Pinhome

Manfaat Lidah Buaya untuk Luka Bakar

Dipublikasikan oleh Yusuf Ammar Ilman ∙ 9 June 2021 ∙ 5 menit membaca

Luka bakar merupakan kondisi dimana terdapat cedera pada bagian kulit dengan berbagai tingkat keparahan. Dilihat dari tingkat keparahannya luka bakar dibagi menjadi tiga bagian yaitu luka bakar dengan tingkatan ringan, sedang dan berat yang harus dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis.

Luka bakar bisa disebabkan karena tersengat aliran listrik, panas, cahaya matahari, radiasi atau gesekan. Jika luka bakar yang kamu dapatkan tergolong ringan dan tidak meluas, maka kamu dapat mengobatinya memakai obat alami dengan hanya di rumah saja.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengobati luka bakar ringan dan mengurangi peradangan salah satunya adalah lidah buaya. Namun yang perlu digaris bawahi adalah bagaimana ketelatenan dalam berusaha mengobati luka bakar. Berikut di bawah ini manfaat lidah buaya untuk luka bakar.

Baca juga : Bronkitis Adalah … (Penyebab, Gejala dan Pengobatannya)

Lidah Buaya

Lidah Buaya merupakan tanaman dengan daun berdaging tebal. Tanaman ini biasanya dibudidayakan untuk pengobatan, pertanian, atau tanaman hias. Saat ini lidah buaya lebih mudah didapatkan dan ditemukan dalam berbagai produk seperti makanan, minuman, kosmetik, obat luka dan masih banyak lagi. Sebagai obat luka, kegunaan lidah buaya memang sudah tidak diragukan lagi.

Lidah buaya memiliki kandungan senyawa glukomanan. Dimana senyawa ini membantu mendorong terjadinya regenerasi sel sehingga membentuk kolagen. Lidah buaya juga bersifat antivirus, anti peradangan dan antiseptik yang dapat menyembuhkan luka.

Cara mengobati dengan lidah buaya untuk luka bakar sangatlah mudah. Cukup oleskan gel lidah buaya pada area kulit yang terbakar. Berikut di bawah ini tata cara penggunaan lidah buaya untuk luka bakar.

Baca juga : Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Tata Cara Mengatasi Luka Bakar

1. Menjauh dari Penyebab Kulit Terbakar

Bersikaplah dengan tenang dan segera jauhi apa yang menjadi penyebab luka bakar. Misalnya alat elektronik saat menyetrika, singkirkan dari dekat tubuh anda. Kemudian matikan alat tersebut. begitu juga dengan bahan kimia atau cahaya matahari.

2. Tentukan Tingkat Keparahan Luka Bakar

Sebelum mengobati luka hendaknya ketahui perbedaan luka bakar di antaranya:

  • Luka bakar ringan hanya melukai epidermis atas. umunya berwarna merah. Saat disentuh terasa kering.
  • Luka bakar sedang menjangkau bagian dalam kulit dan terkesan “basah”. kulit tampak melepuh dan berwarna putih.
  • Luka bakar berat menjangkau seluruh kulit dan melebar ke jaringan sekitarnya. Kulit yang terbakar berwarna hitam, putih, cokelat, atau kuning. Terdapat pembengkakan dan parah.

Segera hubungi dokter untuk penganan luka bakar yang serius, sebab luka bakar sedang dan berat dapat membahayakan nyawa seseorang. Apalagi jika sifatnya meluas.

3. Pendinginan Luka     

Untuk luka ringan yang akan kamu obati dengan lidah buaya. Sebaiknya siram luka dengan air dingin selama 10 -15 menit setelah terbakar. Letakkan luka bakar di bawah pancuran air keran atau kain basah.

4. Bersihkan Luka

Setelah didinginkan, tindakan selanjutnya melakukan pembersihan pada luka. Anda bisa menggunakan sabun untuk diusapkan ke area yang terbakar dengan lembut dan perlahan. Kemudian bilas dengan air dingin untuk menghilangkan busa. Lalu keringkan dengan handuk.

5. Potong Lidah Buaya

Carilah tanaman lidah buaya di sekitar rumah anda. Cabut beberapa daun lidah buaya yang telah gemuk. potong bagian pinggir lidah buaya agar anda tehindar dari duri yang cukup tajam.

Kemudian belah daun lidah buaya menjadi dua. Ambil bagian dalam lidah buaya menggunakan pisau. Cara ini dapat memudahkan anda untuk mendapatkan sari lidah buaya dan letakkan pada sebuah wadah.

6. Gunakan Produk Lidah Buaya

Jika tidak memiliki tanaman lidah buaya, anda bisa menggunakan produk lidah buaya untuk luka bakar yang kini sudah banyak beredar di pasaran. Dijual baik di apotek, toko kelontong atau toko online.

Saat membeli pastikan gel tersebut mengandung 100% lidah buaya atau yang mendekati. Karena di beberapa produk banyak yang mengklaim memiliki kandungan sari lidah buaya murni namun nyatanya hanya mengandung 10% sari lidah buaya. Jadi pastikan ke orisinalitasnya.

7. Oleskan Sari Lidah Buaya Dalam Jumlah Banyak

Oleskan lembut pada area yang terbakar. Jangan menggosok terlalu keras. Ulangi sebanyak 2-3 kali sehari sampai luka bakar membaik. Anda bisa menggunakan perban atau kain kasa untuk menutupi luka yang telah diolesi.

Alternatif lain, kamu juga bisa mandi dengan lidah buaya. Caranya dengan merebus beberapa daun lidah buaya untuk luka bakar kemudian tuang ke dalam bak mandi. Setelah dirasa cukup hangat berbaringlah di dalam air hangat yang telah dicampur dengan lidah buaya untuk meredakan luka bakar.

Baca juga : Cara Mengobati Malaria Pada Anak

Tips

  • Gunakan tabir surya untuk menghindari kulit terbakar akibat matahari. Meskipun dapat sembuh, namun kulit terbakar matahari akan kembali sensitif jika terkena cahaya matahari.
  • Minum obat untuk meredakan pembengkakan jaringan dan mengurangi rasa sakit.
  • Segera temui dokter jika luka bakar kian parah atau berubah menjadi luka bakar tingkat tiga.
  • Lakukan perawatan di rumah sakit untuk luka bakar pada wajah.
  • Dilarang mengoleskan es batu pada luka bakar. Suhu dingin yang tinggi justru dapat memperparah luka bakar.

Jangan oleskan bahan-bahan rumah tangga seperti mentega, tepung, minyak, pasta gigi, atau lotion pada luka bakar. Hal ini justru membuat luka semakin parah.

Baca juga : Kebiasaan Mandi yang Salah dan Buruk Bagi Kesehatan

Share juga pemikiran kamu di kolom komentar tentang manfaat lidah buaya untuk luka bakar. Bagikan juga di sosial media agar lebih banyak orang yang teredukasi dan mengetahui manfaat lidah buaya untuk luka bakar.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Kecantikan
Kecantikan 16 Model Rambut Pria French Crop

Model rambut pria french crop merupakan salah satu jenis potongan rambut pendek pria yang menekanka

Uncategorized
Edukasi
Edukasi Surat Kepemilikan Tanah yang Resmi & Sah

Surat kepemilikan tanah (SKT) adalah berkas yang wajib dimiliki jika kamu memiliki niat untuk membe

Edukasi
Edukasi Format dan Contoh Surat Lamaran Kerja di Toko

contoh surat lamaran kerja di toko tulis tangan contoh surat lamaran pekerjaan di toko cont

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Niaga, Lengkap Beserta Penjelasannya!

Dalam dunia bisnis, surat niaga sangat umum digunakan untuk kebutuhan bisnis sehari-hari. Biasanya

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia