Pinhome

Cara Membangun Rumah Hemat Biaya

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Membangun rumah hemat bisa dilakukan melalui berbagai macam cara sehingga didapatkan biaya bangunan yang murah, Membangun sebuah rumah idaman dengan biaya yang hemat merupakan impian bagi setiap calon pembangun rumah, berbagai pertimbangan terpikir sebelum melaksanakan pekerjaan pembangunan rumah tersebut, dari mulai letak rumah, model rumah,  warna rumah sampai menentukan biaya yang akan disediakan untuk membangun rumah tersebut, dalam masalah harga tentunya harus dibuat sehemat mungkin, lalu pertanyaanya adalah bagaimana cara membangun rumah hemat ? hemat disini berarti hemat dari segi waktu dan biaya, karena keduanya sangat berkaitan erat, waktu yang lama akan menimbulkan harga pekerjaan yang besar.

Berikut ini beberapa tips yang dapat digunakan agar dapat membangun rumah hemat

Baca juga: Ilmu Bangun Rumah

Buat gambar rumah terlebih dahulu sebelum membangun

Gambar rumah berfungsi untuk menuangkan ide-ide, setiap ada perubahan bentuk dan model terlebih dahulu dituangkan dalam bentuk gambar sehingga tidak terjadi pekerjaan bongkar pasang akibat item pekerjaan yang sudah dibangun belum sesuai selera, selain itu gambar kerja juga menghemat waktu berpikir tukang bangunan agar lebih fokus untuk mengerjakan pembangunanya.

Selesaikan Izin mendirikan Bangunan ( IMB ) sebelum membangun

Penyelesaian IMB sebelum membangun dimaksudkan agar tidak terjadi hal-hal yang menghambat pekerjaan dikemudian hari, misalnya bangunan disegel sehingga terjadi pemborosan waktu

Pilih alternatif material pengganti yang lebih murah

Berbagai macam jenis material yang tersedia dipasaran sebaiknya dipilih material  sehemat mungkin dengan kualitas yang baik.

Pilih jasa pemborong yang professional dan dengan kualitas baik

Pemborong yang professional disini berarti pemborongan yang telah ahli dibidangnya, agar dihindari untuk menggunakan jasa pembororong yang menawarkan harga sangat murah karena bisa jadi kualitas pekerjaan dan material yang digunakan tidak bertahan lama sehingga membuat tambahan biaya yang mahal untuk perawatan rumah yang sudah jadi.

Buat jadwal pembangunan

Pembuatan jadwal pembangunan rumah seperti kurva s berfungsi untuk mengontrol agar pekerjaan pembangunan rumah dapat selesai  dalam waktu yang telah ditetapkan sehingga dapat membangun rumah dengan hemat

Pilih tenaga tukang bangunan yang telah ahli

Tukang bangunan yang ahli dibidangnya tentunya dapat memberikan hasil pekerjaan dengan kualitas maksimal dan dalam waktu yang cepat.

Pilih material yang tahan lama

Pemilihan material harus sebaik mungkin dan tahan lama misalnya dalam pemilihan jenis cat dinding yang akan digunakan tentunya akan lebih hemat jika memilih cat dengan harga sedikit mahal namun mempunyai umur pakai lebih lama.

Selamat membangun rumah hemat  🙂

Tags :

Bagikan Artikel