Memahami Makna Komoditas, Jenis dan Sistemnya dalam Perdagangan dengan Tepat dan Singkat

Diperbarui oleh Mahardhika Gilang ∙ October 27, 2022 ∙ 4 menit membaca

Komoditas tentunya telah menjadi istilah yang sering terlintas dalam masyarakat atau bahkan sekolah. Namun, ternyata memahami makna komoditas, jenis dan sistemnya dalam perdagangan bukanlah hal yang mudah dimengerti sebagian besar masyarakat. 

Benda komoditas yang seringkali dikaitkan dengan berbagai bahan-bahan pokok kebutuhan sehari-hari sebenarnya tidaklah sesempit itu. Komoditas memiliki cakupan lebih luas. Nah, lalu apa sih sebenarnya komoditas dan apa saja jenisnya? Simak ulasannya berikut ini: 

Mengenal Komoditas

Seperti yang sempat disinggung bahwa memahami makna komoditas, jenis dan sistemnya dalam perdagangan bukanlah hal awam yang dimengerti masyarakat awam. Pemahaman bahwa komoditas adalah benda alam pemenuh kebutuhan sehari-hari tentu lebih mudah diterima. 

Namun, pada kenyataannya komoditas memiliki cakupan lebih luas. Komoditas sendiri bisa diartikan sebagai suatu benda nyata yang mudah untuk diperdagangkan. Benda ini bisa berupa benda alam untuk konsumsi dan benda alam yang memiliki nilai tinggi seperti logam dan niaga. 

Komoditas ini sendiri juga dapat disimpan dalam jangka waktu yang tertentu untuk kemudian diperdagangkan. Benda komoditas sendiri dapat diperjualbelikan untuk kebutuhan ekspor dan bisa dilakukan impor dari negara lain. Tentunya proses jual beli komoditas ini sendiri juga dilakukan untuk memperoleh keuntungan dari perdagangan yang dilakukan. 

Mengenal Jenis Komoditas 

Memahami makna komoditas, jenis dan sistemnya dalam perdagangan sangat penting untuk diketahui dalam dunia yang semakin modern ini. Nah, lalu apa saja sih jenis dari Komoditas yang harus diketahui? Simak ulasannya berikut ini: 

1. Komoditas Peternakan 

Jenis komoditas pertama yang perlu diketahui adalah komoditas peternakan. Berbagai jenis produk yang dihasilkan dari peternakan adalah bentuk dari komoditas ini. Mulai dari daging, susu bahkan pakan ternak adalah beberapa yang bisa diperdagangkan dari komoditas peternakan. 

Jenis hewan yang bisa dikategorikan dalam komoditas ini sendiri adalah ayam, sapi, bebek, kambing dan hewan ternak lain. Tentunya untuk komoditas satu ini bukanlah menjadi komoditas yang lagi asing di masyarakat awam. 

2. Komoditas Pertanian 

Komoditas selanjutnya yang bisa diperdagangkan adalah komoditas pertanian. Jenis komoditas ini sendiri meliputi berbagai jenis komoditas dari alam yang mencakup bidang pertanian. Gula, beras, jagung dan lain sebagainya adalah beberapa diantaranya. 

Cakupan dari komoditas ini sendiri juga meliputi berbagai produk dari perkebunan seperti halnya kopi, sawit maupun kapas. Komoditas pertanian sendiri menjadi salah satu komoditas yang sering dijadikan bahan pokok dalam kehidupan sehari-hari. 

3. Komoditas Logam 

Logam menjadi jenis komoditas yang sebenarnya awam di masyarakat namun, bukan termasuk dalam komoditas pemenuhan kebutuhan pokok. Komoditas ini sendiri dibagi menjadi komoditas logam yang berharga seperti perak, emas dan lainnya. 

Nah, untuk jenis logam selanjutnya adalah logam industri seperti nikel, timah dan lain sebagainya. Biasanya logam ini seringkali dijadikan komoditas investasi bagi masyarakat. 

4. Komoditas Energi 

Jenis komoditas terakhir yang perlu diketahui adalah komoditas energi. Komoditas ini sendiri merupakan komoditas yang juga diperoleh dari hasil alam. Bedanya pada komoditas ini hasil bumilah yang dimanfaatkan. Mulai dari batu bara dan juga minyak bumi adalah dua diantaranya. 

Tidak berbeda jauh dengan komoditas logam, kododitas dari energi bumi ini juga seringkali dijadikan investasi. Biasanya perusahaan pengelola hasil bumi ini dapat menerbitkan efek di BEI untuk diperjual belikan. Tentunya untuk hasil komoditasnya sendiri pun juga untuk diperdagangkan. 

Mahami 3 Sistem Perdagangan Komoditas 

 Komoditas sendiri juga memiliki sistem perdagangan yang cukup unik. Nah, lalu apa saja sistem perdagangan yang ada pada pasar komoditas ini? Berikut adalah ulasan lengkap yang bisa dijadikan sumber informasi: 

1. Harga Ditentukan Permintaan Penawaran 

Hal pertama yang harus diketahui untuk memahami makna komoditas, jenis dan sistemnya dalam perdagangan adalah adanya penawaran serta permintaan yang menjadi tolak ukur perdagangan.

Tentu bukan rahasia umum bahwa perdagangan akan selalu melibatkan penjual dan pembeli. Tentunya hal ini juga berlaku pada pasar komoditas yang akan memunculkan penawaran dan permintaan yang pada akhirnya mempengaruhi perdagangan. 

2. Adanya Kontrak Berjangka 

Sistem selanjutnya yang perlu diketahui adalah adanya kontrak berjangka yang harus dilakukan dalam pasar komoditas. Nantinya dalam kontrak ini akan mengatur, jumlah, kualitas dan juga volume dari komoditas yang diperdagangkan. 

3. Resiko Terjadinya Fluktuasi Harga 

fluktuasi terhadap harga adalah hal berikutnya yang harus diketahui dalam komoditas. Biasanya terjadinya fluktuasi ini adalah pengaruh dari berbagai faktor. Cuaca, kapasitas produksi bahkan hingga aturan pemerintah adalah faktor penyebabnya. 

Apalagi bila melihat kondisi alam yang selalu tidak menentu seperti sekarang ini. Tentunya dalam produksi komoditas pun akan mengalami masalah. Hal inilah yang kemudian menyebabkan terjadinya fluktuasi harga secara besar-besaran.Memahami makna komoditas, jenis dan sistemnya dalam perdagangan dalam perdagangan memang satu hal penting yang sebenarnya harus diketahui sejak dini. Hal ini perlu dilakukan sebagai upaya untuk memahami berbagai resiko yang bisa saja terjadi bila suatu saat komoditas mengalami fluktuasi harga atau bahkan penurunan kemampuan pengadaan komoditas.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Gadget
Gadget 12 Rekomendasi HP Vivo 3 Jutaan Cocok Untuk Gaming!

Smartphone terbaru selalu menjadi pilihan menarik bagi para pecinta gadget. Kali ini, artikel berik

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 10 Desain Atap Bambu Unik & Cara Membangunnya

Desain atap bambu unik dan menarik serta kental dengan nuansa tradisional. Atap seperti ini cocok u

Lifestyle
Lifestyle 50 Ucapan Ulang Tahun Untuk Istri Menyentuh Hati

Hari ulang tahun adalah hari yang paling berbahagia untuk seseorang, termasuk pasangan kamu. Ucapan

Finansial
Finansial Pengertian Equity Hingga Cara Menghitungnya, Cek Di sini!

Apa itu equity? Equity adalah istilah yang sering digunakan pada investasi. Terkait investasi, jika

Finansial
Finansial 10 Forum Crypto Indonesia dan Global Sebagai Sarana Berdiskusi

Untuk mempelajari dan menguasai crypto, kini semakin mudah karena banyaknya forum crypto Indonesia

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia