BlogPemilik PropertiDesain HunianApa Saja Manfaat dan Kegunaan Rumah Joglo? Catat Ya!
0
0

Apa Saja Manfaat dan Kegunaan Rumah Joglo? Catat Ya!

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Feb 14, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
Apa Saja Manfaat dan Kegunaan Rumah Joglo? Catat Ya!top-right-banner

Rumah Joglo merupakan salah satu rumah adat yang berasal dari Jawa Tengah. Bentuk rumah Joglo tergolong unik dan tidak seperti rumah komersial di Semarang dan daerah Jawa Tengah lainnya. Tentu saja, hal ini membuat rumah Joglo memiliki manfaat dan kegunaan tersendiri.

Seperti yang Pins tahu, Indonesia merupakan negara dengan gugusan pulau dan memiliki lebih dari 300 suku bangsa. emuanya tersebar dan mendiami wilayah mulai dari Sabang hingga ke penjuru Merauke. Ini yang menjadi ciri khas negara Indonesia karena punya tradisi, budaya, dan adat yang begitu beragam, termasuk rumah adat.

Desain rumah adat Joglo maupun lainnya memang tidak seperti Rumah Eksklusif pilihan Pinhome. Meski tidak kekinian, tentu ada banyak manfaat yang ditawarkan oleh rumah adat Joglo. Jika tertarik, Pins bisa melihat kegunaan dan manfaat dari rumah adat Indonesia satu ini di sini!

Baca juga: Krong Bade Rumah Adat Aceh

Manfaat dan Kegunaan Rumah Joglo

Source : Pinterest

Banyaknya pulau dan suku bangsa yang mendiami wilayah Indonesia tidak hanya membuat negara satu ini mendapat julukan sebagai negara maritim. Tanah Air turut mendapat predikat sebagai negara dengan suku bangsa yang paling banyak di seluruh dunia. Pastinya menjadi suatu kebanggaan, ya!

Salah satu ciri dari suku bangsa pada suatu wilayah tertentu adalah memiliki rumah tinggal dengan arsitektur bangunan yang sangat khas. Selanjutnya kamu mengenal bangunan ini dengan sebutan rumah adat. Menariknya, rumah adat yang tersebar ke seluruh wilayah Indonesia tidak sama bentuknya dari satu wilayah dengan lainnya. Sama seperti ketika Pins melihat desain rumah di Vasa Jagakarsa dan Ruma Prana yang berbeda.

Tidak hanya sebatas rumah tinggal, rumah adat sendiri memberikan pengaruh yang cukup besar untuk suatu kebiasaan. Kamu mungkin lebih sering menyebutnya dengan tradisi. Inilah alasan utama mengapa kamu sebagai generasi penerus bangsa harus melestarikan rumah adat Indonesia, Pins.

Jika membicarakan rumah adat populer, kamu pasti sudah tak asing lagi dengan rumah Joglo. Namun, hal yang menjadi pertanyaan adalah, apa manfaat dan kegunaan rumah Joglo ini? Supaya kamu tidak bingung lagi, berikut penjelasan yang bisa kamu perhatikan, Pins:

1. Identitas dari suatu suku bangsa

Source : Pinterest

Identitas suatu suku bangsa terbentuk karena banyak faktor, mulai dari tradisi dan budaya, bahasa, ciri biologis, perilaku, hingga kepercayaan masyarakatnya. Rumah adat merupakan salah satu bentuk dari suatu budaya. Sebab, pembuatannya melibatkan semua faktor identitas suku bangsa tersebut.

Bahkan, proses pembangunan dari rumah adat sendiri tidak sembarangan, Pins. Setiap detail bangunan tidak luput dari perhatian. Ini termasuk fungsi sosialnya, kegunaan utama dari hunian, dan materialnya. Tak ketinggalan, implementasi semua faktor yang sesuai dengan tradisi dan kebiasaan masyarakat yang mendiaminya.

Baca juga: Buton Malige Rumah Adat Sulawesi Tenggara

2. Rekam jejak budaya pada masa lampau

Source : Pinterest

Ketika proses pembuatannya, rumah adat tentu sangat memperhatikan nilai yang memang seharusnya terdapat pada bangunan tersebut. Nilai-nilai tersebut diwariskan dari satu generasi ke generasi lain secara turun-temurun. Alhasil, setiap generasi dapat membuat rumah adat dengan cara dan arsitektur yang sama seperti sebelumnya. 

Kendati demikian, tetap tidak menutup adanya kemungkinan terjadi sedikit perubahan pada implementasi nilai terhadap pembangunan rumah adat. Meski sebenarnya, potensi terjadi perubahan tersebut juga sangat tipis. 

Tidak hanya menjadi pengingat akan masa lampau, manfaat dan kegunaan rumah Joglo juga menjadi sebuat tempat untuk semua generasi penerus dalam mempelajari budaya, adat, dan tradisi lebih dalam lagi. Salah satunya melihat bagaimana nenek moyang sangat pandai dalam membuat bangunan yang khas.

3. Simbol filosofi

Source : Pinterest

Selain itu, rumah Joglo juga memiliki simbol filosofi pada bangunannya. Ini karena pembuatan rumah tersebut begitu memperhatikan detail dan menerapkan nilai tradisi. Kamu bisa melihat simbol tersebut pada bentuk atap, ruangan, struktur bangunan secara keseluruhan, dan corak yang tersemat pada setiap sisi bangunan.

Misalnya, pembuatan rumah Joglo menggunakan model atap tajug yang bentuknya seperti gunung. Filosofi untuk bagian ini adalah adaptasi bentuk gunung oleh masyarakat asli Suku Jawa. Mereka percaya bahwa gunung merupakan suatu hal yang sangat sakral.

4. Tempat melangsungkan acara dan upacara adat

Source : Kibrispdr

Tak hanya berfungsi sebagai rumah tinggal bagi masyarakat asli Suku Jawa, rumah Joglo masih punya manfaat dan kegunaan lain yang tidak boleh terlupa. Rumah ini juga menjadi tempat untuk melangsungkan upacara adat, acara keagamaan, atau perkumpulan para kepala suku untuk sekadar melakukan diskusi atau musyawarah.

5. Bangunan museum

Source : Pinterest

Manfaat dan kegunaan rumah Joglo selanjutnya adalah menjadi sebuah museum. Ini artinya, kamu bisa melihat bagaimana masyarakat asli Suku Jawa meletakkan semua benda peninggalan para leluhur.

Selain itu, rumah adat Provinsi Jawa Tengah ini juga memiliki kegunaan sebagai tempat mengumpulkan semua benda peninggalan generasi pendahulu. Tentunya, benda tersebut memiliki nilai sejarah dan pastinya sangat sakral.

Baca juga: Ini Dia Nama dan Gambar Rumah Adat Suku Betawi dan Filosofinya

6. Menyesuaikan dengan keadaan wilayah

Source : Pinterest

Salah satu hal yang menjadi alasan mengapa Indonesia memiliki banyak sekali model rumah adat adalah bentang alamnya. Nenek moyang dan para leluhur bangsa yang menyesuaikan rancangan maupun model rumah adat dengan keadaan wilayah dan lingkungan alam sekitarnya.

Seperti kamu tahu, Indonesia memiliki alam yang begitu kaya. Bahkan, tidak semua wilayah memiliki karakteristik dan bentang alam yang serupa. Contoh sederhananya bisa kamu perhatikan pada model dan arsitektur bangunan rumah adatnya, Pins. Rumah adat yang berada pada dataran tinggi yang pastinya sangat berbeda dengan model rumah adat pada dataran rendah.

Itu tadi beberapa manfaat dan kegunaan rumah Joglo sebagai rumah adat dari Provinsi Jawa Tengah yang perlu kamu ketahui. Sebagai kaum milenial, pastikan kamu ikut menjaga dan melestarikan salah satu bentuk budaya bangsa Indonesia ini, ya, Pins! Semoga bermanfaat!

Feature Source Image: Pinterest


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami, Sentra Hills Tenjo dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download