Pinhome

  • Blog
  • Uncategorized
  • Membedakan Jenis Kelamin, Ciri-Ciri Cucak Jenggot Jantan dan Betina

Uncategorized

Membedakan Jenis Kelamin, Ciri-Ciri Cucak Jenggot Jantan dan Betina

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 4 menit membaca

Burung Cucak jenggot merupakan salah satu jenis burung kicau yang cukup terkenal dan populer dikenal dikalangan masyarakat pecinta burung. Namun, banyak yang belum bisa membedakan antara ciri ciri Cucak Jenggot jantan dan betina. Dalam artikel kali ini kami akan ulas tentang perbedaan antara cucak jengot jantan dan betina.

Cucak jenggot adalah salah satu burung yang sering dilombakan, karena cucak ini memiliki suara yang lantang, indah dan juga menjadi salah satu burung penghibur. Tidak mengherankan jika kemudian banyak sekali penggemar cucak jenggot mania ini yang memelihara burung berjenggot.

Burung Cucak jenggot yang telah dewasa memiliki cirri khas khusus salah satunya adalah sudah mulai gacor, bahkan juga sering dijadikan burung master bagi burung kicauan yang lainnya, misalnya cendet.

Perbedaan Antara Ciri-Ciri Cucak Jenggot Jantan Dan Betina Terlengkap

1. Suara

Dibandingkan cucak betina, cucak Jantan lebih memiliki suara yang bervariatif. Cucak betina lebih cenderung memiliki suara yang monoton.

2. Warna Bulu

Bulu yang berwarna kuning menjadi ciri khas khusus dari Cucak Jenggot Jantan. Lain halnya dengan Cucak betina yang tidak memiliki bulu sebagus cucak jantan. Maka dari itu, sudah sangat jelas jika Anda adalah seorang pemula penggemar Cucak, maka Anda bisa membedakan dari bulunya.

3. Bentuk Tubuh

Bentuk tubuh dari burung Jantan lebih simetris atau lebih proporsional dibandingkan dengan burung cucak betina. Burung betina lebih cenderung memiliki tubuh yang bulat dan juga berisi. Sehingga Cucak betina ini sekilas tampak lebih gemuk, pendek dan bulat.

4. Reaksi

Selain itu, banyak hal yang membedakan antara Cucak Jantan dan Betina ini, salah satunya adalah dari segi reaksinya. Mereka memiliki perbedaan reakasi ketika didekatkan dengan burung lainnya. Jika Cucak Betina ini jika didekatkan dengan burung lainnya  mereka akan menggetarkan sayapnya. Disini sangat berbeda sekali dengan burung jantan yang tidak menggetarkan tubuhnya saat didekatkan dengan burung lainnya.

Ciri-Ciri Cucak Jenggot Jantan Dan Betina dari Segi Lainnya

Untuk burung yang sudah dewasa yang kisaran umur 8 bulanan, seringkali cucak betina ini sudah bisa reproduksi atau bertelur. Berbeda dengan jenis burung lainnya yang biasanya dapat dikonteskan adalah yang berjenis kelamin jantan, karena burung jantan cenderung mempunyai jiwa petarung, akan tetapi untuk cucak jenggot ini justru malah jenis kelamin betina yang sering banyak dikonteskan.

Untuk bisa bersuara dan mengeluarkan besetan atau tembakan cucak jenggot biasanya menunggu birahi terlebih dahulu. Maka dari itulah kenapa Cucak betina sering dikonteskan! Karena Cucak Betina inilah konon katanya cepat sekali ia birahi. Dalam hal ini, Anda juga masih bisa membuat cucak Jenggot Jantan berkicau, caranya adalah dengan menggunkan alat penggacor burung untuk memncing mereka agar cepat birahi.

Untuk bisa membedakan  ciri ciri Cucak Jenggot jantan dan betina ini sebenarnya masih banyak sekali referensinya. Salah satunya adalah dengan mengetahui suara kicauannya yang  variatif dan tidak hanya monoton.

Cucak jantan jika di trek dengan cucak jenggot lainnya, tidak ngeleper (menggetarkan sayap). Jika usianya sudah mapan atau sudah tua, apabila kelebihan extra fooding Cucak jenggot jantan ini tidak bisa bertelur. Badan lebih simetris baik itu di lihat dari model kepala, punggung dan juga ekornya. Warna di dada lebih banyak di dominasi dengan warna kuning.

Sedangkan ciri khas dari cucak betina adalah suara kicauan cenderung monoton dan lebih banyak di dominasi dengan suara besetan atau ngesrek. Jika di trek dengan cucak jenggot lain sayapnya akan ngeleper. Jika usianya sudah mapan, Cucak jenggot betina ini akan bertelur terutama jika digenjot dengan extra fooding.

Bentuk badannya kurang begitu simetris dan warna dada lebih banyak yang di dominasi dengan warna putih dibanding dengan warna kuning. Pada dasarnya memang tidak ada ciri fisik yang khas dan signifikan, tapi meski begitu betina tetap betina dan jantan tetap jantan jadi pasti ada perbedaannya.

Itulah artikel tentang ciri ciri Cucak Jenggot jantan dan betina yang dapat kami sampaikan kepada Anda semuanya, semoga dapat bermanfaat.

Tags :

Bagikan Artikel