Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • Membuat Taman di Dalam Rumah

Hobi

Membuat Taman di Dalam Rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Sebuah taman adalah pelengkap lanskap yang akan mempercantik halaman disekitar rumah. Hadirnya sebuah taman akan memberikan kesan asri dan cantik, yang pada satu waktu tentu akan menghadirkan perasaan kerasan di rumah. Tapi, taman bukan melulu ada diluar rumah, menikmati apa yang disebut dengan inner court atau taman dalam rumah juga tak kalah cantiknya dengan pekarangan di bagian depan.

Sementara itu, bila sebuah taman dibagian halam depan atau biasa disebut dengan pekarangan memang sudah sangat lazim. Sehingga sangat mudah untuk membuatnya, taman di dalam rumah jelas sangat berbeda. Inner court ini perlu desain yang spesifik agar tanaman dapat tetap tumbuh subur, sekaligus pada satu waktu mampu menghadirkan kesan asri. Penasaran cara membuat taman di dalam rumah? Simak ulasannya dalam artikel kali ini.

taman didalam rumah
taman di dalam rumah

Perhatikan Struktur Dan Fungsi, Jangan Lupakan Segi Estetika

Taman dalam rumah atau biasa dikenal dengan istilah inner court punya ragam fungsi. Salah satunya adalah menghadiran sirkulasi udara  tambahan meski tidak menyalakan pendingin ruangan atau AC. Disini tentu saja menghadirkan keuntungan utama dimana akan ada penurunan dari segi operasional perbulan yang musti dikeluarkan. Ketahui cara membuat dan mempersiapkan sebuah inner court yang cantik dan sekaligus fungsional.

1. Kenali Material Pendukung

Sebuah inner court biasanya dibuat dengan tujuan estetika sekaligus fungsional. Untuk itu, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah material pendukung, dalam hal ini tentunya material untuk membangun sekaligus pelengkap. Pastikan adalah material yang mudah dibersihkan, gunakan pula material yang bersifat alami, seperti misalnya batu alam dengan tujuan memperkuat kesan estetis.

2. Pilih Ragam Tanaman, Perkuat Aksen Pilihan Dengan Jenis Pohon Yang Tepat

Beberapa orang mengharapkan hadirnya tanaman kayu atau pohon di bagian inner court. Tentu saja pemilihan jenis tanaman harus diperhatikan, termasuk juga perawatan sehari-hari. Hindari penggunaan pohon dengan percabangan majemuk yang akan terlalu rindang, pilih pohon yang telah dipersiapkan untuk tujuan ditanam pada taman dalam ruangan.

3. Perhatikan Sirkulasi Air

Karena terletak didalam ruangan, tentu taman harus dijaga agar tak mengundang kekotoran. Pastikan bahwa sirkulasi air untuk menyiram tanaman juga sudah tepat. Dengan cara ini maka kemungkinan ruangan akan terkotori karena air untuk menyiram tanaman bisa ditekan seminimal mungkin. Ini dimaksudkan untuk efisiensi waktu dan tenaga saat melakukan perawatan tanaman.

Sebuah taman didalam ruangan atau inner court, harus punya fungsi estetis yang tinggi. Bisanya dipadu pula dengan menghadirkan elemen lain, kolam ikan koi misalnya. Tetapi perpaduan atau konsep apapun yang akan dipakai untuk membangun inner court, sisi fungsional serta faktor kebersihan tetap harus jadi patokan utama

Tags :

Bagikan Artikel