Manfaat Niger Seed Untuk Burung Lovebird - Pinhome

Pinhome

Racikan Biji Niger Untuk Makanan Burung Lovebird

Dipublikasikan oleh Mega Puspita Ratna ∙ 30 August 2021 ∙ 4 menit membaca

Biji Niger – Niger seed atau biji niger, merupakan biji yang dihasilkan dari pohon niger. Sedangkan, pohon niger atau Aspergillus niger adalah anggota dari genus Aspergillus yang mencakup seperangkat jamur yang umumnya dianggap aseksual.

Biji niger sendiri awal mulanya di budidayakan di negara Ethiopia dan Malawi, kemudian merambat ke negara tetangga, Eropa, dan asia yang akhirnya sampai juga ke Indonesia.

Niger seed sering kali dimanfaatkan untuk pakan ternak dalam beternak jenis burung kicau seperti burung kenari atau burung finch.

Manfaat Niger Seed Untuk Burung Kicau

manfaat niger seed
(Shutterstock)

Sedangkan manfaat biji niger/ niger seed sendiri tidak hanya untuk makanan burung saja, namun sering juga dimanfaatkan sebagai obat kulit, dan masuk angin.

Di beberapa negara Asia Selatan seperti India sering juga memanfaatkan biji niger atau niger seed sebagai campuran bumbu masakan.

Selain itu, masih ada manfaat lain yang dihasilkanya dan biji niger ini, seperti pengganti minyak zaitun, untuk keperluan industri seperti pembuatan sabun, cat, dan persiapan berbagai jenis emulsi.

Untuk membuat burung Loverbird gacor dan tetap sehat, tentu perawatan terbaik harus diberikan. Karena, bila lovebird hanya sekedar diberi pakan, maka akan membuatnya biasa-biasa saja.

Biasanya para kicau mania menginginkan Loverbird gacor dan rajin bunyi. Maka, pemberian makanan burung Loverbird yang tepat serta perawatan burung Loverbird secara teratur seperti: memandikan, menjemur, dll harus dilakukan.

Baca juga : Cara Memaster Lovebird Paud dan Jenis Masteran Lovebird

Tidak hanya itu, hal yang sulit adalah menjaga agar Loverbird yang gacor itu terus tampil prima, tidak terkesan moody. Beberapa pakan yang bagus untuk makanan burung Loverbird adalah biji-bijian dan sayur-sayuran, karena kandungan gizi yang terkandung sangatlah bagus dan berguna bagi kesehatan Loverbird.

Biji-bijian sejak dahulu kala memang menjadi dasar makanan burung lovebird, dan tentunya sang lovebird sangat menyukainya. Salah satu pakan dari jenis biji-bijian yang bisa kamu berikan untuk Loverbird adalah niger seed.

Zat gizi yang terkandung dalam biji niger sangat tinggi, mulai dari karbohidrat, protein, lemak, dan lain-lain. Sehingga, akan sangat bagus jika dikonsumsi atau dijadikan makanan untuk burung Loverbird.

Biji niger bisa menjadi pakan yang bisa membuat Loverbird lebih bertenaga, dan bisa juga membuatnya senang gacor. Apalagi buat burung Loverbird yang kekurangan asupan pakan yang bergizi, maka tentu biji niger dapat memenuhi kekurangan tersebut.

Jika kamu memiliki kendala burung yang macet bunyi, atau belum gacor, cobalah memberi racikan niger seed untuk makanan burung Loverbird ini. Menggunakan kombinasi perawatan yang telaten, burung peliharaanmu dapat mencapai puncak peformanya.

Biasanya, burung Lovebird akan sangat suka dengan niger seed ini. Racikan niger seed untuk pakan lovebird dinilai mampu mendongkrak stamina lovebird. Selain itu juga bisa untuk melengkapi gizi yang diperlukan untuk aktifitas sehari-hari.

Kandungan Gizi Niger Seed

Berikut beberapa prosentase zat gizi yang terdapat dalam biji niger:

  • Karbohidrat 15,3%
  • Protein 17,5%
  • Lemak 32,7%
  • Mineral 7,0%
  • Air 8,4%

Dengan adanya kandungan dalam niger seed tersebut, pastinya akan memberikan banyak sekali manfaat untuk burung kicauan yang kamu pelihara, khususnya Lovebird.

Bahkan, manfaatnya tidak hanya dikenal untuk dijadikan sebagai pakan pendongkrak stamina saja. Akan tetapi, niger seed juga sangat baik diberikan pada burung pada saat kondisi cuaca dingin ekstrim atau pada waktu musim penghujan.

Jadi, sudah banyak diketahui jika niger seed memang mempunyai kandungan yang bisa bermanfaat untuk memberi efek penghangat bagi tubuh burung.

Baca juga : Cara Alternatif Menjemur Burung Saat Musim Hujan

Walaupun terlihat keras, akan tetapi sebenarnya niger seed ini juga sangat rapuh dan mudah sekali patah.

Dengan demikian, ketika diberikan pada Loverbird, biji-bijian tersebut dinilai aman sekali untuk pencernaan burung, bahkan jika diberikan untuk anakannya sekalipun.

Komposisi Biji Niger 

Di bawah ini merupakan komposisi biji niger untuk Loverbird:

  • 7 kg Milet Putih
  • 1 kg milet merah
  • 1 kg kunyit / jemawut
  • 1 kg gabah Bangkok
  • 1 kg beras merah
  • 2 kg canary sheed
  • 2 kg kwaci Hitam
  • 1 kg niger sheed
  • 1 kg biji sawi
  • 1/2 ons pumayin (tidak wajib)

Campurkan semua komposisi racikan di atas, kecuali haver dan eggfood.

Dengan memberikan racikan niger seed untuk pakan lovebird tersebut, burung lovebird peliharaanmu bisa memiliki performa yang lebih bagus lagi.

Imbangi juga dengan perawatan yang lainnya seperti halnya penjemuran, pemandian, pakan tambahan dan lainnya. Tujuannya supaya Loverbird bisa lebih sehat dan berkualitas.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel