Pinhome

  • Blog
  • Kesehatan
  • Apa Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Tubuh? Mari Simak di Sini!

Kesehatan

Apa Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Tubuh? Mari Simak di Sini!

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 16 September 2021 ∙ 5 menit membaca

Manfaat daun sirih sudah terkenal sejak zaman dahulu. Bukan tanpa alasan, daun sirih memang salah satu jenis tanaman asli Indonesia yang tak boleh disepelekan. Mungkin Pins sudah tidak asing dengan kebiasaan menginang yang dilakukan oleh nenek moyang. Daun yang tumbuhnya merambat ini juga tidak bisa lepas dari tradisi tersebut.

Pinhome – Saat menginang, daun sirih akan dipadukan dengan gambir, pinang, dan kapur. Kombinasi empat komponen tersebut kemudian digulung lalu dikunyah. Efeknya, akan membuat mulut dan bibir berwarna oranye muda, Pins. Menginang dipercaya bisa membantu menjaga kesehatan gigi, lho.

Baca Juga: Sejuta Manfaat Pohon Daun Ketapang Lengkap Beserta Ciri-Cirinya

Terlepas dari itu, kira-kira apa manfaat daun sirih? Pasalnya, daun ini tidak hanya digunakan untuk keperluan menginang saja. Banyak khasiat daun sirih yang dapat dirasakan oleh tubuh. Mau tahu apa manfaat daun sirih? Yuk, simak beberapa fakta tentang sirih berikut ini.

Sirih

(Freepik)

Baca Juga: Ini Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Sirih memiliki nama ilmiah Piper betle. Sirih sendiri tumbuh merambat atau menempel pada tanaman yang lebih kuat lainnya. Morfologi atau bentuk daun sirih menyerupai jantung dengan ujung yang runcing, tumbuhnya berselang-seling, dan memiliki tangkai. Selain itu, sirih juga memiliki tekstur daun yang cenderung kasar, Pins. Tidak hanya itu saja, ketika daunnya diremas, maka sirih akan mengeluarkan wangi yang sangat khas.

Meski morfologinya sangat mudah dikenali, sirih juga memiliki beberapa jenis lainnya. Setidaknya ada dua jenis sirih yang bisa membawa khasiat untuk kesehatan. Ya,  ada sirih merah dan sirih hijau, Pins. Selain sirih tersebut, siapa sangka ada varian sirih-sirihan yang belakangan sedang digandrungi sebagai tanaman hias di rumah.

Sirih-sirihan yang populer untuk digunakan mempercantik ruangan yaitu sirih gading. Corak dan warnanya juga sangat cantik sehingga sangat sedap dipandang mata. Tidak hanya memiliki fungsi estetik. Pins kali ini juga harus tahu nih apa saja manfaat sirih merah dan sirih hijau untuk kesehatan.

Manfaat daun sirih

Umumnya label khasiat daun sirih yang mumpuni berawal dari kandungan baik di dalamnya. Melansir dari berbagai sumber, daun sirih mengandung sejumlah nutrisi baik seperti berikut ini:

  • Vitamin C
  • Tiamin
  • Niacin
  • Riboflavin
  • Karoten
  • Kalsium
  • Flavonoid
  • Saponin
  • Polifenol
  • Alkaloid

Dengan segudang kandungan tersebut, lantas apa manfaat daun sirih bagi kesehatan? Nah, ini dia manfaat daun sirih merah dan daun sirih hijau, Pins.

Daun sirih merah

manfaat daun sirih
(Lazada)

Sama halnya dengan daun sirih hijau, daun sirih merah memiliki bentuk dan tekstur daun yang sama. Hanya saja, warna daunnya cenderung merah terang dengan corak abu-abu mengkilap. Sirih merah atau Piper crocatum pun mengandung antibakteri. Dengan sifat antibakteri yang dimilikinya, sirih merah ampuh digunakan untuk berbagai keperluan penunjang kesehatan seperti berikut ini, Pins:

  • Mengatasi bau mulut

Kandungan eugenol dan capitol nyatanya ampuh mengatasi aroma tak sedap dari mulut, Pins. Selain itu, masalah gusi berdarah pun bisa diatasi menggunakan sirih merah. Untuk bisa merasakan manfaat daun sirih merah, Pins bisa membuat rebusan sirih dan gunakan air rebusannya untuk kumur-kumur. Hasil maksimal dan aroma tak sedap dari mulut akan hilang jika Pins rutin kumur air rebusan daun sirih merah setelah menggosok gigi.

  • Membantu menjaga kesehatan kulit

Tentunya kulit tubuh menjadi salah satu aset yang tidak boleh dilewatkan untuk dirawat, Pins. Siapa sangka kalau daun sirih merah juga dapat diandalkan sebagai skincare alami yang murah meriah. Kandungan antioksidan dalam daun sirih merah terbukti manjur menangkal radikal bebas penyebab kulit kusam.

Jika ingin merawat kulit wajah menggunakan sirih merah, Pins bisa mencoba mencuci muka secara rutin menggunakan air rebusannya. Lakukan setidaknya dua kali sehari ketika mandi. Bonus yang didapat apabila Pins cuci muka menggunakan air rebusan daun sirih merah yaitu terbebas dari risiko jerawat.

Daun sirih hijau

manfaat daun sirih
(Suara com)

Tak kalah dengan daun sirih merah. Manfaat daun sirih hijau juga juara, Pins. Sirih hijau bahkan sudah sejak dahulu dipercaya sebagai obat herbal untuk mencegah beragam penyakit berisiko. Berikut Pinhome rangkum beberapa manfaat daun sirih hijau, Pins:

  • Mengatasi penyakit diabetes

Seseorang dengan diabetes terutama diabetes tipe dua memang harus menjaga kadar gula darah. Sebagai alternatifnya, daun sirih hijau sangat direkomendasikan untuk digunakan sebagai obat herbal. Kandungan antioksidan pada daun sirih hijau diklaim mampu menurunkan kadar gula darah, Pins. Untuk bisa mendapatkan khasiatnya, Pins bisa mengonsumsi air rebusan daun sirih hijau. Selain mengontrol gula darah, rutin mengonsumsi air rebusan daun sirih juga terbukti bagus bagi penderita kolesterol, lho.

  • Mencegah risiko penyakit kanker

Seperti yang dipaparkan sebelumnya terkait kandungan daun sirih. Ada senyawa eugenol yang terbukti ampuh untuk melawan radikal bebas yang berisiko menjangkiti tubuh. Jangan disepelekan, radikal bebas memang tak kasat mata, tapi bahayanya bisa memicu penyakit kanker yang tidak pandang bulu. Untuk menangkal risiko terkena penyakit kanker, ada baiknya Pins rutin mengonsumsi air rebusan daun sirih, ya!

Selain baik untuk kesehatan fisik. Daun sirih secara umum juga bisa mengatasi depresi, Pins. Sejumlah penelitian menunjukkan hasil mengejutkan terkait responden yang rutin mengonsumsi air rebusan daun sirih. Mengonsumsi daun sirih secara tak langsung dapat memicu hormon serotonin sehingga suasana hati jadi lebih bahagia.

Jadi, mulai sekarang tidak perlu meragukan lagi daun sirih sebagai obat herbal yang mumpuni. Segudang manfaatnya jelas bisa dirasakan mulai dari sekarang dengan cara yang super mudah. Selamat mencoba, Pins!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Yosa

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel