Kerajaan Mataram Kuno

Diperbarui oleh Syahya Rembulan ∙ November 25, 2022 ∙ 3 menit membaca

Kerajaan Mataram Kuno atau Mataram Lama, atau Mataram Hindu terletak di Provinsi Jawa Tengah. Daerah tersebut dikenal dengan nama Bhumi Maratam. Mataram di kelilingi oleh gunung dan pegunungan, seperti: Pegunungan Serayu, Gunung Prau, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Ungaran, Gunung Merbabu, Gunung Merapi, Pegunungan Kendeng, Gunung Lawu, Gunung Sewu, dan Gunung Kidul. Daerah itu juga dialiri oleh beberapa sungai besar, seperti : Bogowonto, Sungai Progo, Sungai Elo, dan yang terbesar adalah Sungai Bengawan Solo.

Sumber sejarah Kerajaan Mataram Kuno

Keberadaan Kerajaan Mataram Kuno dari Dinasti Sanjaya berhasil diketahui melalui beberapa prasasti. Diantaranya: Prasasti Canggal, Prasasti Balitung, dan Kitab cerita Parahyangan.

Prasasti Canggal (tahun 732 Masehi)

Dibuat pada masa pemerintahan Raja Sanjaya yang berkaitan dengan pendirian sebuah lingga. Lingga adalah lambang dari Dewa Syiwa. Dengan demikian, dapat diketahui bahwa agama yang dianut Mataram Kuno adalah agama Hindu beraliran Syiwa. Maka dari itu, Mataram Kuno atau Lama sering disebut juga Mataram Hindu.

Prasasti Balitung dan Prasasti Mantyasih (tahun 907 M)

Merupakan prasasti tembaga yang dikeluarkan oleh Raja Diah Balitung, hadiah tanah kepada lima orang patihnya di Mantyasih. Kelima orang patih tersebut telah berjasa besar terhadap kerajaan.

Kitab cerita Parahyangan

Dalam cerita Parahyangan dikisahkan bahwa Sanna terpaksa turun tahta karena dikalahkan oleh Rahyang Prubasora di Galuh. Ia dan para pengikutnya menyingkir ke lereng Gunung Merapi. Tidak lama, anak Sanna bernama Sanjaya berhasil membalas kekalahan Raja Sanna.

Ia kemudian menguasai Galuh kembali dan menaklukkan kerajaan-kerajaan kecil di Jawa Barat bagian timur dan Jawa Tengah. Setelah itu Sanjaya mendirikan Kerajaan Mataram yang beribukota di Medangri Poh Pitu pada tahun 717 Masehi.

Raja yang pernah memerintah Kerajaan Mataram Kuno

Kerajaan Mataram Lama atau Mataram Kuno, atau sering disebtu juga Mataram Hindu, diperintah oleh Dinasti Sanjaya dan Dinasti Syailendra. Dinasti Sanjaya adalah raja-raja keturunan Sanjaya yang menganut agama Hindu.

Sedangkan Dinasti Syailendra adalah raja-raja yang diduga berasal dari India selatan atau Kamboja yang menganut agama Buddha Mahayana.

Menurut para ahli sejarah, antara kedua dinasti tersebut terjadi persaingan. Sehingga mereka secara bergantian memerintah di Kerajaan Mataram. Di dalam Prasasti Mantyasih (907) dan Prasasti Wanua Tengah III (908 M) disebutkan nama-nama raja Mataram Kuno sebagai berikut :

  1. Rakai Mataram Sang Ratu Sanjaya
  2. Rakai Panangkaran
  3. Rakai Panunggalan
  4. Rakai Warak
  5. Rakai Garung
  6. Rakai Pikatan
  7. Rakai Kayuwangi
  8. Rakai Watuhumalang

Catatan

Namun, di artikel Prasasti Mataram Hindu tercatat ada 9 raja, yaitu yang terakhir Watukura Dyah Balitung. Lalu mana yang benar? Dari referensi buku yang pernah admin baca memang berbeda-beda, mana yang benar rasanya tak perlu diperdebatkan, karena admin blog sejarah nasional dan dunia tidak tahu secara pasti tentang ini.

Saya kira para ahli sejarah pun hanya bisa memperkirakan tetapi tidak bisa memastikan, karena tidak ada catatan sejarah yang pasti untuk itu.

Dari deretan raja-raja tersebut di atas Rakai Panunggalan, Rakai Warak dan Rakai Garung tidak menjadi Maharaja, melainkan sebagai raja bawahan. Ada ilmuwan yang berasumsi bahwa Rakai Panunggalan adalah Jayawarman II dari Kamboja yang dibawa ke Mataram sewaktu raja Sanjaya menaklukkan Kamboja.


Temukan pilihan rumah terlengkap seperti pada perumahan The Andalus Residence di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Properti
Properti 10 Tips Siasati Isi Rumah Pertama Lahan Minimalis

Pins masih bingung untuk memilih isi rumah pertama di lahan minimalis? Jangan khawatir, Pinhome aka

Finansial
Finansial Begini 3 Cara Mining Ethereum di Android

Ketika menjadi seorang penambang aset crypto, mungkin kamu sering bertanya-tanya “berapa lama ket

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 12 Desain Rumah Etnik Tingkat Atau Lantai 1 Yang Cantik & Sejuk

Desain rumah etnik adalah hunian dengan unsur budaya di sebuah negara. Desain arsitekturnya bisa di

Finansial
Finansial 22 NFT Termahal dengan Nilai Jual yang Menyentuh Hingga Angka Triliunan!

Aset digital dengan basis blockchain yang dikenal dengan NFT (Non-Fungible Token), kini semakin men

Finansial
Finansial Simak! 4 Cara Menambang Bitcoin untuk Pemula

Transaksi dengan memakai mata uang digital Bitcoin semakin tinggi peminatnya seiring waktu. Ini kar

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia