Manfaat Madu Untuk Burung Kicau - Pinhome

Pinhome

Manfaat Madu Untuk Burung Kicau

Dipublikasikan oleh Mega Puspita Ratna ∙ 22 October 2021 ∙ 12 menit membaca

Manfaat Madu Untuk Burung Kicau – Madu merupakan suatu cairan kental berasa manis dan lezat, berwarna kuning terang atau kuning keemasan yang dihasilkan oleh hewan jenis serangga yang disebut lebah atau tawon. Lebah penghasil madu ini termasuk dalam famili “apidae” dan yang paling banyak dibudidaya di Indonesia maupun diseluruh dunia adalah jenis lebah Apis Mallifera.

Madu alami umumnya terbuat dari nektar yakni cairan manis yang terdapat di dalam mahkota bunga yang biasa diserap oleh lebah atau tawon. Kemudian dikumpulkan dan disimpan di dalam sarangnya untuk diolah menjadi bahan persediaan makanan utama bagi mereka, seisi penghuni sarangnya.

Baca juga: 6 Manfaat Cangkang Telur yang Harus Kamu ketahui!

Manfaat Madu Untuk Kesehatan

manfaat madu untuk burung kicau
(Pixabay)

Madu dipercaya dapat membuat tubuh menjadi sehat, menyembuhkan dan mencegah datangnya penyakit, baik untuk kesehatan tubuh maupun kesehatan gigi dan mulut, yang diantaranya manfaat madu antara lain:

  • Manfaat madu sebagai obat penyakit lambung atau alat pencernaan (Purbaya, 2007).
  • Madu sebagai obat antibiotik (Purbaya, 2007).
  • Manfaat madu sebagai pencegah kerusakan gigi yang efektif (Hamad,2007).
  • Madu sebagai obat penenang dan anestesi yang aman bagi bayi pada masa pertumbuhan giginya (Rostita,2007).
  • Manfaat madu sebagai obat tidur karena memiliki efek sedaktif ( Sarwono, 2001).

Tidak hanya untuk manusia saja, karena manfaat madu untuk burung kicau ternyata sama baiknya, yaitu dapat mendongkrak stamina burung.

Baca juga: Manfaat Krokot Untuk Lovebird dan Cara Memberikannya

Kandungan Gizi Madu

Menurut penelitian para ahli, madu alami mengandung banyak mineral serta tujuh jenis vitamin B kompleks, juga terdapat vitamin C, dekstrin, pigmen tumbuhan, aminoacid (asam amino), protein, serta ester (yang berfungsi untuk membentuk enzim), dan komponen aromatik yaitu zat-zat atau unsur yang berfungsi sebagai pengharum.

manfaat madu untuk burung kicau
(Pixabay)

Beberapa kandungan mineral dalam madu adalah Belerang (S), Kalsium (Ca), Tembaga (Cu), Mangan (Mn), Besi (Fe), Fosfor (P), Klor (Cl), Kalium (K), Magnesium (Mg), Yodium (I), Seng (Zn), Silikon (Si), Natrium (Na), Molibdenum (Mo) dan Aluminium (Al). Kandungan mineral yang ada dalam madu alami, tergantung dari sari bunga yang dihisap. 

Madu juga mengadung senyawa Lysozyn yang memiliki daya antibakteri, termasuk senyawa Inhibine, yang dapat bekerja sebagai desinfektan. Hal itulah yang menyebabkan madu alami dapat digunakan sebagai penyembuh luka (Purbaya, 2007).

Tak heran, jika para kicau mania sering menambahkan madu sebagai extra fooding burung. Ternyata memang manfaat madu sangat beragam dan semuanya baik untuk kesehatan tubuh manusia ataupun burung.

Baca Juga: Manfaat Krokot Untuk Lovebird dan Cara Memberikannya

Jenis-jenis Madu

manfaat madu untuk burung
(Pexels)

Jenis-jenis madu yang dihasilkan oleh lebah atau tawon memang cukup banyak. Terlebih lagi bila ditinjau dari sari bunga atau nektar yang dimakan atau dibawa oleh lebah. Antara lain dikenal dengan sebutan: Madu bunga sepatu, calluna, linden, calliandra dan banyak lagi. Bila ditinjau dari sumbernya, jenis-jenis madu antara lain:

Madu Flora

Jenis madu flora atau madu bunga adalah madu murni yang dihasilkan dari nectar bunga:

  • Madu Monoflora yang dihasilkan dari nectar yang bersumber satu jenis bunga saja.
  • Jenis Madu Porliflora atau madu yang dihasilkan dihasilkan dari nektar yang bersumber lebih dari satu macam bunga atau dari aneka macam bunga.

Madu Embun

Jenis Madu Embun (honey dew) adalah madu yang dihasilkan lebah dari sekresi serangga tertentu yang sering terdapat pada tumbuh-tumbuhan atau kelopak-kelopak bunga.

Baca Juga: 

Madu Ekstraflora

Untuk Madu Ekstraflora yaitu madu yang dihasilkan dari nectar non flora atau yang bukan berasal dari bunga.

Manfaat Madu untuk Burung

manfaat madu untuk burung
(Pixabay)

Jika hal diatas manfaat madu untuk manusia, maka di bawah ini merupakan manafaat madu untuk burung kicau. Diantaranya:

Menjaga Stamina Burung

Burung yang diberi madu sebagai pakan extra fooding sangat baik untuk menjaga stamina burung agar tidak mudah lemas khususnya sebelum lomba.

Hal ini karena madu mengandung 3 jenis gula yaitu fluktosa, glukosa, dan sukrosa. Semua jenis gula ini dibutuhkan burung untuk menambah stamina dan kekuatan agar dapat berkicau lebih gacor.

Perlu kamu ketahui, sifat fruktosa sangat mudah diserap tubuh. Sehingga fruktosa dapat mengembalikan stamina tubuh burung lebih cepat terutama sesudah sembuh dari sakit.

Oleh karena itu, pemberian madu tidak hanya untuk burung yang sedang sakit, tapi juga bisa diberikan selama burung masih sehat.

Baca Juga: 

Menyembuhkan Gangguan Pernapasan Burung

Burung yang mengalami gangguan pernapasan dapat disembuhkan dengan madu. Sesuatu yang menyumbat di pernapasan agar segera menghilang sehingga burung bisa bernapas secara normal.

Namun, burung yang sedang sesak napas jangan diberi madu dengan cara mendekap dadanya karena bisa memperparah sesak napas yang dialami burung. Porsi maksimal madu yang boleh diberikan ke burung adalah 1/4 sendok makan. Selain itu, pemberian madu jangan setiap hari.

Baca juga: Manfaat Jangkrik Putih Untuk Burung Kicau

Meningkatkan Ketahanan Tubuh Burung

Ternyata madu sangat baik diberikan untuk meningkatkan daya tahan tubuh burung. Ketika terjadi perubahan cuaca yang ekstrem madu berfungsi untuk meningkatkan imun tubuh burung. Sehingga burung tidak mudah terserang penyakit yang disebabkan karena virus, kuman, atau bakteri.

Di samping itu, kandungan nutrisi dalam madu juga dapat meningkatkan suhu tubuh burung. Hal ini menjadikan tubuh burung tetap hangat walau udara sekitar dingin.

Membuat Suara Burung Lebih Lantang

manfaat madu untuk burung
(Shutterstock)

Burung kicau membutuhkan makanan yang mengandung gula dan salah satunya bisa didapat dari madu. Madu yang dikonsumsi burung dapat membuat suara burung lebih lantang dan ngekek panjang.

Ternyata salah satu manfaat madu juga bisa untuk memperindah kicauan. Sebab gula yang terdapat dalam madu akan membuat burung lebih aktif berkicau.

Mengobati Burung Stres

Burung bisa stres karena berbagai penyebab, di antaranya sangkar jatuh, kalah mental, gangguan hewan lain, dan masih banyak lagi. Stres yang terjadi terlalu lama akan menyebabkan burung malas berkicau dan akhirnya lemas tidak bertenaga serta menimbulkan berbagai masalah penyakit.

Untuk mengembalikan kesehatan mental dan menurunkan stres pada burung, maka kamu memberikan madu khususnya bagi burung pemakan buah. Pemberian madu ini dapat dioleskan pada buah-buahan seperti pisang, pepaya, apel dan pakan burung lainya.

Baca juga : Cara Mengatasi Burung Cendet Stres Agar Gacor

Menyembuhkan Luka Pada Burung

Ternyata madu juga mengandung vitamin C. Vitamin ini sebenarnya bisa diproduksi sendiri dalam tubuh burung, tapi penambahan madu dapat lebih cepat memulihkan kerusakan pada jaringan tubuh.

Contoh penyembuhan luka pada burung, seperti luka terbuka pada kaki, luka pada sayap, luka pada paruh, luka pada tubuh lainnya.

Mempercepat Pertumbuhan Anak Burung

Pemberian madu pada anak burung sangat disarankan karena bisa mempercepat pertumbuhan. Pasalnya, madu mengandung riboflavin atau vitamin B2 yang sangat membantu untuk pertumbuhan anak burung.

Tak hanya itu, madu juga sangat berguna untuk memperbaiki produksi telur pada indukan burung, sehingga daya tetas dan pertumbuhan embrio semakin maksimal.

Mencegah Penyakit Kulit Burung

Madu mengandung asam panthotthenate untuk mengatasi dermatitis atau radang kulit sekaligus mencegah gejala perosis seperti yang dialami burung Dara. Selain untuk mengobati penyakit kulit, kandungan ini juga ampuh untuk mencegah bulu yang kasar dan mudah patah.

Untuk pemberian madu dalam mengatasi penyakit kulit burung, kamu bisa menyuntikkan cairan madu ini pada jangkrik yang sudah dibuang bagian kepala, kaki dan juga sayap. Dosis pemberian madu dapat diberikan satu kali sehari secara teratur.

Baca Juga: 

Mengatasi Penyakit Tulang Burung

Khasiat madu dapat mencegah berbagai penyakit tulang burung seperti sendi bengkak, kaki bengkok, kaki pincang, dan lumpuh. Ini karena madu mengandung niasin yang bisa memelihara burung Kenari dan jenis lainnya sembuh dari penyakit tulang.

Tidak hanya itu, kandungan niasin dalam madu juga berguna untuk mengatasi radang mulut dan menyembuhkan burung yang sering mencret atau diare. Pemberian madu dapat dilakukan dengan mencelupkan jangkrik atau ulat hongkong pada madu lalu ditusuk dengan lidi dan diberikan pada burung.

Meningkatkan Produksi Telur Burung

Madu dapat diberikan pada proses ternak burung supaya produksi telur bisa bertambah dan menghindari telur yang kosong.

Kandungan fosfor dalam madu juga dibutuhkan burung untuk mencegah kerusakan pada cangkang telur yang tipis. Bahkan fosfor juga dapat mencegah masalah lain seperti telur lebih mudah pecah, kasar, gembur, dan daya tetas yang rendah.

Madu juga bisa menurunkan angka kematian pada burung dan mencegah bulu mengkerut atau pertumbuhan bulu yang lambat.

Baca Juga: 

Menurunkan Angka Kematian Anakan Burung

Magnesium yang terdapat pada madu dapat mencegah angka kematian anakan burung karena berbagai penyakit seperti pertumbuhan tulang yang lambat, otot dan saraf yang terganggu. Burung yang cukup sering mengalami hal tersebut adalah burung Kakatua.

Selain itu, madu juga bisa mencegah cara jalan burung yang tidak sempurna atau sempoyongan, kejang pada leher, koma dan akhirnya berujung pada kematian piyik burung.

Sebagai Sumber Energi Burung

Madu dapat menjadi sumber energi burung sehingga proses pembakaran lemak dalam tubuh menjadi lebih baik. Juga mampu memperkecil oksidasi protein menjadi energi sehingga cocok diberikan menjelang perlombaan supaya burung semakin ngotot.

Selain itu, madu juga berguna untuk menjaga fungsi normal dari alat pencernaan burung dan untuk mencegah diare dan berak putih.

Baca Juga: Burung Cililin

Manfaat Madu Untuk Burung Kicau – Mengatur Suhu Tubuh Burung

Memberikan madu sebagai suplemen burung ternyata dapat digunakan untuk mengatur suhu tubuh dan menstabilkannya. Dengan pengaturan suhu tubuh burung yang baik, maka berbagai penyakit yang biasa menyerang burung juga bisa dihindari sekaligus melindungi tubuh burung dari suhu yang ekstrem.

Membantu Pembentukan Jaringan Epitel

Manfaat madu masih banyak lagi salah satunya untuk membantu pembentukan dan memelihara sel sel jaringan epitel pada burung dan melancarkan metabolisme sekaligus membentuk jaringan pengikat.

Madu juga mengandung asam amino yang fungsinya untuk meningkatkan proses pembentukan darah sehingga burung bisa terhindar dari anemia. Kalau burung sampai anemia maka tubuh burung akan lemas dan tidak lincah.

Mencegah Abnormalitas Pertumbuhan

Dalam kandungan madu ini juga baik dikonsumsi burung untuk mencegah abnormalitas pertumbuhan, seperti pertumbuhan tubuh piyik yang tidak seimbang khususnya dalam pembentukan tulang dan juga cara mempercepat burung ganti bulu atau mabung.

Mencegah Gangguan Kulit Burung

Madu juga bermanfaat untuk mencegah berbagai gangguan kulit pada burung, seperti kerusakan kulit dan mempercepat pertumbuhan sel kulit.

Selain mencegah gangguan kulit, madu juga bisa membuat tubuh burung semakin vit, apalagi menjelang lomba dan menghadapi perubahan cuaca yang ekstrem.

Namun pemberian madu tidak boleh terlalu berlebihan dan maksimal hanya boleh satu kali diberikan dalam satu hari. Sebab madu yang diberikan secara berlebihan justru akan menimbulkan masalah pada tubuh burung.

Sebagai Alternatif Pakan Burung Kolibri

manfaat madu untuk burung
(Pexels)

Tahukah kamu di dunia ada beberapa jenis burung kecil, salah satunya adalah burung Kolibri. Spesies burung ini dikenal sebagai pemakan nektar, sehingga untuk alternatif pakan tersebut bisa digunakan madu atau nektar buatan.

Mengapa harus menggunakan madu? Ini karena nektar sulit diambil dari sumbernya langsung. Orang yang memelihara burung Kolibri pastinya kesulitan mencarikan nektar setiap harinya. Oleh karena itu, mereka menyiasati nektar dengan mengantinya menjadi madu.

Baca juga : Racikan Pakan Kolibri Agar Gacor dan Rajin Bunyi

Membuat Penampilan Burung Lebih Maksimal

Ada sebagian jenis burung yang direkomendasikan mengonsumsi madu, salah satunya burung Pleci. Pasalnya, madu dapat menjaga kondisi dan mendongkrak stamina burung Pleci ketika dilombakan. Kamu bisa menambahkan secepuk kecil madu dalam sangkarnya setiap hari, atau beberapa hari sekali.

Namun kalau mau digantang atau lomba, sebaiknya kamu mengambil cepuk madunya dari dalam sangkar. Hal ini ditujukan agar Pleci semakin fokus pada lombanya, sehingga membuat penampilannya lebih maksimal.

Manfaat Madu Untuk Burung Kicau – Mengatasi Gangguan Tenggorokan Burung

Manfaat madu lainnya yaitu untuk membantu mengatasi gangguan tenggorokan pada burung. Seperti halnya mengatasi suara serak akibat doping atau karena makanan.

Tenggorokan burung yang sakit secara berangsung-angsur akan sembuh dengan cepat dan tanpa efek samping.

Membuat Burung Kebal dari Serangan Penyakit

Adapun manfaat madu untuk burung Lovebird yang lainnya adalah bisa membuat Lovebird menjadi lebih kebal terhadap penyakit dan juga dari serangan virus.

Madu juga bisa untuk meningkatkan daya tahan tubuh burung pada perubahan cuaca. Di musim hujan, sebaiknya burung-burung lebih sering diberi madu untuk menjaga staminanya agar tetap vit dan prima.

Cara Memberikan Madu pada Burung

manfaat madu untuk burung
(Pixabay)

Bagaimana cara yang benar memberikan madu pada burung peliharaan? Caranya mudah, ada berbagai metode yang bisa kamu lakukan, baik secara langsung ataupun tidak langsung. Berikut beberapa cara memberikan madu ke burung.

Diberikan secara Langsung ke Burung

Kamu dapat memberi madu langsung ke burung melalui wadah atau cepuk kecil.

Dicampur dengan Minuman Burung

Jika burung tak suka mengonsumsi madu secara langsung, kamu dapat memberikan madu dengan cara dicampur pada minumannya.

Manfaat Madu Untuk Burung Kicau Diberikan Dengan Direndam pada Air Madu

Untuk burung pemakan biji-bijian, Siapkan air untuk rendaman milet. Namun, sebelumnya air tersebut harus ditetesi madu yang cukup banyak. Setelah itu, kamu dapat merendam milet ke dalam air madu selama beberapa jam. Dikeringkan dan diberikan ke burung.

Jangkrik atau Ulat Dicelupkan ke Madu

Apabila kamu ingin memberikan madu pada burung kicau seperti Murai Batu, Kacer, Cucak Ijo, Jalak, dan Cendet, maka caranya cukup mencelupkan jangkrik atau ulat ke dalam madu.

Baca juga : Jenis Cacing Yang Baik Untuk Burung Kicau

Manfaat Madu Untuk Burung Kicau Dengan Cara Disuntikkan Pada Tubuh Jangkrik

Untuk burung yang tidak suka mengonsumsi madu secara langsung, kamu dapat memberikan madu dengan cara disuntikkan pada tubuh jangkrik.

Dicampur dengan Pakan Racikan

Racikan pakan burung sangat bervariasi, mulai dari makanan tradisional hingga ramuan pakan yang sudah jadi. Agar makanan tersebut lebih berkhasiat, maka racikan pakan tersebut ditambahi madu.

Manfaat Madu Untuk Burung Kicau Dengan Cara Dioleskan Pada Buah

Jika burung suka memakan buah, kamu dapat mengoleskan madu pada buah tersebut. Sehingga buah yang awalnya tidak mengandung gula akan memiliki khasiat yang sama seperti sedang mengonsumsi madu.

Sebab, burung-burung lebih suka memakan sesuatu yang manis ketimbang makanan pahit. Oleh karena itu, pilih saja madu asli tapi manis, sehingga burung menyukainya.

Demikianlah informasi yang dapat kami infokan, semoga bermanfaat dan menambah wawasanmu tentang manfaat madu untuk burung kicau.

Baca Juga:


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel