Pinhome

Manfaat Gula Merah Untuk Burung Kicau

Dipublikasikan oleh Mega Puspita Ratna ∙ 18 August 2021 ∙ 3 menit membaca

Gula merah sudah sangat dikenal oleh semua masyarakat yang banyak digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan makanan kue dan minuman kuliner. Namun, siapa sangka jika manfaat gula merah juga bisa dirasakan oleh burung kicau.

Gula merah merupakan pakan alami yang bisa dikonsumsi oleh burung kicau. Manfaat gula merah untuk burung kicau tidak kalah penting dari pakan alami lainnya seperti kroto, jangkrik, orong-orong, ulat, belalang, dan ikan guppy. Apa saja manfaat gula merah untuk burung kicau? Simak artikel berikut ya!

Kandungan Gizi Gula Merah

Manfaat gula merah untuk burung

Gula merah merupakan olahan yang memiliki kandungan gizi cukup lengkap, mulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Dengan mengkonsumsinya,  bisa memperkuat faktor antipatogenik (FAP) atau faktor pertahanan pada tubuh burung yang bisa memperkuat daya tahan tubuh serta mencegah penyakit.

Untuk mencegah burung agar tidak sakit, pemelihara atau penangkar harus memperkuat FAP. Salah satunya melalui pemberian larutan gula merah. Jadi, manfaat gula merah untuk burung kicau itu bukanlah sebagai obat penyembuh penyakit, melainkan upaya mencegah penyakit.

Namun, manfaat gula merah untuk burung kicau ini saja tidak cukup, untuk mencegah dari berbagai penyakit. Tapi, kamu juga harus memberikan upaya lainnya seperti memberikan pakan seimbang, air minum yang bersih, dan manajemen lingkungan yang baik.

Baca juga : Cara Memilih Voer Yang Bagus Untuk Burung Kicau

Berikut ini adalah manfaat gula merah untuk burung kicau.

Manfaat Gula Merah Untuk Burung Kicau

Manfaat gula merah untuk burung kicau

Nah, pastinya Pins sudah bertanya-tanya kan, apa saja manfaat apa yang di dapat burung ocehan yang mengkonsumsi gula merah. Tapi sebelum membahas manfaat gula merah, kami akan menjelaskan mengenai cara penyajiannya.

Gula merah yang diberikan pada burung ocehan terlebih dahulu dihancurkan dengan takaran yang secukupnya. Artinya jangan terlalu banyak, kemudian larutkan gula tersebut kedalam air bersih.

Selanjutnya berikan larutan tersebut pada burung kicau untuk diminumnya. Pemberian gula merah bagi burung kicau dianjurkan dua kali seminggu, atau setidak-tidaknya sekali dalam seminggu.

Baca juga : Cara Mengatasi Sisa Makanan Pada Tembolok Lovebird

Apakah Gula Merah Bisa Menjadi Obat Untuk Burung Kicau?

Perlu diperhatikan bagi pemilik burung ocehan adalah gula merah bukanlah obat untuk menghilangkan rasa sakit yang diderita oleh burung ocehan tapi hanya sebagai pencegah agar burung ocehan terhindar dari penyakit.

Kondisi lingkungan tempat burung ocehan tinggal terkadang tidak menentu, sehingga sangat rentan bagi tubuhnya akan terkena penyakit yang berbahaya. Oleh karenanya kamu bisa memanfaatkan gula merah sebagai upaya dalam memperkuat daya tahan tubuhnya dari serangan virus.

Selain memberikan gula merah pada burung kicau, kamu juga bisa menjaga kondisi kandang agar tetap bersih dan merawat tubuh burung kicau secara rutin agar virus tidak menjangkit tubuh burung kicau.

Pemberian gula merah untuk burung kicau ini juga bisa bersamaan dengan memberikan suplemen makanan lain seperti birdvit, birdfine, dan birdshout secara teratur sesuai anjuran yang tertera di obat tersebut.

Demikianlah ulasan kami yang dapat kami infokan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang manfaat gula merah untuk burung kicau

Tags :

Bagikan Artikel