Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • Ini Dia, 8 Manfaat Brokoli Untuk Burung Kenari

Hobi

Ini Dia, 8 Manfaat Brokoli Untuk Burung Kenari

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 27 March 2021 ∙ 5 menit membaca

Manfaat brokoli untuk burung Kenari – Brokoli merupakan salah satu jenis tanaman sayuran yang termasuk dalam suku kubis-kubisan. Bentuknya mirip dengan kembang kol, hanya saja kuntum brokoli berwarna hijau tua, sedangkan kembang kol berwarna putih.

Brokoli berasal dari daerah Laut Tengah dan sudah sejak masa Yunani Kuno dibudidayakan. Sayuran ini masuk ke Indonesia belum lama (sekitar 1970-an) dan kini cukup populer sebagai bahan pangan. Brokoli merupakan tanaman yang tumbuh baik didaerah dingin, dan membutuhkan tanah yang baik, subur dan kering.

Tanaman dewasa tumbuh sekitar 4-10 inci, bunga kepala berwarna hijau gelap keunguan(tergantung jenis). Tangkainya tebal dan berukuran sekitar 6-10 inci . Tangkai dan kepala bunga yang berdaging dapat dimakan. Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran sehat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Kandungan Nutrisi Brokoli 

Manfaat brokoli untuk kesehatan mungkin sudah banyak yang tahu, tapi mengenal kandungan gizi brokoli secara mendalam, mungkin tak banyak yang tahu. Dibawah ini merupakan kandungan gizi brokoli mentah segar per 100 gram yang di kutip dari USDA – National Nutrient data base.

Energi 34 Kcal 1,5%
Karbohidrat 6.64 g 5%
Protein 2.82 g 5%
Total Lemak 0.37 g 1%
Kolesterol 0 mg 0%
Diet Serat 2.60 g 7%
Vitamin
Folat 63 mg 16%
Niacin 0.639 mg 4%
Asam pantotenat 0,573 mg 12%
Pyridoxine 0.175 mg 13%
Riboflavin 0,117 mg 9%
Thiamin 0,071 mg 6%
Vitamin A 623 IU 21%
Vitamin C 89,2 mg 149%
Vitamin E 0,17 mg 1,5%
Vitamin K 101,6 mg 85%
Elektrolit
Sodium 33 mg 2%
Kalium 316 mg 7%
Bahan galian
Kalsium 47 mg 5%
Tembaga 0.049 mg 5,5%
Besi 0,73 mg 9%
Magnesium 21 mg 5%
Mangan 0.210 mg 9%
Selenium 2,5 mg 5%
Zinc 0.41 mg 4%
Phyto-nutrisi
Karoten-ß 361 mg –
Crypto-xanthin-ß 1 mg –
Lutein-zeaxanthin 1403 ug –

Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan

Dengan banyaknya kandungan gizi pada brokoli, maka tidak mengherankan jika manfaat brokoli cukp banyak untuk kesehatan manusia seperti, mencegah penyakit kanker, menjaga kesehatan jantung, menjaga kesehatan tulang, menjaga kesehatan mata, mengurangi reaksi alergi dan peradangan, menjaga kesehatan sistem pencernaan, hingga menjaga kesehatan kulit.

Selain bermanfaat bagi kesehatan manusia, ternyata manfaat brokoli untuk burung Kenari juga cukup beragam. Oleh karena itu kamu perlu menyimak beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh jenis burung Kenari ketika mengkonsumsi Brokoli yang akan disampaikan disini.

Baca juga : 7 Manfaat Air Kelapa Untuk Burung Kenari

Manfaat Brokoli Untuk Burung Kenari

Salah satu yang menjadi incaran banyak orang dari burung Kenari adalah bulunya yang cantik sebagai kesan pertama. Namun, di samping itu sudah pasti karena suara burung kenari yang merdu dan akan semakin bagus jika dipelihara dengan baik dan benar. Di bawah ini merupakan beberapa manfaat brokoli untuk burung Kenari.

1. Mengenyangkan Burung Kenari

Salah satu manfaat brokoli adalah untuk mengenyangkan burung. Kamu mungkin berpikir bahwa hal ini tentu saja mengenyangkan karena sifatnya di makan. Tetapi di maksudkan bukan itu, melainkan bahwa brokoli akan senantiasa lebih lama menjaga kekenyangan burung kenari. Artinya burung tidak akan mudah lapar.

2. Menyehatkan Burung Kenari

Brokoli mempunyai banyak kandungan gizi di dalamnya, sehingga hal itu tentu juga berpengaruh pada kesehatan yang mengkonsumsinya baik manusia ataupun hewan peliharaan seperti burung ini.

Baca juga : Cara Merawat Kenari Bahan Agar Ngedur Saat Lomba

Di dalam sayuran ini mengandung gizi seperti kalori, karbohidrat, air, protein, gula, serat, lemak, vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin K, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B9, vitamin B12, kalsium, magnesium, zat besi, fosfor, potassium, sodium, seng.

Sehingga dari semua nutrisi tersebut jika di konsumsikan pada burung maka akan berpengaruh baik untuk kesehatan tubuh burung Kenari.

3. Manfaat Brokoli Untuk Tulang

Kesehatan tulang burung sangatlah penting, sehingga hal ini harus benar-benar diperhatikan. Karena sudah pasti tidak akan laku atau tidak akan ada yang melirik jika seekor burung mengalami masalah  pada tulangnya.

Adapun yang di maksud seperti patah tulang dan semua jenisnya. Sementara brokoli ini sangat bagus jika anda berikan pada burung Kenari. Manfaatnya yakni memberikan kekuatan tulang karena adanya kandungan kalsium pada sayuran tersebut.

4. Mengobati Penyakit Jantung

Selain dari beberapa manfaat di atas, brokoli masih menyimpan peran penting lain untuk kesehatan jantung. Hal ini karena di dalam sayuran tersebut juga mempunyai glucoraphanin yang sangat tinggi, sehingga sangat baik untuk jantung Kenari.

5. Mampu Mempertajam Mata

Manfaat lainnya adalah untuk menjaga kesehatan mata serta memperoleh ketajaman. Pasalnya banyak kasus yang menyebut bahwa beberapa peternak juga kerap di keluhkan dengan mata burung yang kian rabun.

Hal itu tentu tidak mungkin anda inginkan, karena menjadi kicau mania tentu harus bisa memberikan perawatan burung Kenari yang baik. Kandungan vitamin A di dalam brokoli ini mampu memelihara kesehatan mata serta membuatnya makin tajam, dan memberikan penglihatan baik untuk sang kenari.

6. Mampu Memperindah Bulu

Vitamin C dan E sangat baik untuk kesehatan kulit, dan ini tentu saja berpengaruh pada keindahan bulu kenari nantinya. Jika kamu bisa menjaga kesehatan sebaik mungkin dengan rajin memberikan brokoli ini maka bulu indah kenari akan senantiasa terjaga.

7. Mencegah Stress

Brokoli ini juga di sukai oleh burung Kenari, manfaatnya juga mencegah terjadinya stres yang mungkin saja di hadapi oleh sang burung.

8. Membuat Cepat Gacor

Brokoli adalah sayuran yang bisa membantu persoalan suara pada kenari, yakni mempercepat dan mempermudah proses gacor. Jadi ini menjadi tips menarik untuk kicau mania semua yang ingin segera melihat peliharaannya gacor. Semakin rajin kamu melatih serta memberikan nutrisi pas, maka sang burung akan lebih cepat gacor lantang.

Baca juga: Kenari Macet Bunyi? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Kesimpulan

Dengan banyaknya kandungan gizi dari brokoli, maka tidak mengherankan jika manfaat brokoli cukup banyak, baik untuk manusia dan juga untuk jenis burung kicau seperti Kenari.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang manfaat brokoli untuk burung kenari.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel