15 Manfaat Minyat Zaitun dan Cara Memilihnya

Dipublikasikan oleh Syahya Rembulan ∙ January 26, 2023 ∙ 9 menit membaca

Manfaat minyak zaitun sering kali diagung-agungkan oleh banyak orang. Tidak sedikit yang menyebut kalau minyak zaitun memiliki segudang manfaat dibandingkan dengan minyak kelapa konvensional. Bagaimana tidak, minyak ini juga sering disebut-sebut sebagai cairan serbaguna.

Minyak zaitun memang lebih sehat jika dibandingkan dengan minyak lainnya. Tapi, siapa sangka kalau minyak zaitun tidak hanya bisa diandalkan untuk keperluan dapur sebagai pengganti minyak goreng biasa.

Segudang fakta-fakta menarik mengenai minyak zaitun bisa Pins kuliti habis pada artikel Pinhome kali ini.

Baca juga: Apa Manfaat Lidah Buaya Untuk Tubuh Dan Kesehatan?

Apa Itu Minyak Zaitun?

(Freepik)

Wajib Pins ketahui kalau minyak zaitun berasal dari buah zaitun utuh yang dipetik langsung dari pohonnya. Pohon zaitun sendiri banyak tumbuh di daerah Mediterania, Pins. Di dalam minyak zaitun mengandung kadar antioksidan dan asam lemak tak jenuh tunggal yang baik bagi kesehatan.

Maka dari itu, tidak heran apabila minyak zaitun sangat serbaguna dan dapat digunakan untuk beragam keperluan, seperti kebutuhan kosmetik, memasak, hingga obat-obatan di Kawasan Mediterania. Seiring berkembangnya zaman, minyak zaitun murni semakin mendunia dan banyak orang yang sudah membuktikan khasiatnya.

Melansir dari berbagai sumber, ada sebuah riset yang menjelaskan bahwa antioksidan pada minyak zaitun dapat menangkal radikal bebas penyebab stres oksidatif. Dengan adanya antioksidan pada minyak zaitun, maka risiko terpapar penyakit yang dipicu karena radikal bebas ini sangat bisa diminimalisir dengan minyak zaitun, Pins.

Baca juga: Jamur Enoki: Tak Hanya Rasanya Buat Lidah Goyang Tapi Juga Bikin Tubuh Kita Sehat!

Fakta Nutrisi Minyak Zaitun

Melansir dari beragam sumber, dalam 1 sendok makan olive oil, terkandung beberapa nutrisi sebagai berikut ini:

  • 119 kalori
  • 13,5 gram lemak
  • 1,86 gram lemak jenuh
  • 1,9 miligram vitamin E
  • 8,13 mikrogram vitamin K
  • Polifenol
  • Tokoferol
  • Squalene
  • Phytosterol
  • Antioksidan
  • Antiinflamasi

Manfaat Minyak Zaitun

olive oil, olives, food
(Pixabay)

Sejak dulu minyak zaitun sangat bekhasiat untuk menghaluskan kulit wajah. Jangan aneh kalau minyak zaitun sering digunakan produsen kosmetik. olive oil berasal dari tanaman buah yang hidup di wilayah mediterania yang mendatangkan intensitas matahari yang kuat.

Minyak zaitun sudah dikenal dalam dunia kecantikan, makanan bahkan kesehatan. Faktor ini disebabkan oleh kandungan nutrisi dalam minyak virgin.

Disetiap 100 gram olive oil mengandung gizi, energi, Karbohidrat, Lemak jenuh dan lemak tak Jenuh sehingga sangat membantu untuk menjaga kesehatan tubuh. Dikesempatan kali ini kami akan menjelaskan 15 manfaat minyak zaitun untuk kesehatan, di antaranya:

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Wajah

Selama ini sering bergantung dengan produk perawatan kimia yang membuat Pins kecanduan? Mungkin ini waktu yang tepat untuk beralih ke produk berbahan alami. Salah satunya jelas minyak zaitun. Manfaat minyak zaitun untuk wajah juga tak main-main.

Manfaat minyak zaitun untuk wajah yaitu bisa melembabkan kulit dan mencegah jerawat muncul. Untuk bisa mendapatkan manfaat minyak zaitun untuk wajah.

Pins cukup mengoleskan minyak ini ke permukaan kapas kemudian gosok lembut pada area permukaan kulit wajah. Lakukan secara rutin supaya hasilnya bisa lekas terlihat, Pins.

Baca juga: Cara Menghilangkan Komedo Membandel di Wajah

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Rambut

Tips-Memilih-Cat-Rambut-Yang-Sesuai-Dengan-Warna-Kulit
(Beautynesia)

Minyak zaitun atau olive oil memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Sudah pasti kandungan tersebut sangat berkhasiat bagi kesehatan rambut dan kulit kepala. Manfaat minyak zaitun untuk rambut pun tidak perlu diragukan lagi, lho.

Minyak zaitun dapat mengatasi kerusakan sel dan memberikan nutrisi terbaik pada rambut sehingga terhindar dari rontok dan ketombe. Bonus yang didapatkan yaitu bisa meningkatkan ketebalan dan warna rambut yang lebih berkilau.

Tenang, Pins bisa mencoba trik menggunakan minyak zaitun di rumah. Pertama yang bisa dilakukan yaitu cukup oleskan olive oil secukupnya pada kulit kepala, pijat secara perlahan dan lembut, setelah itu bilas dengan air laiknya keramas biasa.

Selanjutnya keringkan rambut dengan handuk bersih. Rutin melakukan perawatan ini jelas akan mendapatkan hasil rambut sehat yang maksimal.

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kulit

Bukan hanya bermanfaat untuk kulit wajah, kulit badan secara menyeluruh juga bisa menjadi lebih sehat paripurna hanya bermodalkan minyak zaitun saja. Jika diaplikasikan pada kulit wajah akan membuat lebih lembab dan glowing.

Minyak zaitun yang dioleskan pada kulit badan termasuk tangan dan kaki juga memberikan dampak tersendiri. Minyak zaitun nyatanya ampuh untuk mengangkat sel kulit mati, meregenerasi jaringan parut akibat bekas luka, dan masih banyak lagi.

Untuk bisa mendapatkan manfaat minyak zaitun untuk kulit, Pins bisa langsung mencari produk kecantikan seperti sabun cuci muka atau lotion yang memiliki kandungan minyak zaitun di dalamnya.

Baca juga: Penyebab Penyakit Meningitis Beserta Pencegahannya

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Jantung

Manfaat Minyak Zaitun Olive Oil Untuk Kesehatan Jantung
(Freepik)

Berdasarkan beberapa sumber yang kami dapatkan, lemak tidak jenuh merupakan salah satu kandungan dari minyak virgin itu sendiri. Khasiat dari kandungan lemak yang teradapat di dalam minyak zaitun salah satunya yaitu berguna untuk kesehatan jantung.

Terutama bisa mengontrol kolestrol jahat yang tentunya sangat berbahaya pada tubuh manusia dan dapat mengendalikan kolestrol baik. Sehingga guna olive oil salah satunya adalah bisa merawat kesehatan jantung.

Baca juga: Faktor Risiko Penyakit Jantung Bawaan

Khasiat Minyak Zaitun Untuk Menurunkan Jumlah kematian

Dari hasil studi yang pernah disampaikan dalam majalah Lanst yang telah lama pada tanggal 20 Desember 1999 M, negara Albania yang terletak di Eropa dikenal dengan negara masyoritas Islam.

Mereka mempunyai salah satu keistimewaan yaitu minus angka kematian. Angka kematian di negara Albania di kalangan laki-laki yaitu 41 orang dari 100.000 orang, angka yang begitu luar biasa.

Usut punya usut, ternyata hal itu disebabkan karena penggunaan olive oil dalam makanan oleh masyarakat Albania.

Baca juga: Penyakit Ain Adalah Penyakitnya Orang Islam. Cari Tahu Selengkapnya di Sini!

Khasiat Minyak Zaitun Untuk Penderita Hipertensi

manfaat minyak zaitun
(Pinteest)

Dari hasil penelitian yang dilakukan Dr. Aldovaroro di Universitas Napoli Itali, ia telah melakukan percobaan terhadap 32 pasien yang mengidam penyakit hipertensi kemudian setelah mengkonsumsi olive oil hasilnya tekanan darah penderita berkurang pada kadar 7 poin.

Khasiat Minyak Zaitun Untuk Mengatasi Gejala Kanker

Selain mengandung lemak tak jenuh, di dalam minyak zaitun juga terdapat antioksidan yang baik. Antioksidan dapat difungsikan untuk mencegah penyakit kanker.

Di dalam antioksidan juga terdapat senyawa hidroksitirosol yang berkhasiat untuk menormalkan zat gula dalam tubuh. tak heran jika manfaat olive oil bisa mencegah penyakit mematikan ini.

Baca juga: 15 Merk Teh Hijau Berkualitas untuk Sumber Antioksidan!

Khasiat Minyak Zaitun Untuk Menurunkan Kolestrol Tinggi

manfaat minyak zaitun
(Pixabay)

Manfaat minyak virgin lainnya yang sudah terkenal dikalangan masyarakat umum adalah mengurangi kadar kolesterol yang tinggi. Telah dinyakini bahwa lemak jahat akan menurun jika mengonsumsi minyak zaitun secara rutin.

Di dalam minyak zaitun juga terkandung campuran antioksidan yang berkhasiat menurunkan kadar kolesterol buruk (LDL), namun tidak menghapus dan tetap mempertahankan kadar lemak baik (HDL) yang ada di dalam tubuh.

Khasiat Minyak Zaitun Sebagai Pengganti ASI

Para peneliti mengemukakan bahwa kebanyakan lemak ada di dalam ASI termasuk jenis lemak yang berantai tunggal. Lemak ini termasuk jenis lemak yang paling baik dan seharusnya dikonsumsi setiap orang, maka dari itu salah satu lemak tersimpan di dalam minyak zaitun.

Baca juga: Dukung Tumbuh Kembang Si Kecil dengan 13 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi 0-6 Bulan

Khasiat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Usus

manfaat minyak zaitun
(Pinterest)

Didalam minyak virgin juga mengandung zat Oleuropein Aglycone. Zat ini sangat berperan penting untuk kesehatan usus karena zat senyawa tersebut berfungsi untuk mengontrol suplayan darah ke bagian usus.

Zat senyawa ini juga berfungsi membantu mengurangi kerusakan usus yang disebabkan penyakit anemia atau dikenal dengan penyakit kurang darah.

Khasiat Minyak Zaitun Untuk Menangkal Radikal Bebas

Manfaat minyak virgin yang lain yaitu adanya kandungan aktioksidan-polifenol. Zat ini bisa meningkatkan dalam proses detoksifitkasi molekul yang terjadi sehingga bisa berguna menangkal radikal bebas.

Baca juga: Sejuta Manfaat Daun Sirsak untuk Menyembuhkan Berbagai Jenis Penyakit Mematikan

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Mengurangi Sakit Tulang

manfaat minyak zaitun
(Pinterest)

Dilansir dari Majalah ACN yang terbit pada November 1999 M, adanya sebuah penelitian yang dilakukan oleh 145 pasien yang sakit persendian di negara Yunani Utara, tampak orang-orang yang menderita penyakit osteoporosis yang mengkonsumsi minyak virgin bisa memberikan efek yang manjur dalam mencegah rasa sakit radang sendi ini.

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Mencegah Rambut Beruban

Pertambahan usia akan mengubah warna rambut. Oleh sebab itu sebelum hal ini terjadi pada diri kamu gunakan minyak zaitun untuk mengurangi uban di kepala.

Cara menggunakannya sangat mudah, cukup ogoleskan minyak zaitun ke bagian kepala sampai seluruh rambut basah, berikan pijat ringan agar minyak meresap ke dalam kulit kepala, kemudian bungkus dengan menggunakan handuk.

Setelah itu diamkan rambut kurang lebih sekitar 4-5 jam kemudian bilas dengan air shampo untuk membersihkan rambut dari sisa-sisa minyak yang menempel.

Baca juga: Dry Shampoo

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Mengurangi Rambut Rontok

merk catok rambut
(Beautynesia)

Rambut rontok sering dialami siapa aja sehingga membuat kamu mudah galau. Masalah seperti ini bisa aja disebabkan oleh shampo. Minyak zaitun juga bisa digunakan sebagai shampo untuk rambut rontok.

Hanya dengan menggunakan minyak zaitun dalam waktu 2-3 minggu kamu akan menjadikan rambut kamu lebih kuat dan sehat.

Cara menggunakan minyak ini juga mudah, kamu hanya perlu menambahkan dua sendok makan minyak zaitun kemudian campur dengan satu sendok minyak kelapa. Kemudian oleskan campuran minyak zaitun dan minyak kelapa tadi sambil dipijat lembut selama 15 menit.

Kalau udah, bungkus dengan handuk selama 8-10 jam, alangkah baiknya dipakai pada saat kamu hendak tidur. Setelah itu bilas dengan menggunakan shampo.

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Mengobati Rambut Kering

Rambut kering juga menimbulkan kegalauan yang gak ada abisnya. Hanya dengan minyak zaitun rambut kering akan berubah menjadi rambut yang sehat.

Cara mengatasi rambut kering dengan minyak zaitun juga mudah, oleskan minyak zaitun ke seluruh bagian rambut sambil di pijat lembut menggunakan tangan. Bungkus dan Diamkan selama 20 menit. Kemudian bilas rambut dengan air dan shampo.

Cara Memilih Minyak Zaitun

manfaat minyak zaitun
(Pixabay)

Tidak dipungkiri bahwa minyak zaitun dijual bebas di pasaran. Beragam merek dan harga juga tersedia. Namun, jangan sampai Pins salah memilih ketika membeli minyak zaitun.

Sebab, bisa saja minyak zaitun tersebut berkualitas rendah dan malah tidak memberikan efek baik bagi tubuh. Berikut hal yang harus diperhatikan ketika Pins akan membeli olive oil:

  • Usahakan memilih minyak zaitun yang pada kemasannya tercantum label “extra-virgin” atau murni.
  • Kapan buah zaitun dipanen sampai akhirnya diproses menjadi minyak zaitun murni
  • Pastikan ada segel sertifikasi pihak ketiga, seperti misalnya COOC Certified Extra Virgin.
  • Ada baiknya membeli minyak zaitun EVOO (Extra Virgin Olive Oil)
  • Kenali aromanya, minyak zaitun asli memiliki harum yang khas, sedikit pedas, dan ringan.

Itu dia Pins segudang manfaat minyak zaitun yang bisa Pins rasakan. Jika ingin membuktikannya, Pins cukup memilih produk minyak zaitun terbaik yang dijual di pasaran. Selama perawatan menggunakan minyak zaitun, pastikan tidak terjadi iritasi maupun alergi.

Apabila Pins merasakan gejala kulit merah dan indikasi ketidakcocokan dengan olive oil, ada baiknya segera hentikan pemakaian dan konsultasikan kepada ahli. Selamat mencoba, Pins!

Baca juga:


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Yosa

Editor: Syahya Rembulan

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 13 Rekomendasi Aplikasi Belanja Online Terbaik

Seiring berkembangnya teknologi, belanja kebutuhan sehari-hari menjadi sangat mudah. Saat ini banya

Finansial
Finansial Mau Tahu Perbandingan Bunga KPR di 10 Bank Ternama Ini?

Per Januari 2023, banyak bank yang menawarkan suku bunga KPR yang rendah. Setidaknya, terdapat 10 b

Finansial
Finansial Masa Berlaku BI Checking Hanya 5 Tahun? Apa Benar?

BI checking adalah salah satu hal yang dipertimbangkan lembaga keuangan bank pada saat nasabah meng

Gadget
Gadget 12 Rekomendasi HP Xiaomi 3 Jutaan Terbaik di Kelasnya

Menyiapkan anggaran Rp3 jutaan untuk membeli handphone merupakan budget yang cukup. Paling tidak, P

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 5 Desain Rumah Kayu Ulin yang Mewah

Memiliki rumah dengan nuansa alami yang sejuk dan segar sepertinya terlihat sangat menyenangkan, ya

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia