak anda untuk mempelajari kebudayaan Betawi lebih dalam khususnya untuk nama rumah adat Betawi beserta jenisnya.

Rumah adat Betawi itu sendiri merupakan rumah adat asli penduduk Batavia yang mendiami kota pada zaman penjajahan. Beberapa karakteristik yang kental dapat anda lihat dari jenis atap dan keberadaan teras rumah yang cukup luas pada bagian depan bangunan. Untuk mempelajari lebih dalam lagi, mari kita simak ulasan gambar rumah adat Betawi beserta jenis filosofi pada setiap jenis rumah. 

Baca Juga: Daftar Lengkap Gambar Rumah Adat Dan Asalnya Dari Seluruh Indonesia

Karakteristik Rumah Adat Betawi

Gambar rumah adat Betawi memang kental dengan teras rumah luas yang biasa digunakan untuk menerima tamu maupun tempat bercengkrama bersama keluarga. Teras tersebut memiliki filosofi yang kuat sebagai keterbukaan masyarakat Betawi akan orang baru yang datang ke rumah. Hal tersebut juga dapat terlihat dari sifat masyarakatnya yang sangat menghormati adanya perbedaan budaya, agama maupun suku.

Rumah adat Betawi itu sendiri memang memiliki ciri khas perpaduan suku nasional dan internasional yang dahulu mendiami Jakarta yaitu, suku Jawa, Sunda, Cina, Arab maupun Eropa. Hal tersebut dapat dilihat dari karakteristik suku Jawa dan Sunda pada struktur bangunan juga ornamen khas internasional dalam interior desain.

Ragam Jenis Nama Rumah Adat Betawi

Ini dia ragam jenis nama rumah adat Betawi yang Anda perlu tahu. Yuk dicek bersama-sama!

Rumah Kebaya

(rumahadatistiadat.blogspot.com)

Nama rumah adat Betawi yang pertama adalah rumah Kebaya. Rumah yang menjadi ciri khas utama suku Betawi adalah rumah Kebaya. Pins dapat melihat rumah Kebaya dalam rumah yang ditempati si Doel dalam film ‘Si Doel Anak Betawi’. Teras yang luas, material bangunan dan perabot yang berbahan dasar kayu, sampai atap rumah yang dinamakan Kebaya menjadi ciri utama jenis rumah adat Betawi ini. 

Nama Kebaya diambil dari desain atap rumah yang terlihat seperti lipatan kebaya bila dilihat dari sisi samping. Hal menarik lainnya adalah ornamen betawi yang khas pada pintu dan jendela dari bentuk-bentuk seperti belah ketupat, lingkaran, dan segitiga runcing.

Rumah Gudang

rumah adat betawi
(gardencenter.co.id)

Selanjutnya ada gambar rumah adat Betawi jenis gudang. Rumah Gudang terbagi atas dua bagian, yaitu umum dan pribadi. Bagian teras depan untuk menerima tamu dan bagian dalam untuk ruang pribadi, sama seperti filosofi rumah pada umumnya. Memiliki desain mirip tapak kuda pada bagian atap, rumah ini pada zaman dahulu sering dijumpai masyarakat di area  pedalaman. 

Bentuk tampilan muka luar nama rumah adat Betawi ini, memanjang layaknya bentuk persegi panjang dari depan ke belakang. Aksen atap tambahan pada tampilan depan rumah memiliki fungsinya sebagai penghalau sinar matahari maupun hujan. Bangunan ini diceritakan mengikuti bangunan gudang milik Portugis.

Rumah Joglo Betawi

rumah adat betawi
(milenialjoss.com)

Gambar rumah adat Betawi selanjutnya hadir dari varian rumah Joglo. Memiliki nama yang sangat mirip dengan rumah adat asal Jawa Tengah, tapi  rumah Joglo Betawi memiliki perbedaan yang sangat signifikan yaitu tidak mempunyai tiang penopang yang disebut soko guru pada bangunan. Tiang penopang yang digunakan untuk pembagian ruang tersebut tidak ditemukan pada rumah Joglo versi Betawi.

Sama seperti jenis rumah Betawi lainnya yang berbentuk persegi panjang, rumah joglo Betawi biasanya khusus ditempati oleh masyarakat yang mempunyai status sosial yang cukup tinggi, seperti pemimpin adat, tokoh masyarakat dan sebagainya.

Rumah Panggung Betawi

rumah adat betawi
(milenialjoss.com)

Nama rumah adat Betawi pada varian terakhir adalah rumah panggung. Memiliki nama yang sama pula dengan salah satu rumah ada masyarakat Sumatera, rumah panggung milik Betawi memiliki ciri khasnya yang unik. Ornamen ukiran geometris khas Betawi yang kental biasanya mengelilingi bangunan ini. Pins dapat melihat contoh nyatanya pada rumah si Pitung yang dapat Pins temukan di daerah Marunda, Jakarta Utara.

Ini merupakan rumah adat Betawi daerah pesisir pantai yang sengaja dibuat menyesuaikan dengan kondisi lingkungan dari rumah tersebut. Keamanan dari penghuni dapat terjaga bila suatu saat air pasang menerjang daerah pesisir. Selebihnya material yang digunakan masih sama yaitu mengandalkan mayoritas bahan kayu dalam struktur bangunan maupun perabot rumah di dalamnya.

Itulah beberapa nama rumah adat Betawi beserta filosofinya yang menarik. Semoga dapat menambah pengetahuan anda akan keragaman budaya Betawi khususnya informasi mengenai hunian suku tersebut.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Salsa

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel