Pinhome

Lifestyle

Manfaat Belajar dari Rumah, Apa Saja?

Dipublikasikan oleh Jay ∙ 1 September 2020 ∙ 3 menit membaca

Demi menekan penyebaran penyakit Covid-19 di Indonesia, pemerintah mengeluarkan kebijakan Study From Home alias Belajar Dari Rumah bagi pelajar seluruh jenjang pendidikan di Indonesia. Ternyata tidak hanya di Indonesia saja Pins, hampir 300 juta murid di dunia melakukan kegiatan belajar mereka di rumah. Apa saja manfaatnya?

Pinhome – Belajar dari rumah merupakan kebijakan baru yang diterapkan dalam masa pandemi ini. Walaupun pada awalnya banyak yang merasa hal ini membosankan dan melelahkan bagi orang tua, belajar dari rumah ternyata memberikan berbagai macam manfaat lho Pins. Seperti, orang tua akan memantau dan membimbing proses belajar anaknya. Tidak hanya itu saja, ada beberapa manfaat lain dari belajar di rumah. Yuk, mari kita simak!

Manfaat Belajar Dari Rumah Bagi Kamu, Pasangan dan Si Kecil

Efisiensi

Setiap anak memiliki kemampuan pemahaman yang berbeda-beda. Ada anak yang cepat dalam memahami pelajaran dan ada juga yang tidak, dengan belajar di rumah anak bisa menentukan jam belajarnya sendiri. Tapi tidak lepas dari pengawasan orang tua ya Pins.

Kebanyakan anak yang berada di jenjang TK – SD masih memerlukan bantuan orang tua untuk menyusun dan membimbing kegiatan belajar di rumah. Jika kamu pelan dalam memahami materi, kamu bisa perdalam dulu sebelum lanjut ke materi yang selanjutnya. Dengan begitu, kamu bisa lebih memahami pelajaran tersebut sebelum mengajari si kecil.

Mungkin banyak dari anak-anak tidak terbiasa belajar di rumah dan mengalami kesulitan belajar, karena intensitas tatap muka dengan guru yang menurun. Untuk mengatasi ini, kamu bisa gunakan gunakan aplikasi belajar gratis juga lho.

Fleksibilitas

Saat belajar di rumah, kamu bisa mencari metode belajar yang tepat untuk  sang buah hati. Siapa tahu si kecil bisa cepat menyerap pelajaran di tempat yang sunyi, tenang dan dalam keadaan sendirian. Atau si kecil malah lebih cepat menyerap pelajaran melalui kegiatan praktek.

Kebebasan membuat jadwal belajar

Kamu bisa menentukan waktu terbaik untuk anakmu dalam belajar, contohnya jika ia lebih mudah belajar pada siang atau bahkan malam hari. Tapi jangan sampai hal ini membuat si kecil jadi tidak belajar ya. Ini juga dapat melatih tingkat kedisiplinan bagi si kecil lho Pins.

Kehangatan keluarga

Pins, apakah kamu ingat berapa lama waktu yang kamu habiskan bersama keluarga di tengah – tengah kegiatan sekolah, bimbingan belajar dan ekskul yang dijalani oleh si kecil? Jika sebelum pandemi, kamu dan pasangan memiliki waktu yang sangat terbatas, sekarang kamu dipersatukan dengan kegiatan belajar dari rumah. Tapi apa sih manfaat dari menghabiskan waktu bersama keluarga? Manfaatnya banyak lho Pins, di antaranya:

  • Dapat meningkatkan self-esteem
  • Mempererat ikatan dalam keluarga
  • Membantu menciptakan perilaku yang positif
  • Dapat pula meninggalkan memori yang indah
  • Serta dapat memperbaiki hubungan kamu dan keluargamu

Kebebasan

Kamu bisa meminta si kecil lebih bebas memilih cara untuk memahami pelajaran Pins, misalnya sambil mendengarkan musik. Di sekolah tentu saja ada peraturan peraturan tertentu yang membatasi mereka. Jadi cobalah untuk mencari zona ternyaman mereka dalam belajar.

Itu dia beberapa manfaat dari belajar di rumah Pins, semoga kegiatan belajar kamu tetap efektif dan menjadi lebih baik! Agar kegiatan belajar lebih nyaman, yuk cari hunian idaman di Pinhome.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Kamu Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Kamu kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel