Mengenal Manfaat Daun Seledri

Dipublikasikan oleh Julia Anggraini ∙ 14 May 2021 ∙ 3 menit membaca

Beberapa orang seringkali menganggap bahwa seledri hanya untuk menyedapkan rasa makanan. Padahal, daun seledri ini memiliki banyak manfaat khususnya nutrisi yang penting bagi tubuh.

Rasanya yang lezat memang selalu membuat beberapa makanan terasa jauh lebih lezat. Dibalik itu semua, ternyata ada banyak kandungan manfaat yang seringkali disepelekan bahkan belum diketahui oleh banyak orang.

Inilah Kandungan dalam Daun Seledri

manfaat seledri
notepam.com

Sebelum mengenal beberapa manfaat dari daun seledri, maka akan lebih baik apabila Anda memahami beberapa kandungan yang ada di dalam daun seledri yang akan Anda konsumsi ini. Tanaman seledri ini memang memiliki kadar enzim dan antioksidan yang cukup besar di seluruh bagian sayurnya.

Selain itu, di dalam daun seledri ini juga menyediakan sejumlah zat yang bernutrisi. Beberapa zat bernutrisi lainnya adalahfolate, potasium, Vitamin B6, Vitamin C dan juga Vitamin K.

Bahkan daun seledri ini cukup unik karena hampir seluruh bagian dari seledri ini mulai dari biji, batang sampai dengan daun memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Inilah Manfaat Daun Seledri

manfaat daun seledri
grid.id

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa di dalam daun seledri inimemiliki banyak khasiat bahkan manfaat yang sangat banyak bagi tubuh khususnya bagi kesehatan, maka ketahuilah beberapa manfaat daun seledri berikut ini:

  • Sebagai Anti Inflamasi

Tanaman seledri mengandung zat polysaccharides dan antioksidan. Di mana kedua zat tersebut begitu bermanfaat sebagai anti inflamasi yang disebabkan oleh sejumlah kerusakan elemen tubuh.

Inflamasi cukup merusak tubuh karena bisa menyebabkan sejumlah penyakit berbahaya baik penyakit jantung, kanker bahkan arthritis.

  • Membantu Menurunkan Kadar Kolseterol

Jika Anda mengonsumsi daun seledri secara rutin setiap hari, maka bagi Anda yang memiliki kolesterol bisa sedikit berkurang.

Seledri mengandung salah satu elemen unik yang dinamakan dengan 3-n-butylphthalide atau BuPh yang memiliki manfaat sebagai penurun kadar lemak dan pengontrol kesehatan jantung.

  • Membantu Mencegah Hipertensi

Bagi Anda yang sangat ingin untuk mengobati bahkan mencegah tekanan darah tinggi, maka sangat cocok bagi Anda untuk membantu dalam mencegah terjadinya tekanan darah tinggi.

Anda bisa mengonsumsi olahan dari daun seledri ini secara rutin. Bukan hanya mampu untuk menurunkan tekanan darah saja melainkan juga membantu untuk mengontrol tekanan darah Anda.

  • Membantu untuk Menyehatkan Ginjal

Tanaman seledri ini juga merupakan salah satu tanaman yang mampu membantu dalam membersihkan penyakit liver secara alami. Sebab, di dalam daun seledri ini juga menyediakan beberapa kandungan vitamin yang sangat baik bagi tubuh.

Beberapa contoh vitaminnya seperti kandungan Vitamin C, Vitamin B, Vitamin A dan juga zat besi dari seledri yang cukup tinggi sehingga begitu cocok untuk perlindungan organ ginjal sekaligus liver.

  • Membantu Menurunkan Berat Badan

Kandungan kalori yang ada di dalam daun seledri ini juga begitu rendah. Maka dari itulah mengapa daun seledri ini sangat cocok untuk dikonsumsi sebagai sumber makanan penurun berat badan.

Bahkan seledri juga memiliki kemampuan untuk menjadi cadangan nutrisi bagi tubuh dan mengelola metabolisme lemak yang ada di dalam tubuh.

Selain beberapa manfaat di atas, sebenarnya masih ada banyak manfaat lain yang bisa Anda peroleh apabila Anda rajin maupun rutin untuk mengonsumsi daun seledri. Usahakan untuk mengonsumsinya secara tepat sesuai dengan kadar atau takaran yang akan Anda butuhkan.

Hal ini tentu untuk mencegah terjadinya efek samping yang bisa saja ditimbulkan akibat mengonsumsi daun seledri terlalu berlebihan.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil 16 Motif Keramik Dinding Luar yang Awet

Keramik adalah salah satu material yang sering digunakan untuk lapisan dekorasi dinding. Pins dapat

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Model Keramik Kamar Mandi Abu-Abu

Interior kamar mandi dapat menggunakan material keramik untuk bagian lantai maupun dinding. Pemilih

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Desain Roster Keramik Mewah dan Manis

Roster atau lubang angin merupakan ventilasi yang dibutuhkan setiap rumah agar ruangan di dalamnya

Teknik Sipil
Teknik Sipil 12 Inspirasi Keramik Hitam Cocok untuk Ruangan Apapun

Material keramik banyak digunakan untuk melengkapi interior rumah, baik di ruang tamu, kamar, dapur

Lifestyle
Lifestyle Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil, Simak Cara Membuatnya!

Ingin membeli mobil? Atau malah sedang ingin menjual mobil yang kamu miliki? Eits, jangan sampai ke

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia